Skip to main content

7 Kursus Dan Panduan Belajar Gratis dari Google Tentang Generative AI

30 August, 2023
 

Artikel ini akan menjelajahi tujuh dari beberapa kursus yang tersedia, yang  memungkinkan Anda memahami konsep di balik Model Bahasa Besar (LLM) yang mengelilingi kita setiap hari dan menciptakan solusi AI baru. Mari kita mulai!

Catatan: Tautan yang kami bagikan disini mungkin saja sudah tidak lagi aktif atau kursus mungkin saja sudah tidak lagi tersedia secara gratis! Jadi, ambil kesempatan ini secepat mungkin mumpung masih ada.

DAFTAR ISI

7 Panduan Belajar Generative AI Dari Google

Pengenalan Generative AI

Kursus pertama adalah tentang pengenalan Generative AI oleh Dr. Gwendolyn Stripling, Pengembang Kurikulum Teknis AI di Google Cloud. Kursus ini akan membuat Anda memahami apa itu Generative AI dan bagaimana penerapannya.

Kursus ini dimulai dengan konsep dasar ilmu data (AI, Pembelajaran Mesin, Pembelajaran Mendalam), dan bagaimana Generative AI berbeda dari disiplin-disiplin tersebut.

Selain itu, kursus ini menjelaskan konsep-konsep utama yang mengelilingi Generative AI dengan ilustrasi yang sangat intuitif, seperti transformer, halusinasi, dan Model Bahasa Besar.

Ringkasan Kursus

Pengenalan Large Language Models

Kursus kedua bertujuan memperkenalkan apa itu Model Bahasa di tingkat tinggi. Khususnya, kursus ini memberikan contoh aplikasi Model Bahasa, seperti klasifikasi teks, menjawab pertanyaan, dan ringkasan dokumen.

Pada akhirnya, kursus ini menunjukkan potensi alat Pengembangan Generative AI Google untuk membangun aplikasi Anda tanpa harus direpotkan menulis dengan kode dan bahasa pemrograman.

Ringkasan Kursus

Pengenalan Generasi Gambar

Kursus ketiga berfokus pada model difusi terpenting, keluarga model yang menghasilkan gambar. Beberapa pendekatan paling menjanjikan adalah Variational Autoencoders, Model Generative Adversarial, dan Model Autoregressive.

Kursus ini juga menunjukkan kasus penggunaan yang dapat dikelompokkan menjadi dua jenis: generasi tanpa kondisi dan generasi berdasarkan kondisi.

Yang pertama mencakup sintesis wajah manusia dan super-resolusi sebagai aplikasi, sementara contoh generasi berdasarkan kondisi adalah generasi gambar dari teks, inpainting gambar, dan teks berpandu gambar-ke-gambar.

Ringkasan Kursus

Mekanisme Perhatian

Dalam kursus singkat ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang mekanisme perhatian, yang merupakan konsep yang sangat penting di balik transformer dan Model Bahasa Besar.

Konsep Ini memungkinkan peningkatan dalam tugas-tugas seperti terjemahan mesin, ringkasan teks, dan menjawab pertanyaan. Khususnya, kursus ini menunjukkan bagaimana mekanisme perhatian bekerja untuk menyelesaikan terjemahan mesin.

Ringkasan Kursus

Model Transformer dan Model BERT

Kursus ini mencakup arsitektur transformer, yang merupakan konsep mendasar di balik model BERT.

Setelah menjelaskan transformer, kursus ini memberikan gambaran tentang BERT dan bagaimana penerapannya dalam menyelesaikan berbagai tugas, seperti klasifikasi kalimat tunggal dan menjawab pertanyaan.

Berbeda dari kursus-kursus sebelumnya, teori disertai dengan laboratorium, yang memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang Python dan TensorFlow.

Ringkasan Kursus

Membuat Model Caption Gambar

Kursus ini bertujuan menjelaskan Model Caption Gambar, yang merupakan model generatif yang menghasilkan teks keterangan dengan menggunakan gambar sebagai input.

Kursus ini memanfaatkan struktur encoder-decoder, mekanisme perhatian, dan transformer untuk menyelesaikan tugas memprediksi keterangan untuk gambar yang diberikan.

Seperti kursus sebelumnya, juga terdapat laboratorium untuk mengaplikasikan teori ke dalam praktik.

Kursus ini juga ditujukan kepada para profesional data dengan pengetahuan sebelumnya dalam Python dan TensorFlow.

Ringkasan Kursus

Pengenalan Generative AI Studio

Kursus terakhir ini memperkenalkan dan menjelajahi Generative AI Studio. Dimulai dengan menjelaskan lagi apa itu Generative AI dan kasus penggunaannya, seperti generasi kode, ekstraksi informasi, dan bantuan virtual.

Setelah memberikan gambaran tentang konsep inti ini, Google Cloud menunjukkan alat-alat yang membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas Generative AI bahkan tanpa latar belakang AI.

Salah satu alat ini adalah Vertex AI, platform yang memungkinkan mengelola siklus pembelajaran mesin, dari pembangunan hingga implementasi model mesin.

Platform end-to-end ini mencakup dua produk, Generative AI Studio dan Model Garden. Kursus difokuskan pada menjelaskan Generative AI Studio, yang memungkinkan Anda dengan mudah membangun model generatif tanpa kode atau dengan kode minimal.

Ringkasan Kursus

Penutup

Kami berharap Anda menemukan ringkasan cepat tentang kursus Generative AI yang disediakan oleh Google Cloud ini berguna.

Jika Anda belum tahu dari mana memulai dalam memahami konsep inti Generative AI, rangkuman ini bisa mencakup aspek penting dari topik tersebut.

Jika Anda sudah memiliki latar belakang pembelajaran mesin, pasti ada model dan kasus penggunaan yang dapat memperkaya dan menambah wawasan Anda tentang topik terkait dari salah satu kursus di atas.

 

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.