Skip to main content

Potensi Bahaya Dibalik Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

23 February, 2023
 

Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) merupakan teknologi yang berkembang pesat dan menawarkan banyak manfaat. Namun, seperti halnya dengan teknologi lainnya, AI juga memiliki potensi bahaya yang perlu diwaspadai.

Salah satu contoh teknologi AI yang menarik perhatian adalah ChatGPT dari OpenAI. ChatGPT merupakan chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan teks yang mirip dengan tulisan manusia.

Meskipun menawarkan banyak manfaat, ChatGPT juga memiliki potensi bahaya yang perlu diwaspadai.

DAFTAR ISI

Membuat Malware

Salah satu bahaya dari AI adalah kemampuannya untuk membuat malware. ChatGPT, sebagai contoh, dapat membuat variasi pada kode malware agar sulit dideteksi dan dihentikan.

Mutasi kode malware yang cepat sangat berbahaya bagi keamanan perangkat ¹.

Malware adalah software yang bekerja dengan cara memasuki perangkat tanpa izin. Selanjutnya menyebabkan kerusakan pada sistem, server dan jaringan komputer ¹.

Menggantikan Pekerjaan Manusia

AI juga memiliki potensi untuk menggantikan pekerjaan manusia di berbagai bidang. ChatGPT, sebagai contoh, dapat menghasilkan tulisan atau teks dari apapun pertanyaan yang diajukan.

Kecanggihan ini membuat para pekerja pada bidang konten penulisan terancam ¹.

Phishing dan Penipuan

AI juga dapat digunakan untuk melakukan phishing dan penipuan. Umumnya phishing mudah dikenali karena narasinya yang kacau balau.

Tetapi dengan ChatGPT, susunan kalimatnya baik dan terlihat tidak tampak seperti phishing.

Kesimpulan

AI merupakan teknologi yang menawarkan banyak manfaat tetapi juga memiliki potensi bahaya yang perlu diwaspadai.

Penting bagi kita untuk memahami potensi bahaya ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko.

Sam Altman selaku CEO OpenAI, perusahaan pembuat ChatGPT memperingatkan bahwa dunia mungkin tidak terlalu jauh dari munculnya kecerdasan buatan yang berpotensi menakutkan. Maka meregulasinya akan menjadi sesuatu yang penting ².

Altman menyatakan transisi ke masa depan yang berbasis AI bisa berlangsung cepat dan sebagian besar akan berdampak baik. Ia mencontohkannya dengan transisi dari dunia tanpa smartphone ke dunia pasca smartphone ².

AI menurutnya akan membantu dalam berbagai hal, misalnya membuat orang lebih produktif, lebih sehat, lebih pintar dan juga lebih terhibur dengan berbagai macam implementasi kecerdasan buatan ².

Namun akan ada godaan membuatnya (diterapkan) super cepat, yang adalah menakutkan. Masyarakat butuh waktu untuk beradaptasi dengan sesuatu yang sungguh besar ².

Menurutnya, dibutuhkan waktu bagi pemerintah untuk mengaturnya.

"Kita butuh cukup waktu bagi institusi untuk mencari apa yang mesti dilakukan. Regulasi akan penting. Meski tool AI generasi saat ini tidak begitu menakutkan, saya pikir kita tidak begitu jauh dari yang menyeramkan," lanjut pria berusia 37 tahun itu ².

Sebelumnya dalam wawancara dengan Forbes, Altman menyatakan pengendalian AI harus juga dilakukan oleh perusahaan pembuatnya dan para pengguna.

"Bagus jika kita bisa langsung meminta perusahaan itu untuk melakukan pencegahan. Tapi akan ada (AI) yang open source, sebagian besar akan bagus namun akan ada beberapa hal buruk yang terjadi. Perusahaan yang membangun di atasnya, perusahaan yang memiliki hubungan terakhir dengan pengguna akhir, juga harus memiliki tanggung jawab. Jadi, saya pikir itu akan menjadi tanggung jawab dan akuntabilitas bersama di sana."

Sumber

(1) 6 Bahaya ChatGPT, Apa Saja? Nomor 5 Paling Mengkhawatirkan. https://fin.co.id/read/123825/6-bahaya-chatgpt-apa-saja-nomor-5-paling-mengkhawatirkan.
(2) Pembuat ChatGPT Buka-bukaan Soal Bahaya Besar AI. https://inet.detik.com/cyberlife/d-6581310/pembuat-chatgpt-buka-bukaan-soal-bahaya-besar-ai.
(3) Pencetus ChatGPT peringatkan soal bahaya AI, perlu adanya regulasi .... https://www.techno.id/techpedia/pencetus-chatgpt-peringatkan-soal-bahaya-ai-perlu-adanya-regulasi-2302222.html.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.