Skip to main content
01 January, 2023
# Topics

Pengungkapan Afiliasi (Affiliate Disclosure): Info Singkat Hak Anda

01 January, 2023
Sebagian postingan kami disitus ini berisi link afiliasi. Jika Anda mengeklik tautan produk afiliasi tersebut dan akhirnya melakukan pembelian, kami akan menerima komisi dari penjual. Jumlah yang Anda bayarkan untuk produk tidak bertambah.

Komisi afiliasi ini membantu kami menjaga sisi situs blog ini tetap berjalan.

Kebijakan periklanan kami secara rinci

Spanduk atau iklan popup dari jaringan iklan besar berbayar tidak menjadi pilihan dan kesukaan utama kami.

Kami percaya bahwa hal tersebut membuat pembacaan konten menjadi lebih sulit dan mengganggu dengan cara yang tidak membantu mencapai tujuan Anda membaca artikel kami. Itu sebabnya kami memilih untuk tidak menggunakan iklan tradisional di sebagian besar jaringan blog kami.

Di sinilah tautan afiliasi berperan.

Mengapa tautan afiliasi?

Kami meyakini bahwa menggunakan tautan afiliasi adalah model bisnis yang lebih baik secara keseluruhan dibandingkan iklan tradisional.

  • Pertama, ada masalah gangguan pada iklan reguler yang kami sebutkan di atas.
  • Kedua, iklan tradisional tidak memberikan nilai aktual apa pun selain memberi tahu pembaca tentang produk tertentu.

Lain ceritanya dengan tautan afiliasi.

Anda akan melihat bahwa setiap produk yang kami tautkan melalui tautan afiliasi memiliki tujuan tentang produk tersebut, dan mengapa pembaca harus mempertimbangkannya, dan mungkin saja apa kelebihan dan kekurangannya.

Dengan begitu, pembaca mendapatkan konteks mengenai tautan yang dituju dan dapat memutuskan apakah mereka ingin menggunakannya ataupun tidak.

Beberapa, kami menggunakan tautan afiliasi dalam perbandingan dan ulasan langsung, yang memberikan lebih banyak informasi langsung kepada pembaca tentang produk yang dituju.

Memublikasikan konten ini membantu Anda menghemat waktu dan fikiran tentunya saat mempertimbangkan apa yang harus dibeli (produk X vs Y). Kami berusaha untuk memberi tahu Anda “hal” apa yang terbaik dalam perbandingan tertentu dan kami mengutamakan reputasi kami.

Rekomendasi yang kami buat adalah hasil analisis mendalam, pengujian, dan jam kerja yang dihabiskan pada satu sumber daya blog, perbandingan, atau ulasan. Kami bangga karena selalu menyelesaikan segala sesuatunya dan menghabiskan waktu dan energi sebanyak yang diperlukan untuk mencapainya.

Apakah link afiliasi membuat kami bias?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah penggunaan tautan afiliasi akan membuat kami bias atau memengaruhi penilaian kami.

Jawaban singkatnya adalah belum tentu. Tapi ini lebih kepada:

Rekomendasi kami dibuat sepenuhnya oleh penulis yang mengerjakan karya tertentu dan tidak dipengaruhi oleh afiliasi kami di pasar. Penulislah yang mempunyai kewenangan penuh dan independensi untuk menyebutkan solusi teratas berdasarkan analisis dan kesimpulannya.

Kami hanya berafiliasi dengan merek pilihan dan produk berkualitas. Dan dalam banyak kasus, produk dan jasanya telah kami pergunakan sebelumnya. Hal ini membuat rekomendasinya menjadi lebih mudah dan terarah.

Sederhananya, kami tidak pernah mengatakan bahwa suatu produk bagus karena kami berafiliasi dengannya. Sebaliknya: kami hanya berafiliasi dengan produk yang menurut kami bagus.

Di sisi lain, kami juga berusaha mempromosikan dan merekomendasikan produk dan solusi non-afiliasi kami secara adil, dan menyebut produk dan solusi tersebut lebih baik daripada beberapa produk komersial lainnya jika memang demikian adanya.

Mengapa kami memberitahukan hal ini kepada Anda?

Pertama, tidak mengungkapkan tautan afiliasi dianggap ilegal di beberapa negara.

Namun terlepas dari itu, kami memutuskan untuk mengambil kesempatan ini dan memilih transparansi penuh. Inilah sebabnya kami semakin mendalami afiliasi kami dan alasan kami mengambil bagian di dalamnya.

Berikut daftar beberapa afiliasi kami:

  • Hosting: Niaga Hoster, Hostinger
  • Domain: Jetdino
  • Pendidikan online: Udemy, Mutqnin
  • Marketplace: Shopee dan Tokopedia
  • Digital Marketing: EntrepreneurID
  • Dsb.