Skip to main content
15 August, 2023

11 Istilah Digital Marketing Yang Layak Diketahui Para Pebisnis Online

15 August, 2023
 

Digital marketing merupakan salah satu bidang pekerjaan yang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul Forecasts Labour Market Evolution in 2020-2025, digital marketing menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Konsep pemasaran yang sudah mulai berangsur mengikuti perkembangan zaman dan teknologi dengan merambah ke basis digital membuat bidang ini semakin banyak diminati. Bagi kamu yang baru mulai atau ingin mendalami bidang ini, ada baiknya kamu mengenal berbagai istilah digital marketing. Yuk, kita bedah satu per satu.

DAFTAR ISI

Search Engine Optimization (SEO)

Istilah digital marketing pertama adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah upaya mengoptimalkan suatu website agar mudah ditemukan di mesin pencari. Gampangnya, SEO merupakan sebuah cara untuk membuat suatu website dapet peringkat teratas di pencarian, dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang kita targetkan secara gratis.

Search Engine Marketing (SEM)

Konsepnya masih sama dengan SEO, tapi ini versi berbayarnya. Tujuan dari SEM atau Search Engine Marketing untuk pemasaran dengan optimalisasi iklan, agar muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Call to Action (CTA)

Istilah digital marketing selanjutnya adalah CTA atau Call to Action. CTA merupakan kalimat persuasif yang mengajak audiens untuk melakukan aksi yang kita inginkan. Seperti ajakan untuk segera check out, follow, atau comment.

Engagement

Engagement adalah jumlah interaksi yang ada pada sebuah konten. Tipe interaksinya berbeda-beda tergantung platform yang digunakan. Misalnya di Twitter (sekarang namanya X), engagement meliputi like, retweet, reply, dll. Sedangkan di TikTok ada like, comment, share, dan save.

Organic Content

Istilah digital marketing satu ini bukan berkaitan dengan bidang biologi, ya. Maksudnya organic content adalah segala sesuatu konten yang diunggah di media sosial dengan tanpa promosi berbayar.

Paid Content

Kebalikan dari organic content, ada paid conten yang mana kita harus membayar untuk menampilkan konten di berbagai platform media sosial. Mudahnya, postingan apa pun di beranda kamu yang memiliki tag “Bersponsor” termasuk Paid Content.

Landing Page

Mengutip dari Semrush, landing page adalah suatu laman web yang dirancang untuk menarik audiens melakukan tindakan tertentu, seperti install, download, subscribe, apply, melakukan pembelian, dan banyak lainnya.

Unique Selling Proposition (USP)

Istilah digital marketing selanjutnya adalah USP. USP atau Unique Selling Proposition adalah keunikan dari suatu bisnis atau produk tertentu yang nggak dimilikin sama kompetitor lain. Ingat kata Pandji Pragiwaksono, “Sedikit lebih berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik.”

Niche

Istilah digital marketing satu ini mengacu pada segmen pasar yang spesifik atau kelompok tertentu dari konsumen yang memiliki kebutuhan, keinginan, atau masalah yang serupa. Biasanya makin spesifik niche yang dibuat, makin bagus karena targetnya lebih jelas.

A/B Testing

A/B Testing adalah metode yang memungkinkan kamu untuk membandingkan dua versi dari aset yang sama dalam kampanye pemasaran kamu untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik. Sederhananya kamu mencari tahu, apakah pengguna lebih suka versi A atau versi B?

Lead

Istilah digital marketing terakhir yang perlu kamu ketahui biar nggak plonga-plongo adalah lead. Lead sendiri merupakan orang-orang yang memiliki ketertarikan akan produk atau layanan yang ditawarkan dan memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan. Biasanya orang-orang seperti ini akan meninggalkan informasi tertentu seperti kontak hingga nomor telepon yang bisa dihubungi sehingga perusahaan bisa mengirimkan informasi terkait produk yang ditawarkan tersebut.

 

Itulah beberapa istilah digital marketing yang kamu harus ketahui sebelum masuk ke dunia digital marketing yang sesungguhnya. Jangan lupa mempelajari istilah-istilah di atas ya biar tidak plonga-plongo ketika diajak diskusi.

Terima kasih banyak telah membaca artikel ini dan semua informasinya bermanfaat.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "11 Istilah Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui biar Nggak Plonga-Plongo ketika Diajak Diskusi", 13 Agustus 2023, oleh Muhammad Syifa Zam Zami.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS