Skip to main content

10+ Ide Prompt ChatGPT Pilihan Mempermudah Pemasaran Digital (2/2)

20 December, 2023
 

ChatGPT adalah model bahasa kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan mirip manusia dan dapat menghasilkan tanggapan terhadap berbagai topik dan pertanyaan. ChatGPT telah mengubah dunia maya sebagaimana kita kenal.

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, sistem dengan tingkat kecerdasan seperti itu telah menunjukkan kegunaannya dalam berbagai industri. Bidang seperti hukum, psikoterapi, pemrograman, dan lainnya sudah terkena dampaknya, dan kita pasti akan melihat dampak yang lebih besar dalam beberapa waktu ke depan.

Namun, bagaimana dengan pemasaran? Nah, kata tertulis adalah komponen penting untuk begitu banyak aspek pemasaran, mulai dari blogging, penulisan artikel, SEO, periklanan online, dan banyak lagi. Dan tidak hanya ChatGPT dapat menghasilkan teks cerdas dalam sekejap, tetapi juga dapat menghasilkan ide cerdas. Dan ide adalah nyawanya pemasaran.

Tetapi inilah masalahnya: Anda tidak dapat menghasilkan ide atau teks yang akan membantu Anda memasarkan bisnis Anda tanpa prompt. Itulah persisnya yang akan kita bahas. Hari ini, saya akan menunjukkan 10+ ide prompt ChatGPT pilihan yang dapat Anda gunakan dalam berbagai disiplin pemasaran.

DAFTAR ISI (Bagian 2/2)

Prompt ChatGPT untuk SEO

Dari membuat tautan hingga deskripsi meta hingga optimasi konten, ada beberapa cara Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk SEO. Mari kita lihat.

12. Ide penelitian kata kunci

ChatGPT bukan pengganti alat kata kunci, tetapi dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci atau frasa untuk melakukan penelitian kata kunci yang lebih mendalam. Coba prompt ini untuk memulai:

"Beri saya daftar kata kunci panjang dan informatif yang dapat saya gunakan untuk membuat ide tulisan blog untuk [produk atau perusahaan]."

Hasil:

prompt penelitian kata kunci chatgpt

ChatGPT berguna untuk pembuatan ide kata kunci, tetapi tidak akan memberi Anda volume atau kesulitan kata kunci. Untungnya, Anda dapat mengambil daftar ini dan memasukkannya ke dalam alat penelitian kata kunci apa pun untuk mendapatkan data berharga tersebut.

13. Menghasilkan Tag Meta

Jika Anda kesulitan menulis deskripsi meta yang sempurna, biarkan ChatGPT membantu. Anda dapat menggunakan respons yang Anda terima sebagai titik awal. Berikut prompt yang bisa dicoba:

"Tulis deskripsi meta untuk tulisan blog [judul], dalam 160 karakter."

Hasil:

Menghasilkan tag meta

Semua jam yang tak terhitung dihabiskan mengisi deskripsi meta di lembar kerja telah berakhir.

Tentu, Anda masih harus mengisi mereka. Tetapi sekarang, ChatGPT dapat membantu menulisnya. Dan itu dapat memastikan bahwa deskripsi tersebut memiliki jumlah karakter yang benar dan mengandung kata kunci apa pun yang Anda targetkan.

14. Struktur Tulisan Blog

Dalam hal konten, ini mungkin adalah penggunaan terbaik untuk ChatGPT. Aplikasi ini adalah cara yang bagus untuk mengotomatiskan SEO karena memberikan struktur tulisan yang sangat baik dengan sedikit pemancingan.

Dan jika Anda ingin lebih banyak kendali atas struktur Anda, tentu saja Anda dapat memberikan masukan tersebut. Mulailah dengan prompt ini:

"Saya sedang menulis tulisan blog untuk [perusahaan atau produk] saya yang berjudul [judul]. Bagaimana sebaiknya saya menyusun tulisan ini?"

Hasil:

prompt chatgpt untuk struktur atau garis besar tulisan blog

Ini berguna karena, meskipun kami tidak merekomendasikan ChatGPT menulis konten Anda, ini dapat menjadi aset ketika mempersiapkan garis besar tulisan dan memberi Anda dasar untuk membangun konten unik Anda sendiri.

15. Lokalkan konten situs web

Menyertakan kata kunci lokal ke dalam konten Anda dapat meningkatkan SEO lokal Anda. Anda dapat meminta bantuan ChatGPT dengan tugas ini menggunakan prompt seperti ini:

"Tambahkan beberapa kata kunci lokal seperti 'tukang ledeng terbaik di Dallas' dan 'tukang ledeng di Dallas' ke salinan situs web ini: [sisipkan salinan di sini]."

prompt chatgpt untuk seo lokal

Prompt ChatGPT Untuk Membuat Tulisan

Dalam hal keumuman, seperti yang kami sebutkan di awal posting ini, menulis salinan mungkin adalah keterampilan paling berguna dalam pemasaran. Untungnya, ChatGPT sangat membantu di sini. Mari kita lihat beberapa prompt yang dapat Anda gunakan untuk menulis salinan.

16. Inspirasi Judul Iklan

Menggunakan prompt ChatGPT ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi dari iklan pesaing, atau hanya menghasilkan ide dari judul yang sukses dalam niche Anda.

Prompt: "Beri saya beberapa contoh judul iklan yang sukses dalam [niche atau industri]."

Hasil:

Inspirasi Judul Iklan

Anda dapat mengambil inspirasi dari apa yang ditampilkan oleh ChatGPT untuk membuat judul iklan yang efektif untuk salinan iklan Anda sendiri.

17. Menambahkan Urgensi

Urgensi adalah salah satu alat utama dalam alat penulisan salinan, dan ChatGPT dapat menyisipkan hampir setiap baris salinan iklan dengan urgensi yang diperlukan untuk memicu tindakan.

Prompt: "Tambahkan rasa urgensi ke baris salinan iklan ini: [baris]."

Hasil:

chatgpt prompt sense of urgency

Pengayaan sederhana ini pada penulisan salinan Anda dapat memberikan efek yang kuat dan membuat iklan, baris subjek, dan postingan Anda lebih efektif.

18. Memfilter Untuk Gaya Tulisan

Nada adalah salah satu aspek penulisan salinan yang sulit dikuasai. Seringkali, Anda akan memiliki inti dari apa yang ingin Anda sampaikan, tetapi Anda akan berkata pada diri sendiri: Bagaimana cara membuat ini lebih ramah? Lebih cerdas? Lebih bersahabat? Lebih profesional?

Prompt: "Bantu saya membuat deskripsi produk ini lebih [nada yang diinginkan]: [deskripsi produk]."

Hasil:

chatgpt prompt tone

Dengan bantuan ChatGPT, Anda dapat memberikan berbagai nada yang Anda inginkan ke dalam salinan iklan Anda.

19. Panggilan untuk tindakan

Panggilan untuk tindakan adalah komponen besar dari optimasi tingkat konversi. Dengan prompt ini, Anda dapat menghasilkan dan menguji berbagai panggilan untuk tindakan untuk setiap kasus penggunaan.

Prompt: "Saya mencoba untuk mencapai [hasil yang diinginkan] di halaman arahan saya. Apa lima panggilan untuk tindakan yang meyakinkan yang bisa saya gunakan?"

Hasil:

prompt chatgpt untuk contoh panggilan tindakan

Prompt ChatGPT ini dapat memberikan beberapa ide atau CTA yang berguna untuk diuji A/B dalam salinan iklan Anda.

20. Penawaran halaman arahan

Sebuah halaman arahan yang menghasilkan tinggi mencakup judul yang menarik perhatian dan informasi yang ringkas namun meyakinkan tentang tawaran, produk, atau layanan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menciptakan beberapa judul dan paragraf pendek pengantar untuk halaman arahan Anda, ChatGPT dapat membantu.

Coba prompt seperti ini:

"Tuliskan pengantar yang meyakinkan untuk halaman arahan yang mengiklankan bisnis [jenis bisnis] saya yang menawarkan [penawaran + detail penawaran yang relevan]."

Ketika saya menguji prompt ini, ChatGPT memberikan banyak konten yang bisa saya gunakan saat saya membuat halaman arahan saya.

Prompt terdalam ChatGPT adalah yang paling efektif

Itulah dia! Kami telah menjelajahi berbagai kasus penggunaan yang kuat untuk ChatGPT dalam pemasaran, dan sejujurnya, kami benar-benar hanya menyentuh permukaan di sini.

Untuk mengulang apa yang saya katakan di awal artikel ini: prompt-prompt ini semua bagus, tetapi mereka hanya titik awal. ChatGPT, dan AI secara umum, masih belum dapat menggantikan hal yang nyata.

Penting untuk mengambil ide dan informasi yang Anda dapatkan dari ChatGPT dan membangunnya sesuai dengan suara merek Anda, pedoman, dan industri tertentu.

Berita baiknya adalah ChatGPT dapat menjadi alat yang membantu untuk membantu pemasaran Anda jika Anda tahu cara menggunakannya! Dapatkan lebih banyak tips untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam pemasaran konten Anda atau pelajari cara menambahkan obrolan ke situs web Anda di sini.

 

Demikianlah 10+ Ide Prompt ChatGPT Pilihan Mempermudah Pemasaran Digital. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali.

 

Sumber: 20 Completely Awesome ChatGPT Prompts to Make Marketing Easier oleh Gordon Donnely, 18 December 2023.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.