Skip to main content
25 December, 2022
# Topics

Waspada Penipuan Online: Inilah Beberapa Ciri Website Resmi

25 December, 2022
 

Salah satu modus penipuan atau scam adalah membuat website palsu untuk mendapatkan data pribadi korban. Untuk itu, mengetahui ciri website resmi itu penting supaya terhindar dari kejahatan ini.

Nah, di artikel ini kami akan membahas ciri website resmi di berbagai bidang yang bisa Anda praktikkan.  Yuk, langsung ikuti penjelasan lengkapnya!

DAFTAR ISI

Apa Akibat Mengakses Website Palsu?

Saat Anda mengklik link website palsu, Anda tidak menyadari bahwa Anda menjadi korban kejahatan online atau cyber crime.

Bentuknya, bisa berupa mendapatkan malware yang mengintip data pribadi otomatis, atau membuat Anda bersedia mengisikan data sensitif yang bisa dimanfaatkan pelaku. 

Kenapa bisa terjadi? Pelaku membuat website semirip mungkin dengan website resmi dan menggunakan nama domain yang mirip (domain spoofing). 

Sebagai contoh, supaya bisa menyerupai website http://apple.com, pelaku phising akan membuat domain apple.info.com untuk mengecoh korban. Nantinya, pelaku akan memberikan data rahasia secara sukarela.

Nah, supaya terhindar dari kejahatan tersebut, Anda perlu mengenali ciri-ciri website resmi. 

Ciri-Ciri Website Resmi Pemerintah Indonesia

ilustrasi website resmi pemerintahan provinsi dki jakarta

Pengelolaan website resmi pemerintah harus mengikuti Permen Kominfo No. 5 tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggaraan Negara

Itulah mengapa, kebanyakan website resmi pemerintah memiliki struktur yang mirip. Nah, ciri-ciri website resmi pemerintah Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan ekstensi domain .go.id, .desa.id, dan domain untuk pemerintah lainnya.
  • Memiliki halaman PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang memuat berita kegiatan instansi dan informasi yang bersifat terbuka untuk masyarakat seperti rencana program kerja atau laporan keuangan.
  • Ada informasi alamat email pusat instansi dengan domain yang sesuai dengan ekstensi domain yang digunakan.
  • Memberikan informasi akun media sosial yang sudah terverifikasi (ditandai dengan icon centang).

Ciri-Ciri Website Resmi Militer Indonesia

ilustrasi website resmi tni angkatan udara

Sama halnya dengan website pemerintah, website resmi militer Indonesia harus mengikuti peraturan dari Kominfo. Ciri-ciri website resmi militer Indonesia yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  • Menggunakan ekstensi domain khusus militer Indonesia, yaitu .mil.id.
  • Memiliki informasi tentang instansi seperti sejarah, struktur organisasi, tanda kepangkatan, dan lainnya.
  • Ada halaman PPID untuk menyampaikan informasi publik.
  • Mencantumkan lokasi kantor Dinas Penerangan atau Markas Besar TNI.
  • Terdapat kontak instansi seperti email, nomor telepon, dan akun media sosial resmi.

Ciri-Ciri Website Resmi Perusahaan Terpercaya

ilustrasi website resmi nestle

Website resmi perusahaan tidak memiliki peraturan khusus. Tetapi, kebanyakan websitenya memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini:

  1. Menggunakan domain .com, .biz, .co.id, .tech, dan berbagai domain untuk bisnis lainnya.
  2. Memiliki halaman “Hubungi Kami” yang berisi informasi lokasi perusahaan, nomor telepon, email, dan akun media sosial.
  3. Ada halaman “Tentang Kami” yang memuat visi dan misi, sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi, dan informasi tentang perusahaan lainnya.
  4. Punya halaman detail produk atau jasa yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Website Resmi Universitas

ilustrasi website resmi universitas indonesia

Untuk dapat mengenali website resmi universitas di Indonesia, Anda perlu mengetahui ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan domain .ac.id. atau .edu
  • Mencantumkan alamat email resmi sesuai dengan ekstensi domain yang digunakan. Misalnya, Universitas Indonesia memiliki email sesuai dengan domain website: ui.ac.id
  • Memiliki halaman untuk menginformasikan pengumuman, informasi akademik, fasilitas kampus, hingga publikasi penelitian.

 

Demikianlah beberapa ciri website resmi dari berbagai bidang yang dapat Anda jadikan patokan, ketika mengakses dunia maya. Di artikel berikutnya, insya Allah kita akan membahas tips-tips mengenali ciri-ciri website resmi/asli. Terima kasih

 

Disalin dari artikel berjudul, "Waspada Penipuan Online: Inilah Ciri Website Resmi yang Perlu Anda Ketahui" oleh Aura Nisrina Hesanty.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.