Skip to main content

Buat Toko Online Mandiri Dengan Wordpress dan Plugin E-commerce (2/2)

27 April, 2023

Kehadiran online telah menjadi sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin berkembang dan sukses saat ini. Hal yang sama berlaku untuk toko Anda, yang bisa sangat diuntungkan dengan memperluas jangkauan pemasaran di luar toko fisik tradisional.

Dengan memindahkan toko Anda ke online, Anda dapat menarik audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan mengembangkan bisnis Anda dengan cara yang tidak mungkin dilakukan hanya dengan toko fisik.

Salah satu cara yang paling populer dan ramah pengguna untuk membuat toko online adalah dengan menggunakan WordPress, sistem manajemen konten canggih yang menggerakkan lebih dari 40% situs web di internet.

Dengan rangkaian fitur dan plugin yang luas, WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan bisnis apa pun, menjadikannya platform yang ideal untuk membuat toko online.

Dalam panduan ini, kami akan mengeksplorasi manfaat memindahkan toko Anda secara online dan memberi panduan langkah demi langkah untuk membuat toko online menggunakan WordPress.

Kami akan membahas semuanya mulai dari memilih hosting dan nama domain yang tepat, hingga memilih tema dan menyiapkan opsi pembayaran dan pengiriman.

Di akhir panduan ini, Anda akan memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk membawa toko Anda menjadi online dan mulai menjangkau pelanggan baru.

DAFTAR ISI (Bagian 2 dari 2 tulisan)

Menambahkan produk ke toko online Anda

Setelah toko online Anda disiapkan dan disesuaikan, saatnya untuk mulai menambahkan produk. Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Buat daftar produk: masukkan detail seperti nama produk, deskripsi, harga, dan gambar.
  • Tulis deskripsi yang menarik: Deskripsi produk Anda harus informatif, akurat, dan menarik. Gunakan bahasa deskriptif yang menonjolkan manfaat produk, dan sertakan detail yang relevan seperti ukuran, warna, dan bahan.
  • Gunakan gambar berkualitas tinggi: Gambar produk sangat penting untuk menampilkan produk Anda dan membantu pelanggan membuat keputusan pembelian. Gunakan gambar berkualitas tinggi yang jelas dan menarik secara visual, dan tampilkan produk dari berbagai sudut.
  • Pasang harga yang kompetitif: Harga produk Anda harus kompetitif dan selaras dengan standar industri. Teliti pasar dan pertimbangkan faktor-faktor seperti biaya produksi, margin keuntungan, dan harga pesaing saat menetapkan harga Anda.
  • Atur produk ke dalam kategori: Untuk mempermudah pelanggan menemukan apa yang mereka cari, atur produk Anda ke dalam kategori dan subkategori.

Kiat untuk membuat daftar produk yang efektif:

  • Gunakan judul yang menarik: Judul produk Anda harus menarik perhatian dan deskriptif. Gunakan kata kunci yang secara akurat mendeskripsikan produk dan manfaatnya.
  • Sorot fitur utama: Gunakan poin-poin atau daftar bernomor untuk menyorot fitur utama produk Anda, seperti ukuran, warna, bahan, dan fitur khusus.
  • Sertakan ulasan pelanggan: Ulasan pelanggan dapat memberikan bukti sosial yang berharga dan membantu membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Sertakan ulasan dan peringkat pelanggan di halaman produk Anda, dan dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan.
  • Tawarkan diskon: Menawarkan promosi dan diskon dapat memberi insentif kepada pelanggan untuk melakukan pembelian. Pertimbangkan menawarkan diskon untuk pelanggan pertama kali atau mengadakan obral musiman.

Dengan mengikuti tips ini dan membuat daftar produk yang efektif, Anda dapat mempermudah pelanggan menemukan dan membeli produk Anda, serta meningkatkan penjualan online Anda.

Mengelola toko online Anda

Mengelola toko online Anda melibatkan lebih dari sekadar membuat daftar produk dan menyesuaikan desain. Inilah yang perlu Anda ketahui agar toko online Anda tetap berjalan lancar:

  • Mengelola pesanan: Saat pelanggan melakukan pemesanan, Anda akan menerima pemberitahuan melalui WordPress. Pastikan untuk melacak status setiap pesanan, mulai dari pemrosesan hingga pengiriman dan pengiriman.
  • Mengelola stok: Penting untuk melacak inventaris Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki stok yang cukup untuk memenuhi pesanan pelanggan. Gunakan plugin WordPress seperti WooCommerce untuk mengelola tingkat inventaris Anda, mengatur peringatan stok rendah, dan melacak laporan penjualan dan inventaris.
  • Mengelola data pelanggan: Saat pelanggan melakukan pembelian, informasi mereka disimpan di database WordPress Anda. Kelola data pelanggan, termasuk alamat pengiriman dan informasi pembayaran.

Kiat untuk menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik:

  • Menanggapi dengan segera: Saat pelanggan menghubungi Anda dengan pertanyaan atau masalah, tanggapi secepat mungkin. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai bisnis mereka dan berkomitmen untuk menyediakan layanan pelanggan yang baik.
  • Bersikap transparan: Bersikaplah transparan tentang waktu pengiriman, kebijakan pengembalian, dan informasi penting lainnya yang dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.
  • Tawarkan beberapa cara kontak: Tawarkan berbagai cara bagi pelanggan untuk menghubungi Anda, seperti email, telepon, atau live chat. Ini memudahkan pelanggan untuk menghubungi dan menjawab pertanyaan mereka.
  • Tangani keluhan secara profesional: Jika pelanggan memiliki keluhan atau masalah, tangani secara profesional dan hormat. Tawarkan solusi atau pengembalian dana bila perlu, dan upayakan untuk menyelesaikan masalah demi kepuasan pelanggan.

Dengan mengelola pesanan, inventaris, dan data pelanggan Anda, serta memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, Anda dapat menciptakan pengalaman belanja online yang positif bagi pelanggan Anda dan membangun basis pelanggan yang loyal.

Kesimpulan

Ringkasnya, pada postingan kali ini, kita telah membahas pentingnya memindahkan toko alat tulis Anda secara online, manfaat memiliki toko online, dan cara membuat toko online menggunakan WordPress.

Kami juga membahas topik seperti menyesuaikan toko online Anda, menambahkan produk, dan mengelola toko online Anda, termasuk layanan pelanggan.

Jika Anda seorang pemilik toko alat tulis yang ingin memperluas bisnis Anda secara online, kami menganjurkan Anda untuk mengambil langkah-langkah yang diuraikan dalam postingan ini untuk membuat toko online Anda sendiri.

Dengan sumber daya yang tersedia secara online, semakin mudah untuk membuat toko online yang dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda.

Dengan terus belajar dan meningkatkan toko online Anda, Anda dapat menciptakan bisnis yang sukses dan menguntungkan yang melayani kebutuhan pelanggan Anda. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.

 

Diterjemahkan dari artikel berjudul, "Move your stationary shop online! A guide on how to easily create an online shop based on WordPress", 25 April 2023.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.