Skip to main content

Buat Toko Online Mandiri Dengan Wordpress dan Plugin E-commerce (1/2)

26 April, 2023

Kehadiran online telah menjadi sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin berkembang dan sukses saat ini. Hal yang sama berlaku untuk toko Anda, yang bisa sangat diuntungkan dengan memperluas jangkauan pemasaran di luar toko fisik tradisional.

Dengan memindahkan toko Anda ke online, Anda dapat menarik audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan mengembangkan bisnis Anda dengan cara yang tidak mungkin dilakukan hanya dengan toko fisik.

Salah satu cara yang paling populer dan ramah pengguna untuk membuat toko online adalah dengan menggunakan WordPress, sistem manajemen konten canggih yang menggerakkan lebih dari 40% situs web di internet.

Dengan rangkaian fitur dan plugin yang luas, WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan bisnis apa pun, menjadikannya platform yang ideal untuk membuat toko online.

Dalam panduan ini, kami akan mengeksplorasi manfaat memindahkan toko Anda secara online dan memberi panduan langkah demi langkah untuk membuat toko online menggunakan WordPress.

Kami akan membahas semuanya mulai dari memilih hosting dan nama domain yang tepat, hingga memilih tema dan menyiapkan opsi pembayaran dan pengiriman.

Di akhir panduan ini, Anda akan memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk membawa toko Anda menjadi online dan mulai menjangkau pelanggan baru.

DAFTAR ISI (Bagian 1 dari 2 tulisan)

Keuntungan memiliki toko online

Memindahkan toko alat tulis Anda secara online dapat membawa banyak manfaat yang dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang. Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki toko online:

  1. Peningkatan jangkauan: Dengan memiliki toko online, Anda dapat menjangkau audiens yang jauh lebih luas daripada hanya dengan toko fisik. Produk Anda dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet, terlepas dari lokasinya, membuka pasar baru dan peluang pertumbuhan.
  2. Kenyamanan bagi pelanggan: Belanja online sangat nyaman bagi pelanggan, yang dapat menelusuri dan membeli produk dari kenyamanan rumah mereka sendiri, kapan saja siang atau malam hari. Kemudahan ini dapat menyebabkan peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan.
  3. Biaya overhead yang lebih rendah: Menjalankan toko online biasanya melibatkan biaya overhead yang lebih rendah daripada toko fisik. Anda tidak perlu membayar sewa untuk ruang fisik, dan Anda mungkin dapat mengurangi biaya staf dan persediaan.
  4. Peningkatan fleksibilitas: Dengan toko online, Anda dapat mengoperasikan bisnis Anda dari mana saja, kapan saja. Fleksibilitas yang meningkat ini dapat menjadi keuntungan besar, terutama bagi pemilik usaha kecil.
  5. Akses ke data dan analitik: Toko online dapat memberikan data dan analitik berharga tentang kebiasaan belanja pelanggan Anda, yang dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat dan menyesuaikan upaya pemasaran Anda.

Dengan memanfaatkan keuntungan tersebut, Anda dapat membuat toko online sukses yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dan menjangkau pelanggan baru.

Menyiapkan toko online Anda di WordPress

Jika Anda belum memiliki situs web WordPress, langkah pertama adalah membuatnya. Begini caranya:

  1. Pilih penyedia hosting: Penyedia hosting adalah perusahaan yang menyimpan situs web Anda di server mereka, membuatnya dapat diakses di internet.
  2. Pilih nama domain: Nama domain Anda adalah alamat yang digunakan orang untuk mengakses situs web Anda. Itu harus mudah diingat, mudah dieja, dan relevan dengan bisnis Anda.
  3. Instal WordPress: Sebagian besar penyedia hosting menawarkan instalasi WordPress satu klik, sehingga mudah untuk memulai.

Setelah situs web WordPress Anda aktif dan berjalan, Anda dapat mulai menyiapkan toko online Anda. Ada beberapa opsi untuk menyiapkan toko online di WordPress, antara lain:

  1. Menggunakan plugin seperti WooCommerce: WooCommerce adalah plugin WordPress gratis yang memungkinkan Anda membuat toko online dengan mudah. Ini menawarkan berbagai fitur, termasuk manajemen inventaris, pemrosesan pembayaran, dan opsi pengiriman. Anda juga dapat memilih dari berbagai ekstensi untuk menyesuaikan toko online Anda lebih jauh.
  2. Menggunakan tema dengan fungsionalitas e-commerce bawaan: Beberapa tema WordPress eCommerce hadir dengan fungsionalitas toko online bawaan, memungkinkan Anda membuat toko online tanpa menggunakan plugin.

Secara keseluruhan, menggunakan plugin seperti WooCommerce adalah opsi yang populer dan ramah pengguna untuk menyiapkan toko online di WordPress. Namun, pilihan yang tepat akan bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik Anda.

Menyesuaikan toko online Anda

Setelah Anda menyiapkan toko online Anda di WordPress, saatnya menyesuaikan desain dan pengalaman penggunanya agar sesuai dengan merek Anda dan menarik audiens target Anda. Berikut beberapa tips:

  • Pilih tema: WordPress menawarkan berbagai tema eCommerce gratis dan premium yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan desain toko online Anda. Cari tema yang menarik secara visual, mudah dinavigasi, dan dioptimalkan untuk eCommerce.
  • Sesuaikan desain: Setelah memilih tema, Anda dapat menyesuaikan desainnya agar sesuai dengan merek dan kebutuhan bisnis Anda. Ini mungkin termasuk mengubah warna, font, dan tata letak, serta menambahkan logo Anda dan elemen merek lainnya.
  • Optimalkan untuk seluler: Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat seluler mereka untuk berbelanja online, penting untuk memastikan bahwa toko online Anda ramah seluler. Pilih tema responsif yang menyesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda, dan uji situs web Anda pada perangkat yang berbeda untuk memastikannya mudah dinavigasi dan digunakan.
  • Buat halaman produk yang menarik: Halaman produk Anda adalah tempat pelanggan akan membuat keputusan pembelian, jadi penting untuk membuatnya seinformatif dan semenarik mungkin secara visual. Sertakan gambar produk berkualitas tinggi, deskripsi terperinci, dan ulasan pelanggan untuk membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat.
  • Menyederhanakan proses pembayaran: Proses pembayaran yang rumit dapat menyebabkan keranjang belanja ditinggalkan, jadi penting untuk membuat prosesnya sesederhana dan sesingkat mungkin. Gunakan formulir checkout yang jelas dan ringkas, dan tawarkan berbagai opsi pembayaran dan pengiriman untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda.

Dengan menyesuaikan desain dan mengoptimalkan pengalaman pengguna toko online Anda, Anda dapat membuat situs web yang menarik secara visual dan ramah pengguna, serta mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

 

Bersambung ke bagian kedua

 

Diterjemahkan dari artikel berjudul, "Move your stationary shop online! A guide on how to easily create an online shop based on WordPress", 25 April 2023.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.