Skip to main content
26 December, 2022
# Topics

Waspada Penipuan Online Dan Cara Mengecek Website Resmi

26 December, 2022
 

Di artikel sebelumnya, sudah membahas tentang beberapa ciri website resmi untuk menghindari penipuan online. Dan di artikel kali ini, kami akan membahas 5 tips mengenali ciri website resmi. Selengkapnya, simak penjelasannya berikut ini ya.

Inilah ciri-ciri yang membedakan website resmi dengan website palsu:

DAFTAR ISI

Perhatikan URL Website

Tips untuk mengenali website resmi yang pertama adalah dengan memperhatikan URL atau alamat website. Biasanya, ciri-ciri website resmi adalah:

  1. Memiliki Domain dengan Ejaan yang Benar – Umumnya, website resmi menggunakan nama domain yang ejaannya benar. Misalnya, alamat website resmi adalah shopee.co.id. Nah biasanya, penipu akan membuat website dengan nama domain shopi.co untuk mengelabui korbannya.
  2. Menggunakan Ekstensi Domain Terpercaya – Website resmi memakai ekstensi domain yang populer dan terpercaya, misalnya domain .com, .id, .co.id, dan lainnya. Sedangkan website palsu kerap menggunakan domain yang kurang dikenal, seperti .gq, .tk, atau .tl.
  3. Ekstensi Domain Sesuai Niche – Website resmi juga memakai ekstensi domain yang sesuai dengan niche. Misalnya, pada website pemerintah domain, yang digunakan adalah .go.id, .desa.id, .gov, atau domain untuk pemerintah lainnya.

Nah, dengan memperhatikan URL, Anda bisa mengetahui mana website resmi dan mana yang bukan.

Pastikan Website Sudah Memasang SSL

ilustrasi ssl website

Ciri-ciri website resmi lainnya yaitu sudah menggunakan Secure Socket Layer (SSL). Tanda website yang punya sertifikasi keamanan SSL adalah adanya simbol gembok di address. 

Ini mengindikasikan kalau pertukaran data yang terjadi di jaringan internet sudah lebih aman karena melalui proses enkripsi atau sistem pengacakan data. Jadi, transfer data tidak mudah disadap, dimanipulasi, maupun dicuri.

Ciri lainnya adalah jika website sudah terinstal SSL, maka URL yang tadinya HTTP akan menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Memeriksa Keamanan Website

ilustrasi google transparancy report 01

Untuk mengetahui kredibilitas suatu website, Anda bisa cek keamanan website resmi dengan menggunakan Google Transparency Report. Tool ini akan mencari celah keamanan pada website Anda berdasarkan standard yang dimiliki oleh Google. 

Untuk dapat mengetahui laporan keamanan website, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka website Google Transparency Report.
  2. Masukkan alamat website Anda pada kolom yang tersedia.
  3. Klik icon kaca pembesar pada sisi kanan kolom tersebut.
  4. Kemungkinan keterangan hasil cek keamanan website yang muncul yaitu:
    1. No unsafe content found: Menandakan website aman dikunjungi.
    2. Some pages on this site are unsafe: Website mungkin memuat konten yang berbahaya seperti mengarahkan pengunjungnya untuk memberikan informasi pribadi atau mendownload file yang mengandung malware.

ilustrasi google transparancy report 02

Cek Pemilik Domain

ilustrasi domain tools

Saat mendaftarkan domain, setiap orang perlu mencantumkan data pribadi atau perusahaan. Informasi soal siapa yang mendaftarkan nama domain beserta kontaknya bisa dilihat melalui Whois

Salah satu tanda website resmi bisa dilihat dari informasi kontak. Apabila tampak mencurigakan seperti adanya perbedaan antara nama pendaftar dan kontak, sebaiknya jangan kunjungi website tersebut. 

Sebagai contoh, nama pendaftarnya adalah “Bill Gates”, tapi alamat emailnya yang dicantumkan justru . Kemungkinan, pendaftar website mencoba menyembunyikan identitas aslinya.

5. Amati Penulisan Kalimat dalam Website

Tips lain untuk mengenali ciri domain resmi adalah dengan melihat susunan kalimat yang digunakan di dalam website tersebut. Website resmi tentu menggunakan penulisan kalimat yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Sedangkan, website palsu biasanya menggunakan kalimat yang buruk. Misalnya, tata bahasanya yang salah atau pemilihan kata yang aneh.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

 

Demikianlah 5 tips mengenali ciri-ciri website resmi yang dapat Anda jadikan patokan, ketika mengakses sebuah website. Punya info lain terkait topik yang dibahas? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar.

 

Disalin dari artikel berjudul, "Waspada Penipuan Online: Inilah Ciri Website Resmi yang Perlu Anda Ketahui" oleh Aura Nisrina Hesanty.