Skip to main content
30 May, 2024
# Topics

10 Aplikasi Pilihan Yang Dapat Mengubah Teks ke Suara Untuk Anda

30 May, 2024
 

Aplikasi yang dapat mengubah teks ke suara bukanlah hal yang asing lagi. Anda mungkin telah menggunakannya saat bercakap-cakap dengan Alexa, Siri dari Apple atau Google Assistant.

Meskipun sebelumnya, teknologi ini hanya digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat diakses dan chatbot yang didukung oleh suara, aplikasinya telah berkembang dalam beberapa waktu belakangan seperti di bidang buku audio yang membantu orang menikmati cerita atau mempelajari hal-hal baru sambil melakukan banyak tugas.

DAFTAR ISI

Aplikasi Pengubah Teks ke Suara

Berkat popularitasnya yang semakin meningkat dalam dekade terakhir, ada banyak sekali penyedia sistem text to speech (TTS), sehingga mungkin saja menyulitkan Anda memilih aplikasi terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Itulah sebabnya kami telah menyusun daftar aplikasi text to speech terbaik ini untuk memandu Anda. Daftar ini menampilkan aplikasi premium dan juga aplikasi gratis. Berikut 10 diantaranya:

A. NaturalReader

NaturalReader adalah perangkat lunak teks ke suara yang mudah digunakan yang dapat bekerja dengan berbagai file teks. Aplikasi ini menyediakan 100+ suara yang sangat akurat dan terdengar alami dalam 10+ bahasa. Menariknya, Anda juga bisa mengunggah file teks langsung dari platform penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Aplikasi ini mendukung sebagian besar format dokumen seperti PDF, TXT, DOCX, PPTX, ODS, ODT, dan EPUB non-DRM. NaturalReader hadir dalam tiga versi: Online, Perangkat Lunak, dan Komersial dengan Premium Online mulai dari USD 9,99/bulan dan Komersial Tunggal mulai dari USD 49/bulan untuk satu pengguna dan USD 10/bulan untuk setiap pengguna tambahan.

Kelebihan

  1. Mendukung sebagian besar format dokumen seperti PDF, TXT, DOCX, PPTX, ODS, ODT, dan EPUB non-DRM bersama dengan JPEG dan PNG, berkat OCR.
  2. OCR untuk mengekstrak teks dari dokumen yang dipindai (hanya premium).
  3. Mendukung pengoreksian atau perbaikan pengucapan kata apa pun.

Kekurangan

  1. Tersedia versi gratis tetapi dengan peningkatan yang cukup mahal untuk suara tambahan.
  2. Aplikasi gratis hanya online, artinya, aplikasi ini membutuhkan konektivitas internet.

B. Pembaca Suara Linguatec

Linguatec Voice Reader adalah salah satu alat text-to-speech terbaik di pasaran yang dapat dengan mudah mengubah file teks menjadi aliran audio. Fitur yang paling menarik adalah 60+ suara berkualitas tinggi yang terdengar alami dan menakjubkan. Anda dapat memilih salah satu dari suara profesional ini untuk mengonversi teks Anda menjadi audio.

Linguatec menyediakan solusi transkripsi dengan akurasi tinggi, berkat empat produknya: Voice Reader Home, Voice Reader Studio, Voice Reader Server, dan Voice Reader Web. Edisi Home-nya berharga €49 (sekitar USUSD 59) per suara, yang mungkin terlihat sangat mahal - terutama jika dibandingkan dengan NaturalReader.

Kelebihan

  1. Edisi Studio seharga €499 (sekitar USUSD 605) per bahasa, yang tampaknya merupakan harga yang sangat masuk akal untuk penggunaan komersial tanpa batas.
  2. Mendukung konversi sejumlah besar format teks termasuk TXT, RTF, DOCX, DOC, HTM, HTML, MHT, EPUB, PDF, dan ODT.
  3. Mendukung hingga 45 bahasa yang berbeda termasuk semua bahasa yang sangat populer seperti Arab, Denmark, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Mandarin, Rusia, Spanyol, Swedia, Turki, dll.

Kekurangan

  1. Tidak tersedia versi pribadi gratis, tidak seperti NaturalReader.
  2. Hanya menyediakan satu bahasa dan satu suara di Voice Reader Home.

C. Capti

Capti adalah pembangkit tenaga listrik produktivitas termasuk mesin teks ke suara, yang bekerja secara online maupun offline. Aplikasi ini memberikan pengalaman mendengarkan yang terdengar alami dalam 20+ bahasa dan terintegrasi dengan platform cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive, memungkinkan Anda untuk mengunggah file langsung dari platform tersebut.

Capti Voice - solusi untuk para pendidik - adalah platform literasi dan pembelajaran. Sebagai seorang pendidik, Capti Voice memungkinkan Anda membantu siswa mengatasi kendala bahasa dengan strategi pembelajaran dan pengajaran yang dipersonalisasi. Capti Voice dapat menarasikan berbagai macam dokumen teks seperti artikel, ebook, dan halaman web.

Kelebihan

  1. Mendukung sejumlah platform seperti Windows, macOS, iOS, dan Chrome OS.
  2. Fitur mengekstrak artikel dari halaman web sambil melewatkan semua kekacauan.
  3. Mendukung berbagai format teks termasuk PDF, DOCX, PPTX, EPUB, ODT, FODT, TXT, RTF, JPEG, PNG, dan Google Documents, Slides, dan Spreadsheet.

Kekurangan

  1. Akun gratis terbatas, tetapi masih bisa digunakan untuk perorangan (secara terbatas).
  2. Tidak ada info harga yang tersedia untuk Personal Use Pro dan Classroom Use.

D. Voice Dream Reader

Voice Dream Reader adalah aplikasi teks ke suara yang mengesankan yang memberikan pengalaman membaca dan mendengarkan berkualitas tinggi. Aplikasi ini menawarkan 200+ suara dalam 30+ bahasa (lebih banyak dari aplikasi di atas) dan memiliki fitur penyorotan teks yang disinkronkan, pengguliran otomatis, dan tampilan bebas gangguan yang membantu Anda untuk fokus dan memahami atau mempelajari konten dengan lebih baik.

Kelebihan

  1. Mendukung banyak bahasa seperti Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Mandarin, Rusia, Spanyol, dll.
  2. Alternatif yang lebih murah daripada alat di atas dengan harga USUSD 7,99 di Google Play Store (untuk Android) dan USUSD 14,99 di App Store (untuk iOS).
  3. Mendukung berbagai format seperti PDF, EPUB, TXT, RTF, DOCX, dan HTML.

Kekurangan

  1. Versi gratisannya memiliki fitur yang sangat terbatas, tetapi mendukung pembelian suara premium.
  2. Tidak ada dukungan untuk OS desktop seperti Windows dan macOS.

E. ReadSpeaker

ReadSpeaker menawarkan berbagai solusi text-to-speech online dan offline untuk situs web, aplikasi seluler, perangkat yang disematkan, dan banyak lagi. Yang mengejutkan, aplikasi ini menyediakan 200+ suara dalam 50+ bahasa dengan 90+ suara berkualitas bermerek sendiri. ReadSpeaker menawarkan sejumlah solusi, jadi kami akan fokus pada solusi tujuan umumnya.

Kelebihan

  1. Mendukung sejumlah bahasa seperti Arab, Kanton, Mandarin, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Rusia, Spanyol, dll.
  2. API speechCloud menyediakan API TTS, tidak seperti solusi lain yang terdaftar.

Kekurangan

  1. Tidak tersedia versi gratis, tidak seperti kebanyakan solusi dalam daftar ini.
  2. Tidak ada info harga yang tersedia untuk salah satu solusinya (perlu menghubungi).

F. Speech Central

Speech Central adalah solusi text-to-speech yang luar biasa, memungkinkan Anda untuk mendengarkan ebook, blog, atau halaman web favorit Anda. Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna dengan disabilitas seperti disleksia. Aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk mendengarkan artikel di lain waktu, memeriksa riwayat mendengarkan/membaca, dan melakukan tugas-tugas praktis.

Kelebihan

  1. Memungkinkan mendengarkan halaman web atau ebook apa pun yang membantu dalam multitasking.
  2. Aplikasi Windows juga memungkinkan Anda mengubah teks menjadi audio (MP3).
  3. Pengalaman mendengarkan dan membaca yang sangat bisa disesuaikan.

Kekurangan

  1. Tidak ada dukungan untuk macOS sementara ini mendukung Android, iOS, dan Windows.
  2. Tidak ada uji coba gratis yang tersedia untuk Windows sementara tersedia untuk Android.

G. Pembaca KNFB

KNFB Reader adalah konverter teks ke suara yang mudah digunakan. Ini dibuat khusus untuk penyandang disabilitas seperti low vision, disleksia, dll. Anda dapat mengambil gambar teks apa pun, dan KNFB Reader akan membacanya dengan keras. Tidak seperti beberapa pembaca lain, ia menggunakan teknologi pemrosesan gambar yang luar biasa untuk menangkap gambar yang akurat.

Kelebihan

  1. Menawarkan suara dalam berbagai bahasa termasuk Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Spanyol, Swedia, Denmark, Rusia, dll.
  2. Bekerja secara offline, yaitu tidak memerlukan koneksi internet.
  3. Mendukung pengubahan teks ke huruf Braille, tidak seperti kebanyakan aplikasi lain.

Kekurangan

  1. Tidak ada dukungan untuk macOS meskipun mendukung Android, iOS, dan Windows.
  2. Sangat mahal - terutama jika dibandingkan dengan Speech Central (hampir 7-8x lipat).

H. Text to Speech!

Text to Speech! adalah aplikasi teks ke suara untuk iPhone dan iPad. Aplikasi ini menghasilkan suara akurat yang terdengar alami dari teks masukan. Aplikasi ini dapat menghasilkan audio saat Anda mengetikkan teks, tetapi tidak mendukung pengucapan file teks lengkap. Aplikasi ini menawarkan 90+ suara dalam 30+ bahasa dan opsi penyesuaian juga.

Kelebihan

  1. Mendukung sebagian besar bahasa populer termasuk bahasa Inggris, Cina, Denmark, Prancis, Jerman, Jerman, Hindi, Italia, Spanyol, Swedia, Rusia, dll.
  2. Dapat berfungsi secara offline, yaitu tanpa koneksi internet, seperti KNFB Reader.

Kekurangan

  1. Suaranya terdengar kurang alami, tidak seperti berbagai solusi dalam daftar ini.
  2. Tidak ada dukungan untuk mengucapkan file teks atau teks dalam gambar, tidak seperti yang lain.

I. Panopreter Basic

Panopreter Basic adalah konverter teks ke suara yang sederhana. Aplikasi ini menggunakan suara Microsoft TTS yang disediakan di Windows untuk mengonversi teks dalam format audio seperti format WAV, MP3, OGG, dan FLAC. Meskipun versi dasarnya cukup terbatas, versi premiumnya memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tata letak teks, nada audio, dan volume.

Kelebihan

  1. Versi dasarnya adalah freeware, tidak seperti hampir semua alat dalam daftar ini.

Kekurangan

  1. Hanya mendukung Windows, tidak seperti kebanyakan solusi lain yang tercantum di sini.
  2. Versi dasarnya sangat terbatas - melewatkan semua opsi penyesuaian.
  3. Versi dasar tidak mendukung DOCX, tetapi Anda bisa menyalin-tempel konten.

J. iSpeech

iSpeech adalah perangkat lunak sintesis suara teks-ke-suara lain yang ditargetkan untuk pengembang. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengonversi teks ke audio seperti semua aplikasi lain dalam daftar ini. Fitur-fiturnya yang menarik adalah API dan SDK-nya, menjadikan iSpeech kandidat yang lebih baik untuk pembuat aplikasi daripada pengguna akhir, tidak seperti solusi lainnya.

Kelebihan

  1. Aplikasi online untuk mengonversi atau mendengarkan dokumen dalam bentuk audio.
  2. Mengonversi ke berbagai format audio seperti WAV, MP3, WMA, dll.

Kekurangan

  1. Suaranya terdengar sedikit seperti robot, tidak seperti banyak solusi dalam daftar ini.
  2. Tidak ada paket gratis yang tersedia - perlu membeli kredit untuk menggunakan aplikasinya.
  3. Tidak ada pengalaman membaca berdampingan, tidak seperti Speech Central dan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah semua tentang solusi text-to-speech terbaik yang tersedia di pasaran. Ada beberapa opsi gratis di sini seperti NaturalReader, Capti, dan banyak lagi, tetapi sebagian besar lainnya hanya tersedia sebagai produk berbayar.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

 

Sumber: Hongkiat Lim (16 Maret 2023).