Skip to main content

Cara Mengganti DNS Google Di PC Dan Mempercepat Koneksi Internet Anda

08 October, 2023

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari dunia DNS dan, lebih khusus lagi, bagaimana beralih ke Google DNS dapat meningkatkan kecepatan internet Anda secara signifikan dan menyempurnakan pengalaman menjelajah Anda. Jadi, jika Anda bosan menunggu situs web dimuat dengan sangat lambat, inilah saatnya menjelajahi manfaat Google DNS.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System (Sistem Nama Domain).

Sistem menerjemahkan nama domain yang dapat dibaca manusia seperti "www.google.com" menjadi alamat IP yang dapat dibaca mesin yang digunakan komputer untuk berkomunikasi.

ISP (Internet Service Provider - Penyedia Layanan Internet) Anda biasanya memberi Anda server DNS default. Namun, Anda dapat memilih untuk menggunakan server DNS lain.

DAFTAR ISI

Pengertian DNS (Sistem Nama Domain)

Seperti disebutkan, Sistem Nama Domain (DNS) berfungsi sebagai buku alamat internet, menerjemahkan alamat situs web yang dapat dibaca manusia menjadi alamat IP yang dapat dibaca mesin.

Ini adalah komponen penting yang memungkinkan Anda mengakses situs web berdasarkan namanya, bukan berdasarkan serangkaian angka.

Namun, infrastruktur DNS yang digunakan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda mungkin tidak terus-menerus dioptimalkan kecepatannya, sehingga dapat mengakibatkan pengalaman penelusuran lebih lambat dan peningkatan latensi.

Google DNS adalah layanan Sistem Nama Domain yang tersedia untuk umum yang disediakan oleh Google sendiri. Ini dirancang untuk menawarkan pengalaman penelusuran yang lebih cepat dan andal dengan mengoptimalkan pemrosesan permintaan DNS.

Keuntungan menggunakan Google DNS lebih dari sekedar kecepatan. Ini juga menyediakan fitur keamanan yang ditingkatkan dan privasi yang ditingkatkan, menjadikannya pilihan menarik bagi pengguna yang ingin mengoptimalkan koneksi internet mereka.

Cara Beralih ke Google DNS di Mac

  1. Buka "Preferensi Sistem" dari menu Apple.
  2. Arahkan ke "Wi-Fi" dan pilih koneksi aktif Anda.
  3. Klik "Detail" dan navigasikan ke tab "DNS".
  4. Tambahkan alamat server DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) menggunakan tombol "+".
  5. Atur alamat DNS Google di bagian atas daftar untuk prioritas.
  6. Simpan perubahan dan nikmati koneksi internet yang lebih cepat.

how to switch to google dns

Cara Beralih ke Google DNS di Windows

  1. Buka Panel Kontrol dan akses "Jaringan dan Pusat Berbagi".
  2. Pilih koneksi jaringan aktif Anda dan klik "Properti".
  3. Cari dan pilih opsi "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)".
  4. Pilih "Gunakan alamat server DNS berikut" dan masukkan alamat DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  5. Klik "OK" untuk mengonfirmasi perubahan Anda dan menikmati peningkatan kecepatan.

Pemecahan Masalah dan Tip

  1. Jika Anda mengalami masalah, pastikan Anda memasukkan alamat DNS dengan benar.
  2. Hapus cache DNS Anda agar dapat segera diterapkan dengan menggunakan perintah "ipconfig /flushdns" (Windows) atau "sudo killall -HUP mDNSResponder" (Mac).

 

Demikianlah Cara Mengganti DNS Google Di PC Dan Mempercepat Koneksi Internet Anda. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Selamat beraktivitas kembali.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.