Skip to main content
31 October, 2023
# Topics

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Mempelajari Pemrograman Java (1/2)

31 October, 2023
 

Pada artikel ini, kami akan membahas saluran pembelajaran terbaik untuk Anda, gratis dan langsung belajar Java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, dengan jutaan pengembang menggunakannya untuk membangun aplikasi web dan seluler, solusi perusahaan, dan banyak lagi.

Pada artikel ini, kami akan membahas saluran pembelajaran terbaik untuk Anda, gratis dan langsung belajar Java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, dengan jutaan pengembang menggunakannya untuk membangun aplikasi web dan seluler, solusi perusahaan, dan banyak lagi.

Dengan kemudahan penggunaan, independensi platform, dan perpustakaan alat dan kerangka kerja yang luas, Java adalah pilihan yang sangat baik baik untuk pemula maupun pemrogram berpengalaman.

Dalam artikel ini, kami telah menyoroti beberapa saluran YouTube terbaik untuk mempelajari Java, mulai dari saluran populer seperti Java Brains dan Programming with Mosh hingga saluran yang kurang dikenal seperti Java oleh Kiran dan Cave of Programming.

DAFTAR ISI

Java Brains

Java Brains adalah saluran YouTube populer yang menyediakan tutorial pemrograman Java berkualitas tinggi untuk pemula dan pengembang berpengalaman.

Saluran ini dijalankan oleh Koushik Kothagal, seorang pakar Java dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pengembangan perangkat lunak.

Dengan lebih dari 1,5 juta pelanggan, Java Brains adalah salah satu saluran tutorial Java terpopuler di YouTube.

Saluran ini telah ada sejak tahun 2008 dan telah menghasilkan ratusan video yang mencakup berbagai topik terkait pemrograman Java.

Video di Java Brains dirancang agar mudah diikuti dan dipahami, dengan fokus pada aplikasi praktis dan contoh dunia nyata.

Saluran ini mencakup segala hal mulai dari sintaksis Java dasar hingga topik lanjutan seperti Java EE, Spring Framework, dan Hibernate.

Beberapa playlist terpopuler di Java Brains antara lain:

  1. Dasar-dasar Java: Daftar putar ini mencakup dasar-dasar pemrograman Java, termasuk variabel, tipe data, loop, dan fungsi.
  2. Java EE: Daftar putar ini mencakup Java Enterprise Edition (Java EE), serangkaian spesifikasi untuk membangun aplikasi perusahaan menggunakan Java.
  3. Spring Framework: Daftar putar ini mencakup Spring Framework yang populer, yang menyediakan model pemrograman dan konfigurasi yang komprehensif untuk aplikasi perusahaan modern berbasis Java.
  4. Hibernasi: Daftar putar ini mencakup Hibernate, kerangka kerja Pemetaan Relasional Objek (ORM) yang menyederhanakan akses basis data untuk aplikasi Java.

Secara keseluruhan, Java Brains adalah sumber yang bagus bagi siapa saja yang ingin belajar pemrograman Java.

Video saluran berkualitas tinggi, tutorial yang mudah diikuti, dan contoh praktis menjadikannya pilihan populer di kalangan pengembang Java dari semua tingkatan.

Derek Banas

Derek Banas adalah saluran YouTube populer yang menyediakan berbagai macam tutorial pemrograman, termasuk Java.

Saluran ini dijalankan oleh Derek Banas, seorang programmer dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam pengembangan perangkat lunak.

Dengan lebih dari 1,2 juta pelanggan, Derek Banas adalah saluran yang sangat dihormati di komunitas pemrograman.

Saluran ini telah ada sejak tahun 2008 dan telah menghasilkan ratusan video yang mencakup berbagai topik pemrograman.

Video di Derek Banas dikenal bertempo cepat dan informatif. Setiap video dirancang sebagai kursus kilat tentang topik tertentu, sehingga memudahkan pemirsa mempelajari keterampilan baru dengan cepat.

Beberapa playlist terpopuler di Derek Banas antara lain:

  1. Java: Daftar putar ini mencakup segala hal mulai dari sintaksis Java dasar hingga topik lanjutan seperti pengembangan aplikasi Android dan pemrograman game.
  2. Python: Daftar putar ini mencakup bahasa pemrograman Python populer, termasuk pengembangan web dengan Django dan pembelajaran mesin dengan TensorFlow.
  3. Pengembangan Web: Daftar putar ini mencakup teknologi pengembangan web seperti HTML, CSS, dan JavaScript, serta kerangka web populer seperti React dan Angular.
  4. Pola Desain: Daftar putar ini mencakup pola desain umum yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk pola Singleton dan pola Pengamat.

Secara keseluruhan, Derek Banas adalah sumber yang bagus bagi siapa saja yang ingin belajar pemrograman. Tutorial saluran yang cepat dan beragam topik menjadikannya pilihan populer di kalangan pengembang dari semua tingkatan.

Programming with Mosh

Programming with Mosh adalah saluran YouTube populer yang menyediakan tutorial pemrograman komprehensif, termasuk Java.

Saluran ini dijalankan oleh Mosh Hamedani, seorang programmer dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pengembangan perangkat lunak.

Dengan lebih dari 2,5 juta pelanggan, Pemrograman dengan Mosh adalah salah satu saluran tutorial pemrograman terpopuler di YouTube.

Saluran ini telah ada sejak tahun 2014 dan telah menghasilkan ratusan video yang mencakup berbagai topik pemrograman.

Video Pemrograman dengan Mosh dirancang secara mendalam dan komprehensif, dengan fokus pada aplikasi praktis dan contoh dunia nyata.

Saluran ini mencakup berbagai hal mulai dari konsep pemrograman dasar hingga topik lanjutan seperti arsitektur perangkat lunak dan pola desain.

Beberapa playlist terpopuler di Pemrograman dengan Mosh meliputi:

  1. Java: Daftar putar ini mencakup dasar-dasar pemrograman Java, termasuk pemrograman berorientasi objek, struktur data, dan algoritma.
  2. C#: Daftar putar ini mencakup bahasa pemrograman C# yang populer, termasuk .NET Framework, Windows Forms, dan ASP.NET.
  3. Angular: Daftar putar ini mencakup kerangka kerja Angular untuk membangun aplikasi web, termasuk komponen, layanan, dan formulir.
  4. Python: Daftar putar ini mencakup bahasa pemrograman Python populer, termasuk analisis data, pengembangan web, dan pembelajaran mesin.

Secara keseluruhan, Pemrograman dengan Mosh adalah sumber yang bagus bagi siapa pun yang ingin belajar pemrograman.

Tutorial saluran yang mendalam, contoh praktis, dan cakupan yang komprehensif menjadikannya pilihan populer di kalangan pengembang dari semua tingkatan.

in28minutes

Ranga Karanam memulai saluran ini dengan tujuan tunggal untuk mengajari orang-orang tentang pemrograman menggunakan pendekatan langsung langkah demi langkah berbasis solusi masalah dengan contoh penerapan praktis di dunia nyata.

Dia juga memiliki beberapa kursus Udemy, namun saluran YouTube-nya juga sama menariknya.

Ranga percaya bahwa untuk mempelajari apa pun, seorang pengembang harus konsisten, dan oleh karena itu ia menamai salurannya in28minutes, di mana calon pengembang harus belajar, membuat kode, dan berlatih setidaknya selama 28 menit setiap hari.

Dia juga memiliki banyak kursus terkait DevOps dan Cloud serta beberapa Java dan kerangka kerja terkait.

Amigoscode

Amigocodes adalah saluran luar biasa lainnya yang mulai mendapatkan daya tarik besar pada tahun 2019 karena variasi videonya yang unik.

Nelson, seorang pengembang perangkat lunak dari London, Inggris, mendirikan saluran tersebut, yang antara lain berisi tutorial tentang Java dan Spring Boot.

Java Techie 

Jika Anda sudah bekerja atau sudah mulai bekerja sebagai pengembang Java, maka Anda tahu bahwa untuk mengembangkan aplikasi, Anda perlu menambahkan autentikasi dan otorisasi, menyiapkan pipeline CI/CD untuk mengotomatiskan penerapan, dan membuat on-prem atau cloud lingkungan untuk penyebaran.

Java Techie adalah salah satu saluran yang mengajarkan segala sesuatu yang diharapkan diketahui oleh pengembang Java dalam suatu organisasi.

Meskipun kami tidak tahu apa-apa tentang pembuatnya, kami yakin dia berasal dari Bengaluru, India.

Jika Anda memeriksa video dan daftar putar saluran tersebut, Anda akan takjub menemukan video unik yang ingin Anda ketahui sebelumnya.

Saluran ini tidak begitu terkenal dan kami yakin ini adalah sumber yang luar biasa bagi pengembang Java mana pun.

Telusko

Naveen Reddy adalah pendidik teknologi penuh waktu dan pengembang perangkat lunak lepas yang saat ini tinggal di Mumbai, India.

Salurannya, Telusko, adalah salah satu saluran yang paling banyak ditonton di Java karena beragamnya video berbasis Java yang dimilikinya.

Video-videonya cukup menarik dan penyampaiannya yang unik inilah yang menarik pengikut (yang dia sebut “alien”) untuk terus menonton videonya sampai akhir.

Untuk menjelaskan suatu konsep, Naveen mereduksinya menjadi bentuk paling sederhana dengan contoh-contoh kehidupan nyata yang relevan.

Jika Anda ingin tetap mendapatkan informasi terkini tentang apa pun yang berhubungan dengan Java, saluran ini mungkin berguna bagi Anda.

Durga Software Solutions

Saluran ini memberi Anda penjelasan yang jelas tentang topik Java, Python, dan Linux. Juga berguna untuk sertifikasi Java Oracle.

Kami merekomendasikan tutorial YouTube di Durga Software Solutions ini hanya untuk pemula Java karena Anda hanya dapat menemukan video dasar-dasar Java di saluran ini (bukan video berorientasi proyek).

Java

Jika Anda tertarik dengan Java, jangan lewatkan saluran YouTube Oracle.

Channel ini memberi Anda banyak pembicaraan dari JavaOne tentang fitur-fitur terbaru di Java SE dan Java EE, JVM, dan wawancara dengan para pemimpin di komunitas Java.

Cave of Programming

Cave of Programming adalah saluran YouTube populer yang menyediakan tutorial pemrograman, termasuk Java.

Saluran ini dikelola oleh John Purcell, seorang pengembang perangkat lunak dan instruktur dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Dengan lebih dari 420.000 pelanggan, Cave of Programming adalah saluran yang dihormati di komunitas pemrograman.

Saluran ini telah ada sejak tahun 2009 dan telah menghasilkan ratusan video yang mencakup berbagai topik pemrograman.

Video-video di Cave of Programming dirancang agar mudah diikuti dan dipahami, dengan fokus pada aplikasi praktis dan contoh dunia nyata.

Saluran ini mencakup segala hal mulai dari konsep pemrograman dasar hingga topik lanjutan seperti multithreading, jaringan, dan pemrograman GUI.

Beberapa playlist terpopuler di Cave of Programming antara lain:

  1. Java for Complete Beginners: Daftar putar ini mencakup dasar-dasar pemrograman Java, termasuk variabel, tipe data, loop, dan fungsi.
  2. Java Multithreading: Daftar putar ini mencakup multithreading di Java, termasuk thread, sinkronisasi, dan kelas Thread.
  3. Java Networking: Daftar putar ini mencakup jaringan di Java, termasuk soket, server, dan klien.
  4. Java GUI Programming: Daftar putar ini mencakup pemrograman GUI di Java, termasuk komponen Swing, penanganan acara, dan pengelola tata letak.

Secara keseluruhan, Cave of Programming adalah sumber yang bagus bagi siapa pun yang ingin belajar pemrograman.

Tutorial saluran yang mudah diikuti, contoh praktis, dan beragam topik menjadikannya pilihan populer di kalangan pengembang dari berbagai tingkatan.

 

Bersambung ke bagian dua ...

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.