Skip to main content
22 December, 2023
# Topics

Aturan Penting Operations Security (OPSEC): Panduan Utama (2/2)

22 December, 2023
 

Modal terbesar yang dapat dibawa seorang ke dalam komunitas dimana kita terlibat adalah akal sehat yang kuat. Catatan berikut bertujuan menuangkan akal sehat tersebut dalam bentuk yang dapat diterapkan. Akal sehat sederhana yang diubah oleh sejumlah pengalaman menjadi serangkaian aturan (Bagian 2 dari 2 tulisan).

DAFTAR ISI

70+ Panduan Utama Operations Security (OPSEC)

  1. Di atas semua, jangan berbohong pada diri sendiri. Jangan menganggap bahwa orang lain akan aman dan baik-baik saja karena Anda ingin begitu. Anda berurusan dengan kehidupan orang dan bahkan mungkin orang tercinta, bukan hanya hidup Anda sendiri!
  2. Ketika Anda telah menjalin kontak yang kuat, sebelum Anda benar-benar yakin tentang mereka dan mungkin bahkan setelah itu, tetaplah bermain cantik namun tetap bersemangat. Miliki "Mereka" di belakang layar untuk siapa Anda bertindak. Jika "Mereka" keras, jika "Mereka" memutuskan untuk mengakhiri hubungan, itu tidak pernah salah Anda. Bahkan, Anda dapat berpura-pura memiliki keprihatinan pribadi tentang hal itu.
  3. Coba temukan orang-orang yang tidak hanya bekerja untuk perhatian semata, tetapi karena keyakinan. Namun, ingatlah bahwa kita tidak dapat hidup hanya dengan keyakinan. Berikan perhatian sesuai kebutuhan mereka, dan hindari idealis yang selalu melayang di awan.
  4. Jadilah teman sejati bagi orang lain. Kita semua memiliki sisi manusiawi, jadi tertariklah pada urusan orang lain. Tetapi jangan pernah biarkan persahabatan Anda melampaui rasa kewajiban terhadap keamanan Anda sendiri. Itu harus tetap kebal terhadap pertimbangan sentimental apa pun. Jika tidak, penilaian Anda akan terpengaruh, dan Anda mungkin menjadi sembrono dan dengan demikian membahayakan diri sendiri, teman Anda, dan orang lain.
  5. Dapatkan kepercayaan orang-orang di sekitar Anda, tetapi berhati-hatilah untuk tidak memberikan terlalu banyak dari diri Anda yang tidak perlu. Seseorang mungkin menjauh, mungkin bertengkar dengan Anda, dan Anda mungkin perlu menyingkirkannya sendiri. Dalam hal ini, jelas, semakin sedikit informasi yang dimilikinya, semakin baik. Jelas juga, jika seorang teman berisiko jatuh ke tangan musuh (yang kita semua lakukan), itu tidak adil bagi dia dan untuk Anda jika dia memiliki lebih banyak informasi tentang Anda daripada yang perlu dia ketahui.
  6. Jika Anda memiliki jadwal yang aneh yang secara acak melarang kemampuan Anda berada di sini, ini adalah hal yang baik. Jangan terlalu terpaku dalam dunia ini sehingga Anda kehilangan pandangan dari dunia lain.
  7. Ajarkan orang baru setidaknya unsur-unsur dasar keamanan. Jangan tinggalkan pada penilaian terbaik newbie, meskipun pada akhirnya Anda harus dan hanya bisa berharap yang terbaik. Insist, setidaknya, pada harapan keamanan yang mengharuskan orang tersebut mematuhi dengan ketat prinsip-prinsip paling dasar. Puji orang ini ketika mereka berhasil, beri teguran ketika mereka melakukan kesalahan.
  8. Jangan takut menjadi tegas jika itu merupakan perhatian Anda. Anda juga diharapkan begitu dengan diri Anda sendiri. Ketika masalah keharusan muncul, tidak ada perasaan Anda atau masalah lainnya. Hanya komunitas, keamanan, dan keselamatan yang telah dipercayakan kepada Anda yang penting.
  9. Anda tidak memiliki hak untuk mengharapkan dari orang lain apa yang Anda tidak bersedia lakukan sendiri. Di sisi lain, jangan gegabah mengekspos diri Anda dalam tindakan keberanian pribadi, tidak peduli seberapa pentingnya tampaknya. Diperlukan keberanian moral untuk meminta orang lain melakukan tugas berbahaya daripada melakukannya sendiri, tetapi jika ini adalah jalur yang tepat, maka Anda harus mengikutinya.
  10. Jika Anda memiliki seseorang dalam lingkaran teman atau komunitas Anda yang sangat penting bagi Anda secara pribadi, penting untuk komunitas Anda, atau keduanya, jangan biarkan mereka tahu ini. Sampaikan, tanpa meremehkan, bahwa ada garis-garis lain dan kelompok-kelompok besar lainnya di balik layar, dan bahwa meskipun orang ini penting, mereka hanyalah bagian dari mozaik yang lebih besar.
  11. Jangan pernah biarkan kegembiraan suatu hubungan menarik Anda tanpa sadar. Anda selalu dapat mengandalkan "Mereka" untuk siapa Anda bertindak.
  12. Namun, jika seorang teman mengetahui komunitas atau lingkaran di mana Anda beroperasi lebih baik daripada Anda, dengarkan saran mereka dan konsultasikan mereka. Orang yang berada di tempat adalah orang yang bisa menilai.
  13. Jika Anda mendapatkan arahan dari seseorang, tidak peduli seberapa penting peran mereka dalam sebuah komunitas, jika Anda merasa mereka tidak bijaksana, jangan takut untuk menentang mereka. Terutama jika ada bahaya serius terhadap keamanan tanpa manfaat yang sesuai.51. Jika Anda bagian dari beberapa komunitas, pertahankan identitas Anda terpisah kecuali saatnya tiba di mana menggabungkannya adalah suatu keharusan. Pertahankan garis-garis ini dengan kuat dan, dalam batas-batas akal, perkuat lebih lanjut. Setiap garis pemisah mengurangi bahaya kehilangan total jika satu bagian dari dunia Anda dihancurkan oleh lawan.
  14. Jangan pernah memulai sesuatu, besar atau kecil, sebelum Anda mengetahui detailnya. Jangan mengandalkan keberuntungan semata, atau Anda hanya akan mendapatkan "nasib buruk".
  15. Kaburkan sifat sebenarnya dari 'pertukaran' apa pun. Tor melakukan ini untuk Anda, tetapi tetap perhatikan dan pastikan Anda memahami dengan tepat bagaimana sistem Tor melindungi Anda.
  16. Manfaat dari mengenkripsi komunikasi selalu lebih besar daripada masalahnya. Lihatlah Tor Mail.
  17. Hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda menjadi bagian dari komunitas atau lingkaran baru adalah pertimbangan serius terhadap aspek-aspek teknis keamanan, saran pribadi dari teman yang sudah ada, sifat pengaburan yang akan Anda gunakan untuk identitas Anda untuk melindunginya dari bahaya bahkan dari mereka yang sudah Anda kenal, dan lain-lain. Ini berlaku terutama dalam kasus menjelajahi teknologi sepenuhnya baru (mis. - Tor, I2P, Freenet).
  18. Yang selalu harus Anda tuju bukanlah hasil cepat tetapi serangkaian hasil yang akan terus berkembang. Apakah ini berarti lebih banyak teman, lebih banyak materi, lebih banyak komunitas, atau sesuatu yang lain sepenuhnya? Dengan mekanisme perlindungan yang tepat, pertumbuhan ini, tidak peduli jenisnya, tidak perlu takut akan penemuan.
  19. Pekerjaan dasar yang serius lebih penting daripada tindakan cepat. Menjalankan Tor Browser Bundle dari desktop Anda mungkin memberikan hasil cepat, tetapi melewatkan pekerjaan dasar untuk benar-benar melindungi diri Anda melewatkan inti dari semua ini.
  20. Ingatlah bahwa orang lain yang melihat Anda akan segera memberi label pada Anda, dan proses memperoleh atau kehilangan kepercayaan sudah dimulai. Orang hanya dengan kesulitan mengubah penilaian mereka terhadap seseorang setelah mereka membuatnya. Mereka harus benar-benar terkejut untuk keluar dari penilaian itu. Jika seseorang memberi label negatif pada Anda tetapi Anda membuktikan diri Anda, secara dramatis tapi dengan aman (mengingat kebodohan keberanian pribadi), dapat diandalkan, Anda dapat mengubah pikiran mereka. Dalam hal yang sama, jika seseorang memberi label positif pada Anda, dibutuhkan satu tindakan kebodohan luar biasa untuk kehilangan segalanya yang telah Anda usahakan. Bahkan dalam hal itu, jangan terima bahwa semua sudah hilang, tetapi kembali ke awal dan bangun kembali diri Anda.
  21. Peran yang Anda pilih untuk dimainkan berkaitan dengan di mana Anda ingin berada. Administrator, host, moderator, produser, penulis, penasihat, pendiam, penimbun, pembaca, pedagang - Anda harus membiasakan diri untuk tidak melakukan pemikiran berkeinginan, dan jangan membujuk diri Anda bahwa apa yang ingin Anda lakukan adalah apa yang seharusnya Anda lakukan.
  22. Penampilan Anda harus menyatu dengan lancar dengan karakter yang Anda presentasikan. Tidak boleh terlalu sulit menjaga penampilan, cetaklah siapa Anda di pikiran orang lain. Ketika Anda muncul dalam percakapan, orang lain harus tahu sesuatu yang konkret tentang Anda yang semua orang bisa setuju, di luar intervensi langsung Anda.
  23. Di mana Anda memilih untuk menempatkan sistem yang memungkinkan Anda masuk ke dunia ini adalah masalah yang sulit. Di ruang belajar pribadi, kamar tidur, atau kantor, selalu ada kekhawatiran keamanan dengan lokasi fisik apa pun. Kerjakan keras untuk mengurangi risiko penemuan oleh orang lain sebanyak mungkin, mulai dari tindakan sederhana seperti memutar layar Anda dari jendela, hingga tindakan yang lebih besar seperti memahami bagaimana keyboard Anda dapat berfungsi melawan Anda.
  24. Jika Anda berada dalam hubungan, keberadaan pasangan Anda harus diingat dan diperhitungkan setiap saat. Pintu terkunci dan pengetikan keyboard menimbulkan kecurigaan, dan kemungkinan upaya intrusi hampir lebih dari segalanya.
  25. Haruskah Anda memberi tahu pasangan Anda tentang dunia ini? Dianggap sebagai sesuatu yang pasti bahwa siapa pun yang telah membaca sampai di sini memiliki kebijaksanaan dan penilaian. Jika Anda pikir pasangan Anda dapat dipercaya, Anda tentu dapat memberi tahu mereka tentang dunia ini tanpa perlu menyertakan detail tertentu tentang komunitas atau identitas spesifik. Tidak adil untuk menyimpan pasangan dalam kegelapan tanpa alasan serius yang menuntut itu. Pada titik ini, pasangan harus dilatih dengan cara yang sama seperti orang baru.
  26. Di antara teman-teman Anda, jangan terlalu tahu banyak. Jangan terlalu tahu tentang apa pun. Seringkali ini berarti menahan diri saat Anda ingin memamerkan apa yang Anda tahu atau miliki. Ini terutama sulit ketika Anda mendengar pernyataan yang tidak benar atau kesalahan dari fakta yang tak terbantahkan.
  27. Tidak tahu terlalu banyak tidak berarti tidak tahu apa pun. Kecuali ada alasan khusus di baliknya, tidak baik dianggap sebagai orang bodoh atau orang tanpa pertimbangan. Ini tidak mengundang orang lain untuk percaya pada Anda.
  28. Tunjukkan kecerdasan Anda, tetapi berbicaralah dengan hati-hati tentang hal-hal yang menyentuh batas dari yang dapat mengidentifikasi Anda, baik di antara identitas, maupun pada diri pribadi dunia nyata Anda. Bahaslah model dan apa yang Anda ketahui tentangnya, tetapi jangan mengatakan sesuatu tentang menjadi teman dengan produser. Bahaslah sebuah komunitas dan manfaat atau kerugiannya tanpa menyebutkan bahwa Anda juga berada di staf sana. Jadilah orang baik yang ingin menyampaikan informasi atau materi yang berguna dengan harapan itu dapat bermanfaat.
  29. Ketika Anda berpikir seorang teman memiliki pengetahuan tertentu, atau materi, yang mungkin berguna bagi Anda atau menarik, ingatlah bahwa pujian diterima oleh sebagian besar orang. Ketika pujian jujur sulit dirumuskan, pujian yang berlebihan akan sama baiknya.
  30. Dalam batas prinsip Anda, menjadi segala hal bagi semua orang. Tetapi jangan khianati prinsip-prinsip Anda. Kekuatan terbesar di dunia Anda adalah Anda. Rasa benar Anda, rasa hormat Anda terhadap diri sendiri, orang lain, dan terutama anak-anak. Ini adalah tanggung jawab Anda untuk menyesuaikan keadaan dengan kehendak Anda, bukan membiarkan keadaan membungkuk atau memutar Anda.
  31. Di dunia ini, selalu berada dalam harmoni dengan nurani Anda sendiri. Tempatkan diri Anda secara berkala di 'dok' untuk 'pemeriksaan silang'. Anda tidak pernah bisa lebih baik dari yang terbaik Anda, tetapi hanya yang terbaik Anda cukup baik dalam masalah keamanan baik sosial maupun teknis.
  32. Ini adalah salah satu dunia yang paling istimewa untuk ada di dalamnya, sudut kecil di Tor, tidak peduli seberapa kecil peran Anda mungkin terlihat. Banyak orang akan memberikan apa pun untuk berada di tempat Anda. Ingatlah itu dan hargai hak istimewa itu. Tidak peduli apa yang orang lain lakukan atau katakan, mainkan peran Anda dengan baik.
  33. Jangan pernah masuk ke dalam kebiasaan dan jangan pernah menjadi terlalu cepat puas. Selalu ada garis baru di sekitar sudut, tantangan baru untuk diatasi, perubahan baru dan variasi yang akan diperkenalkan. Kebiasaan yang tidak berubah dalam keamanan mengarah pada kelalaian. Tetaplah mengikuti perkembangan hal-hal, dan jangan pernah menjadi puas, tidak pernah.
  34. Jika terjadi sesuatu, upayakan selalu menganggap bahwa musuh lebih baik dari Anda. Jangan meremehkan mereka. Tetapi jangan biarkan itu mengarah pada kegelisahan atau kurangnya keyakinan. Jangan goyah dan ketahuilah bahwa dengan kerja keras, ketenangan, dan dengan tidak pernah mengorbankan diri Anda secara permanen, Anda selalu dapat mengatasi mereka.
  35. Terakhir, dan yang terpenting, INGATLAH KEAMANAN.

Penutup

Poin-poin di atas tidak dimaksudkan untuk sekadar menjadi bahan bacaan selintas. Poin-poin di atas pantas mendapatkan perhatian serius dan setidaknya dibaca ulang sesekali.

Sangat mungkin juga bahwa di sini dan di sana ada klaim-klaim yang memiliki aplikasi khusus saat ini. Bertindaklah segera atas mereka.

Semoga bermanfaat.

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.