Skip to main content
21 December, 2023
# Topics

Aturan Penting Operations Security (OPSEC): Panduan Utama (1/2)

21 December, 2023
 

Modal terbesar yang dapat dibawa seorang ke dalam komunitas dimana kita terlibat adalah akal sehat yang kuat. Catatan berikut bertujuan menuangkan akal sehat tersebut dalam bentuk yang dapat diterapkan. Akal sehat sederhana yang diubah oleh sejumlah pengalaman menjadi serangkaian aturan (Bagian 1 dari 2 tulisan).

DAFTAR ISI

70+ Panduan Utama Operations Security (OPSEC)

  1. Ada banyak kebajikan yang harus diupayakan. Kebajikan terbesar dari semuanya adalah keamanan. Semua hal lain harus tunduk pada itu.
  2. Keamanan tidak hanya sekedar menghindari risiko besar. Ini terdiri dalam menjalankan tugas dan interaksi sehari-hari dengan perhatian yang cermat terhadap hal-hal kecil yang keamanan butuhkan. Hal-hal kecil dalam banyak hal lebih penting daripada yang besar. Itulah yang paling sering menyebabkan kebocoran rahasia. Kepatuhan yang konsisten pada hal-hal kecil itulah yang membentuk kebiasaan pemikiran keamanan yang sejati.
  3. Dalam hal apa pun, seseorang yang tidak melakukan rutinitas keamanan harian, meskipun terlihat membosankan dan tidak berguna, sebagai contoh, untuk melakukan boot ke dalam sistem yang memerlukan waktu untuk dimuat saat pilihan kurang aman akan instan, atau dalam mematikan sistem dengan aman dan seketika, sambil memperhatikan bagaimana RAM beroperasi dan bagaimana waktu mati dapat membuat perbedaan besar dalam kasus darurat, akan terbukti kurang memiliki reaksi naluriah yang tepat saat berurusan dengan hal-hal besar.
  4. Tidak peduli seberapa brilian seorang individu, tidak peduli seberapa besar niat baik mereka, tidak peduli seberapa menariknya konten yang mereka hasilkan, jika keamanannya kurang, pada akhirnya mereka akan lebih menjadi beban daripada aset.
  5. Bahkan jika Anda merasa seseorang merasa mengenal tentang siapa Anda, jangan pernah mengakui. Teruslah memainkan peran Anda. Menakjubkan seberapa mudahnya membuat orang percaya bahwa mereka salah. Penting agar baik dengan pengakuan maupun implikasi Anda tidak membiarkan siapa pun menghubungkan Anda antara identitas dan kegiatan ilegal Anda.
  6. Keamanan, tentu saja, tidak berarti stagnasi atau takut untuk mengejar hal-hal, baik materi maupun lainnya. Ini berarti mengejar hal-hal tetapi mengurangi semua risiko ke minimum melalui kerja keras.
  7. Jangan terlalu memaksakan 'penyamaran' Anda. Membuat rasionalisasi panjang tentang keberadaan Tor di komputer Anda, atau file kontainer yang aneh, terlihat jauh lebih mencurigakan daripada hanya mengikuti poin lima, dan mengalihkan perhatian.
  8. Jangan pernah tinggalkan barang-barang begitu saja tanpa pengawasan. Bagi kita, contoh sempurna dari ini adalah meninggalkan diri Anda terboot ke dalam sistem yang aman saat tidak berada secara fisik di dekat mesin. Jika Anda pernah harus menghancurkan bukti fisik, terutama hard drive, lakukan dengan seksama. Bawalah sebanyak mungkin material yang menghubungkan Anda ke dunia ini secara fisik, dan selama waktu yang sesingkat-singkatnya, apakah itu terenkripsi atau tidak.
  9. Kesalahan terbesar dalam permainan ini adalah kelalaian. Kesalahan tidak pernah bisa diperbaiki. Tidak ada yang Anda publikasikan yang akan hilang dengan cara yang dapat Anda percayai sepenuhnya.
  10. Kesalahan terbesar berikutnya, mungkin lebih besar daripada kelalaian bagi produsen di antara kita, adalah kesombongan. Cabang-cabangnya banyak dan buruk.
  11. Orang yang sombong, dan di sini kita maksudkan besar kepala, bahkan jika terlalu mencintai kekasih kecilnya atau apa yang dia bawa ke dalam komunitas, sulit untuk belajar. Selalu ada banyak hal yang bisa dipelajari, oleh semua orang, setiap saat.
  12. Zat terkendali adalah sesuatu yang berbahaya. Mereka melonggarkan lidah, merusak pandangan, dan menyebabkan kemalasan. Mereka menyediakan keuntungan besar bagi musuh Anda.
  13. Telah terbukti berulang kali: seks dan bisnis tidak bisa dicampur.
  14. Di bidang ini, tidak ada waktu libur. Jangan pernah menurunkan kewaspadaan Anda. Ini adalah hidup Anda dan Anda tidak pernah bisa merendahkan kewaspadaan Anda.
  15. Dengan mempertimbangkan hal di atas tentang 'tidak ada waktu libur', tetapi dari sudut pandang yang berbeda, Anda harus menguraikan kapan Anda berada di 'dunia ini' dan kapan Anda tidak. Jangan mengabaikan kehidupan di luar batas yang sangat merugikan. Ini justru akan menarik perhatian.
  16. Anda harus mampu menyeimbangkan kehidupan nyata dan dunia maya. Jika Anda memiliki niat baik dan antusiasme nyata untuk komunitas Anda, kedua hal ini dapat digabungkan tanpa harus mengorbankan salah satunya.
  17. Keinginan untuk tergesa-gesa adalah kutukan terbesar di dunia ini. Entah itu kecepatan dalam interaksi, unduhan, komunikasi. Itu adalah godaan konstan untuk kecerobohan. Bahkan jika Anda telah mengembangkan kecenderungan kuat untuk kesabaran, tidak ada jaminan bahwa orang lain juga memiliki itu. Beri tahu dia. Bertindak berdasarkan prinsip bahwa semakin cepat 'solusi' yang dijanjikan, semakin berbahaya. Pikirkan ini sebelum Anda mengunduh sesuatu dari media luar negeri, menggunakan IP rumah dan sistem host Anda, karena ini akan menyulitkan para peretas di sistem yang terjamin melalui Tor.
  18. Sangat jarang, untuk keadaan yang cukup luar biasa, mungkin diperbolehkan menggunakan pure clearnet sebagai saluran komunikasi. Tanpa alasan yang luar biasa, itu harus dihindari sepenuhnya. Ini dapat dilakukan dengan aman, tetapi tidak pernah ada alasan yang cukup kuat.
  19. Saat menggunakan pure clearnet, semakin banyak "hops" yang Anda miliki, semakin banyak mitra yang dapat dipercayai yang dapat Anda libatkan, dan semakin jauh Anda dapat menjauh dari komunikasi, semakin baik. Segala sesuatu yang dikomunikasikan di pure clearnet harus selalu sepenuhnya tampak lugu dan wajar.
  20. Habiskan jam atau bahkan hari daripada mengambil risiko seperti menggunakan pure clearnet untuk berkomunikasi, mengunduh file, atau hal lainnya. Keinginan akan kecepatan adalah kutukan terbesar kita. Melibatkan pure clearnet berisiko menjadi terlalu rumit - aturan besar di sini, seperti dalam segala hal, adalah untuk aman dan alami.
  21. Jangan pernah tinggalkan komputer terbuka, di sistem host Anda atau sistem yang terjamin atau sebaliknya, untuk sesuatu yang bahkan secara jauh dapat diidentifikasi.
  22. Pilih komunitas Anda dengan hati-hati. Berhati-hatilah terutama terhadap solusi hosting. Apa yang Anda ceritakan kepada mereka harus selalu tergantung pada keadaan, dan mereka harus dipilih karena hubungan pribadi, dan tidak memiliki bagian dalam komunitas yang tidak dapat dihindari.
  23. Jadilah diri Anda sendiri. Artinya: menjadi alami dalam pengaturan yang telah Anda buat untuk diri Anda sendiri. Ini sangat penting ketika berkomunikasi dengan seseorang untuk pertama kalinya, baik secara pribadi maupun di komunitas publik. Ingatlah, orang yang tenang menarik sedikit perhatian. Jangan pernah berusaha menciptakan efek, Anda tidak akan melakukannya dalam 'kehidupan biasa'. Lihatlah partisipasi Anda dalam pengaturan ini sebagai sesuatu yang benar-benar normal dan alami.
  24. Lihatlah orang lain, sesedikit mungkin dan jangan lambat-lambat. Pandangan yang terlalu fokus ataupun lama akan menarik perhatian mereka.
  25. Jangan mempresentasikan diri Anda dengan cara yang dihitung untuk menarik perhatian atau dengan mudah membedakan Anda, terutama di beberapa identitas dan situs.
  26. Jadilah tepat waktu, dan harapkan ketepatan waktu dari kontak Anda.
  27. Jangan pernah bertemu secara fisik dengan orang yang mengenal Anda secara online. Jangan berikan identitas online Anda kepada seseorang yang Anda kenal dalam kehidupan nyata. Tidak ada pengecualian.
  28. Hindari mengunjungi situs-situs di mana Anda akan terlihat. Misalnya, penonton antusias pertama video dewasa misalnya akan segera menemukan diri mereka dalam masalah besar. Buatlah diri Anda cocok dengan latar belakang, dan jangan menjadi bagian dari kerumunan yang dapat dikorelasikan.
  29. Zona waktu Anda adalah urusan Anda sendiri. Jangan berkomentar bahwa itu gelap atau terang, tengah malam atau tengah hari.
  30. Jangan mencoba bertemu dengan orang-orang di ruang obrol, kecuali yang beroperasi sepenuhnya melalui Tor tanpa perlu scripting yang berpotensi berbahaya. Ruang obrol adalah bagian dari masalah 'kecepatan'. Komunikasi instan bagus, tetapi kecepatan tidak boleh mengorbankan keamanan.
  31. Jika Anda tidak mengendalikan media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang (TorChat, TorBox, dll), dan Anda harus berkomunikasi dengan mereka, cobalah untuk menghilangkan sebanyak mungkin risiko dengan pilihan yang Anda buat. Pastikan Anda harus berkomunikasi dengan mereka.
  32. Jangan pernah memberi kesempatan teman atau kenalan nyata dengan informasi yang bisa sebagian menghubungkan Anda dengan identitas online. Selalu pertimbangkan bagaimana Anda meningkatkan jumlah orang yang akan mengenali Anda di masa depan. Belajarlah dari kasusnya Ross Ulbricht, dan banyak orang yang tampaknya berbicara tentang apa yang mereka ketahui tentang dia, sekecil mungkin.
  33. Berusahalah selalu sopan, namun tidak terlalu berlebihan. Ada kelas orang yang telah terbukti berguna bagi Anda. Namun, jangan terlalu 'sopan' atau 'memberi' kepada mereka dalam arti materi, karena jenis stimulus itu akan membuat Anda melekat dalam pikiran mereka.
  34. Percaya diri tidak datang dengan mudah bagi sebagian dari kita. Ini harus diperhatikan dengan tekun. Tidak hanya karena itu membantu Anda secara pribadi, tetapi karena itu membudidayakan hal yang sama pada orang yang Anda ajak bicara.
  35. Jangan pernah dramatis atau intens dengan seseorang sebelum Anda dapat meyakinkan mereka tentang pilihan Anda.
  36. Saat membangun hubungan, selalu tinggalkan jalur mundur, secara sosial, terbuka untuk diri Anda sendiri.
  37. Jangan pernah menganggap seorang individu sebagai sesuatu yang pasti. Sangat jarang menilai seseorang pada tingkat apa pun di dalam komunitas tanpa mencurigainya. Kita hidup dengan menipu sebanyak kita hidup dengan mempercayai. Ada saja pihak-pihak yang akan mencoba menipu kita, baik sadar maupun tanpa kita sadari. Pihak lain, lawan, memiliki orang-orang secerdas kita. Jika mereka bisa diperdaya, kita pun bisa.

 

Bersambung ke bagian dua ...

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.