Skip to main content
11 September, 2023

Sinyal Wi-Fi Router Anda Lelet? Mungkin 7 Benda Ini Biang Keroknya!

11 September, 2023
 

Trik untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi dapat berkisar dari yang masuk akal hingga yang gila. Dan ya, topi aluminium bisa digunakan, sedangkan sangkar Faraday tidak akan membantu. Namun, tahukah Anda bahwa terkadang masalahnya bukan pada router itu sendiri, melainkan objek yang dekat dengan Anda?

DAFTAR ISI

Router menghubungkan perangkat kita ke Internet dengan mengirimkan sinyal yang mengarahkan lalu lintas data antara ponsel, laptop, dan tablet sehingga kita dapat menjelajahi Internet dengan mudah.

Ketika sinyal mereka diblokir atau terganggu, kita mengalami Wi-Fi yang buruk, jadi apa yang harus Anda hindari jika ingin tetap terhubung?

7 Jenis Benda Yang Mempengaruhi Sinyal Wi-Fi Router

Tangki air

Percaya atau tidak, wadah air yang besar dapat menimbulkan masalah jika berada di dekat router Anda karena dapat menyerap frekuensi radio.

Saat hujan, masalah ini juga relevan dengan sinyal di luar rumah, seperti yang dijelaskan para ilmuwan dalam The Conversation:

Sinyal nirkabel di luar rumah atau gedung dapat terpengaruh oleh curah hujan karena tetesan air dapat menyerap sebagian sinyal, yang dapat mengakibatkan a tingkat cakupan yang lebih rendah."

Benda logam dan cermin

Jika router Anda diletakkan di sebelah cermin besar, ada kemungkinan sinyal yang dikirimkannya akan dibelokkan saat memantul ke permukaannya.

Hal ini dapat menciptakan zona mati sinyal di dalam rumah Anda di mana perangkat sepertinya tidak dapat terhubung ke router, meskipun perangkat tersebut berada di dekatnya.

Microwave

Meskipun popcorn adalah camilan sinematik pilihan, oven microwave dapat mengganggu sinyal Wi-Fi Anda karena "sedikit radiasi yang bocor".

Gelombang mikro secara efektif menghasilkan sinyal radio, tetapi karena disiarkan pada frekuensi tinggi, Anda tidak akan pernah secara tidak sengaja menemukan beberapa Radio Bajak Laut Hot Pockets.

Frekuensi pengoperasiannya, 2,4 GHz, sama dengan Wi-Fi Anda, jadi memanaskan pizza untuk sarapan dapat memutus koneksi Anda pada perangkat tertentu untuk sementara.

Benda besar

Sinyal dari router Anda merupakan prestasi luar biasa dalam inovasi teknologi, namun sayangnya, sinyal tersebut mudah digagalkan oleh hambatan.

Gelombang radio jauh lebih pendek dibandingkan gelombang yang digunakan dalam transmisi radio, sehingga kekuatannya akan hilang dengan cepat, jadi menjaga jarak yang jelas antara router dan perangkat Anda dapat membuat segalanya berjalan lebih lancar.

Singkatnya, jangan selipkan router wi-fi Anda di belakang sofa!

Telepon tanpa kabel

Jika Anda terlalu muda untuk mengingat sambungan telepon rumah, ini mungkin tampak aneh, namun beberapa orang memiliki telepon nirkabel yang mereka simpan di rumah.

Kedua perangkat tersebut beroperasi pada frekuensi yang hampir sama dengan router Wi-Fi, jadi jika Anda meletakkan kedua perangkat secara berdampingan, Anda mungkin mengalami gangguan dan koneksi yang lamban.

Perangkat Bluetooth

Demikian juga, headphone atau speaker nirkabel juga dapat menghalangi sinyal Wi-Fi. Kedekatan juga sangat penting, karena gangguan akan semakin parah jika Anda semakin dekat dengan router Anda.

Non-aktifkan perangkat Bluetooth jika tidak digunakan dan Anda akan melihat peningkatan sinyal Wi-Fi.

Perangkat elektronik

Mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi untuk membuat router yang tidak cocok dengan perangkat elektronik lainnya, mengingat tujuan hidupnya adalah untuk terhubung dengan perangkat tersebut, namun teknologi yang tidak relevan dengan pengaturan bioskop rumah Anda akan memperlambatnya.

Segala sesuatu mulai dari monitor bayi hingga lampu neon dapat memancarkan frekuensi yang menghalangi, jadi usahakan untuk menjauhkan router Anda dari apa pun yang tidak terhubung langsung dengannya.

 

Wi-Fi bisa membuat frustasi, namun beberapa penyesuaian pada tata letak rumah Anda dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas koneksi Anda. Dan jika Anda tidak berminat untuk itu, Anda selalu bisa bersenang-senang dengan topi kertas timah itu.

Terima kasih telah berkunjung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Diterjemahbebas dari artikel berjudul, "Keeping Your Router Away From These Seven Objects Can Improve Your Wi-Fi", 6 September 2023, oleh Rachael Funnel.

 

rizalconsulting.id juga membuka dukungan dari pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Lebih lanjut >

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS