Skip to main content
19 May, 2024
# Topics

10 Tips Untuk Memaksimalkan Pengalaman Menontonmu Di Youtube

19 May, 2024
 

Pernahkah Anda berpikir bahwa mungkin ada lebih banyak hal di YouTube daripada sekadar menekan tombol putar? Di luar hal-hal mendasar, YouTube menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman menonton Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan sepuluh tips dan trik YouTube yang mudah namun penting yang cenderung luput dari perhatian. Mulai dari navigasi video yang lebih mudah hingga menemukan fungsi tersembunyi, saran-saran ini dapat membantu Anda menggunakan YouTube dengan lebih efektif dan meningkatkan pengalaman menonton video secara keseluruhan.

DAFTAR ISI

1. Mengecualikan Kata Kunci dalam Pencarian

01 remove from results

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menyempurnakan pencarian Anda di YouTube untuk menyertakan atau mengecualikan kata kunci tertentu? Katakanlah Anda sedang mencari tutorial tentang 'mendaftarkan domain'. Jika Anda mencari dengan cara biasa, kemungkinan besar Anda akan melihat banyak video tentang cara mendaftarkan domain di GoDaddy.

Namun, bagaimana jika Anda mencari alternatif lain dan ingin menghindari tutorial yang berhubungan dengan GoDaddy? Tenang saja! Anda bisa mengubah pencarian Anda untuk mengecualikan kata kunci tertentu. Cukup tambahkan tanda minus sebelum kata kunci yang ingin Anda kecualikan.

Misalnya, pencarian Daftarkan domain -GoDaddy akan menyaring konten yang terkait dengan GoDaddy, sehingga menyederhanakan hasil pencarian agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Berbagi Video dari Waktu Tertentu

Mendemonstrasikan cara membagikan video YouTube mulai dari stempel waktu tertentu

Pernahkah Anda ingin membagikan bagian terbaik dari video YouTube? Anda dapat dengan mudah mengarahkan seseorang untuk mulai menonton video dari momen tertentu.

Cukup jeda video pada titik awal yang Anda inginkan dan klik kanan pada layar video. Anda akan melihat opsi untuk Menyalin URL video pada saat ini. Membagikan tautan ini akan membawa pemirsa langsung ke momen yang dipilih, melewatkan semua yang sebelumnya.

3. Mengulang Video Secara Otomatis

Ilustrasi pengaturan video YouTube secara berulang

Pernahkah Anda merasa ingin memutar ulang lagu atau video di YouTube berulang kali? Daripada menekan tombol putar ulang setiap kali, YouTube memiliki fitur bagus yang memungkinkan Anda memutar ulang video secara otomatis, sempurna untuk saat-saat ketika Anda tidak bisa mendapatkan cukup banyak hal yang bagus.

Untuk mengatur video pada pemutaran ulang otomatis, cukup klik kanan pada video yang Anda tonton dan pilih Loop dari menu. Voila! Video sekarang akan diputar dalam satu putaran terus menerus sampai Anda memutuskan untuk menghentikannya dengan membatalkan pilihan Loop dengan cara yang sama.

4. Menetapkan Kualitas HD sebagai Default

Demonstrasi mengaktifkan pemutaran otomatis HD di YouTube

Pengaturan default YouTube menyesuaikan kualitas video berdasarkan kecepatan dan keandalan koneksi internet Anda. Namun, jika Anda yakin dengan performa internet Anda dan lebih suka menonton video dengan kualitas terbaik yang tersedia, Anda dapat menjadikan HD sebagai pengaturan default.

Untuk mencapai ini, unduh ekstensi Magic Actions for YouTube, yang tersedia untuk Google Chrome dan Firefox. Setelah terinstal, aktifkan fitur Auto HD dan pilih resolusi yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyesuaikan volume video dengan menggulir roda mouse Anda.

5. Memperbaiki Pencarian Video

Perbandingan menunjukkan hasil pencarian dengan dan tanpa menggunakan 'allintitle:' untuk pencarian YouTube yang lebih tepat

Mencari video tertentu di antara jutaan video di YouTube bisa terasa seperti petualangan yang menantang. Tapi bagaimana jika Anda bisa membuat pencarian lebih efektif dan spesifik?

Untuk hasil yang lebih relevan, awali pencarian Anda dengan allintitle:. Perintah ini memfokuskan pada video yang judulnya langsung mengandung kata kunci yang Anda tentukan, secara signifikan mempersempit pencarian Anda ke hasil yang lebih relevan.

Dengan menggunakan trik ini, Anda lebih mungkin menemukan apa yang Anda cari tanpa harus menyaring halaman demi halaman konten yang tidak relevan.

6. Melihat Kecepatan Pemutaran Video

'Stats for nerds' YouTube menampilkan detail pemutaran

Bertanya-tanya apakah buffering disebabkan oleh video itu sendiri atau koneksi internet Anda? YouTube menawarkan fitur yang rapi untuk mengetahui hal ini.

Cukup klik kanan pada video yang Anda tonton dan pilih "Stats for nerds" dari menu. Sebuah kotak kecil akan muncul di layar Anda, menampilkan banyak informasi termasuk kecepatan internet Anda, aktivitas jaringan, dan seberapa baik video tersebut buffering.

Fitur ini tidak hanya berhenti pada kecepatan koneksi Anda; ia juga menyediakan statistik detail tentang video seperti Video ID, frame rate, resolusi optimal, dan codec, di antara lainnya.

7. Membuat dan Mengelola Klip

Anda dapat dengan mudah membuat klip dari video atau live stream YouTube mana pun dan membagikannya di platform sosial atau langsung melalui email atau teks. Klip ini bersifat publik, artinya siapa pun yang memiliki tautan dapat melihatnya dan mungkin juga video aslinya. Temukan klip yang Anda buat dan yang dibuat dari video Anda di halaman perpustakaan Klip Anda.

Untuk membuat dan membagikan klip, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke YouTube.
  2. Navigasikan ke video yang ingin Anda buat klipnya.
  3. Pilih Menu > Klip.
  4. Beri judul klip Anda (hingga 140 karakter).
  5. Pilih bagian video yang ingin Anda klip. Anda dapat menyesuaikan panjang klip antara 5 detik (minimal) dan 60 detik (maksimal) dengan menggeser penggeser.
  6. Klik BAGIKAN KLIP untuk menyelesaikan.

8. Mengantrekan Video

Pernahkah Anda menonton video di YouTube dan berpikir tentang apa yang ingin Anda tonton selanjutnya? Ada cara mudah untuk mengantri video-video berikutnya secara otomatis.

Cukup klik kanan pada video (atau video-video) yang ingin Anda tonton selanjutnya dan pilih “Add to queue.” Tindakan ini akan membuat daftar Queue. Setelah video yang Anda tonton saat ini berakhir, YouTube akan secara otomatis memutar video-video yang telah Anda tambahkan ke dalam antrean.

menambahkan video ke antrean

Selain itu, Anda dapat mengubah urutan video yang ada dalam antrean dengan menyeretnya ke atas atau ke bawah di jendela Queue.

mengatur ulang daftar antrean

9. Menghapus Riwayat Tontonan

riwayat tontonan YouTube

Tahukah Anda bahwa YouTube melacak setiap video yang Anda tonton? Anda dapat meninjau semua yang telah Anda tonton sebelumnya di bawah menu You > History.

Jika Anda mencoba menemukan video yang pernah Anda tonton sebelumnya untuk menontonnya kembali, mencari di riwayat tontonan Anda mungkin bisa membantu. Dan jika privasi menjadi perhatian, Anda memiliki beberapa opsi: “Pause watch history” menghentikan YouTube dari mencatat aktivitas Anda, atau “Clear all watch history” membersihkan semua jejak riwayat tontonan Anda.

10. Menggunakan Tombol Pintasan

Terakhir namun tidak kalah penting, mengenal tombol pintasan YouTube bisa secara dramatis meningkatkan interaksi Anda dengan video.

Misalnya, Anda bisa menekan tombol spasi untuk memutar atau menjeda video, tombol M untuk membisukan suara, dan tombol panah atas dan bawah untuk mengatur volume. Pintasan-pintasan ini hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan! Untuk panduan lengkap tentang semua pintasan keyboard YouTube yang tersedia, lihat postingan kami tentang pintasan keyboard YouTube.

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Sumber: Kelvon Yeezy (2 April 2024)