Skip to main content
15 October, 2023
# Topics

10 Software Alternatif Pilihan Pencarian File Microsoft Windows Search

15 October, 2023

Fitur Pencarian Windows adalah alat praktis untuk menemukan dengan cepat apa yang Anda cari di sistem Anda. Namun, ia mempunyai kelemahan; misalnya, ia tidak mencari konten file dan bisa sangat lambat.

Jika fitur pencarian bawaan tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat menyesuaikan Microsoft Windows Anda dengan menginstal alat pencarian Windows pihak ketiga yang sangat baik.

DAFTAR ISI

10 Software Alternatif Pilihan Windows Search

Di bawah ini, kami telah mencantumkan 10 alternatif terbaik untuk fitur Pencarian Windows.

WinFindr

WinFindr adalah alat gratis dan mudah digunakan untuk Windows yang memungkinkan Anda mencari file, folder, dan data registri. Anda dapat menggunakan berbagai kata kunci pencarian secara bersamaan, termasuk wildcard dan pola pencarian lanjutan.

Alat ini bahkan memungkinkan Anda menggunakan istilah "negatif" untuk mengecualikan hasil tertentu dari penelusuran Anda. Setelah Anda menemukan apa yang Anda cari, Anda dapat dengan mudah menyimpan hasilnya dalam format teks, CSV, atau HTML.

Perangkat lunak ini cepat dan ringan, memastikannya tidak memperlambat komputer Anda. Ini tersedia dalam dua format yang mudah digunakan: versi portabel berukuran hanya 2MB dan pemahaman yang beroperasi dalam Command Prompt Windows.

Fitur Penting:

  1. Mengizinkan pencarian simultan untuk beberapa jenis file
  2. Mendukung berbagai istilah pencarian dan wildcard
  3. Cepat, ringan, dan portabel
  4. Menawarkan mode gelap Windows dan opsi penyesuaian
  5. Sepenuhnya gratis untuk digunakan

Everything

Menjadi salah satu favorit penulis, Everything adalah alat pencarian yang sangat ringan, cepat, dan mudah digunakan untuk Windows. Meskipun mungkin tidak memiliki banyak fitur, ia dapat menemukan file dan folder dengan cepat.

Alat ini memungkinkan Anda mencari file dan folder hanya berdasarkan namanya. Batasan ini membuatnya sangat cepat, karena dapat mengindeks data PC Anda hanya dalam beberapa detik – sekitar 8-10 detik, menurut pengalaman penulis.

Hasilnya diperbarui secara real-time saat Anda mulai mengetik, tanpa penundaan dalam tampilannya.

Software ini menawarkan fitur nyaman lainnya, seperti kemampuan untuk mengurutkan data berdasarkan berbagai kriteria, mencari jenis file tertentu, membuka file langsung dari antarmukanya, dan menandai file atau folder untuk akses cepat nanti.

Fitur Penting:

  1. Mudah digunakan
  2. Hasil yang cepat
  3. Menampilkan indeks lengkap di satu lokasi

Listary

Listary pada dasarnya adalah asisten penjelajah file yang berfokus pada peningkatan produktivitas Anda. Saat Anda berada di dalam Windows File Explorer, mulailah mengetik apa yang Anda cari; hasilnya akan muncul secara real time.

Anda juga dapat menekan tombol Ctrl dua kali untuk membuka bilah pencarian dari mana saja dan memulai pencarian Anda.

Anda dapat membuat kata kunci untuk mencari langsung di situs online, seperti menggunakan "fb" untuk mencari langsung di Facebook.

Fitur lainnya termasuk pintasan keyboard, menambahkan filter, membuat perintah yang dapat dieksekusi dan menetapkan pintasan ke perintah tersebut, mengakses file terbaru, dan melihat riwayat file lengkap.

Selain itu, ia menawarkan berbagai tema untuk menyesuaikan antarmukanya. Versi gratis Listary hanya tersedia untuk penggunaan pribadi.

Sebaiknya tingkatkan ke versi pro untuk digunakan dalam lingkungan bisnis atau mendapatkan kontrol lebih besar.

Selain itu, Listary dapat mencantumkan pengaturan dan program Windows di hasil pencarian, sebuah fitur yang belum penulis temukan di alat lain dalam daftar ini.

Fitur Penting:

  1. Mengetik langsung di File Explorer.
  2. Pengindeksan dan hasil yang cepat.
  3. Kemampuan untuk mencari di internet.
  4. Mengindeks pengaturan Windows dan program asli.

UltraSearch

UltraSearch memindai MFT (Master File Table) partisi drive Anda untuk mencari data alih-alih mengindeks Segalanya di PC Anda. Hal ini memungkinkan Anda segera memulai pencarian tanpa perlu mengindeks data terlebih dahulu.

Ini mungkin tidak dapat melacak perubahan file secara real-time, namun Anda selalu dapat memindai ulang MFT untuk memperbarui data secara manual.

Selain pencarian berbasis MFT, Anda dapat menggunakan filter, membuat pola pencarian, menggunakan tipe data untuk mencari file, dan mengurutkan hasil menggunakan berbagai faktor.

UltraSearch juga memiliki fitur "Pencarian konten" menarik yang memungkinkan Anda mencari konten di dalam file. Fitur ini agak lambat dalam bekerja tetapi sangat berharga.

Fitur penting:

  1. Ini memindai MFT dan tidak memerlukan pengindeksan.
  2. Cari konten file.

SearchMyFiles oleh Nirsoft

Nirsoft dikenal dengan alat yang sangat dapat disesuaikan, dan SearchMyFiles adalah salah satu alat pencariannya yang paling dapat disesuaikan, menawarkan kontrol penuh atas pencarian Anda.

Penulis tidak mengatakan ini adalah alternatif terbaik untuk pencarian bawaan Windows, terutama karena diperlukan beberapa detik untuk menyiapkan pencarian Anda, dan hasilnya juga memerlukan beberapa saat untuk muncul.

Namun, alat penyesuaiannya membuatnya sempurna untuk menemukan file yang sulit ditemukan.

Dengan SearchMyFiles Anda dapat:

  1. Melakukan pencarian file menggunakan wildcard,
  2. folder yang dapat dikecualikan,
  3. pengecualian ekstensi file,
  4. ukuran file yang dapat disesuaikan,
  5. kedalaman subfolder, atribut file,
  6. dan stempel waktu saat file dibuat, dimodifikasi,
  7. atau diakses untuk menemukan file persis yang Anda inginkan.

Software ini juga memiliki fitur pencarian konten yang andal yang memungkinkan Anda mencari konten file. Anda dapat menentukan jenis konten yang mungkin terdapat dalam file menggunakan opsi teks, biner, atau wildcard.

Fitur Penting:

  1. Filter pencarian yang sangat dapat disesuaikan.
  2. Cari teks dan konten biner di dalam file.

MasterSeeker

MasterSeeker adalah alat pencarian Windows lainnya yang mudah digunakan dan juga sangat cepat. Menurut pengalaman penulis, mengindeks semua data sangatlah cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk mengindeks semua drive.

Di bagian atas antarmuka, Anda memiliki tiga bidang pencarian: Nama file, Direktori, dan Ukuran File. Bidang Nama File memungkinkan Anda mencari file atau folder berdasarkan namanya.

Bidang Direktori memungkinkan Anda memilih direktori yang ingin Anda jelajahi, dan bidang Ukuran File memungkinkan Anda mencari file berdasarkan ukurannya.

Penulis sangat menghargai fitur “pencarian berdasarkan ukuran file”, yang memungkinkan Anda memasukkan ukuran file dengan cepat untuk mencari file yang cocok.

Anda dapat memfilter hasil menggunakan simbol seperti >, <, =, atau ~.

Fitur Penting:

  1. Pengindeksan cepat.
  2. Pencarian berbasis ukuran file yang andal.

Quick Search

Quick Search menampilkan antarmuka ramping yang sangat intuitif untuk digunakan. Ini dengan cepat mengindeks semua data dan menampilkannya dalam kolom seperti dokumen, foto, video, pintasan, dan musik.

Selain itu, ia menawarkan bagian pratinjau nyaman yang menampilkan pratinjau setiap file yang Anda pilih.

Saat Anda mencari konten, aplikasi menyoroti kata kunci pencarian Anda di hasil dan menampilkan pencarian terkait yang direkomendasikan di Internet (didukung oleh Bing).

Penulis harus mengatakan, Pencarian Cepat menawarkan antarmuka terbaik di antara semua aplikasi dalam daftar ini; itu ramping, interaktif, dan berfungsi.

Fitur Penting:

  1. Mengatur data ke dalam kategori secara default.
  2. Memungkinkan pratinjau data.
  3. Menyoroti kata kunci dalam hasil pencarian.
  4. Menampilkan pencarian terkait dari Bing.

DocFetcher

Alternatif pencarian Windows sumber terbuka yang hanya berfokus pada pengindeksan dan pencarian konten dalam file.

Untuk privasi, ini memungkinkan Anda menentukan bagian hard drive mana yang harus diindeks, tidak seperti alat lain yang mengindeks seluruh hard drive.

Setelah file diindeks, Anda dapat dengan cepat mencari konten apa pun di dalamnya. Sayangnya, DocFetcher tidak memberikan hasil pencarian real-time, jadi Anda harus mengklik tombol “Search” setiap kali.

Fitur Penting:

  1. Alat pencarian komprehensif untuk menemukan konten dalam file.
  2. Hanya mengindeks direktori yang ditentukan.

Searchmonkey

Alat pencarian sumber terbuka lainnya, mirip dengan DocFetcher, Searchmonkey memungkinkan Anda memilih direktori tertentu untuk diindeks daripada mengindeks semuanya. Antarmukanya cepat dan ramah pengguna, bisa dibilang melebihi DocFetcher.

Anda dapat mencari nama file yang diindeks dan konten di dalam file tersebut. Namun, kemampuan pencarian kontennya lebih dapat diandalkan dibandingkan fitur pencarian file.

Tentukan direktori yang ingin Anda cari dan konten yang Anda inginkan. Searchmonkey akan dengan cepat menemukan semua file yang relevan dan menampilkan pratinjau kontennya langsung di antarmukanya.

Kata kunci yang Anda cari akan disorot dengan warna merah.

Fitur Penting:

  1. Hanya mengindeks direktori yang ditentukan.
  2. Mudah digunakan dan cepat.
  3. Mencari konten di dalam file.
  4. Pratinjau konten dengan kata kunci yang disorot.

FileSleek

Meskipun FileSleek adalah alat berbayar, ia menawarkan versi gratis tangguh yang cocok untuk penggunaan pribadi. FileSleek dapat menemukan file dan folder serta konten di dalam file tersebut.

Anda dapat mencari beberapa direktori secara bersamaan, memfilter data berdasarkan pola, nama, atau jenis, melihat pratinjau hasil, mencari kata kunci tertentu, memfilter berdasarkan waktu, memfilter berdasarkan ukuran, dan banyak lagi.

Untuk menemukan konten dalam file, Anda dapat menggunakan ekspresi reguler atau lanjutan dengan operator seperti +, -, OR, OR, dll.

Versi berbayar menawarkan fitur tambahan, seperti membuka hasil di banyak tab, mengekspor data, dan menyinkronkan data Anda di seluruh perangkat .

Fitur Penting:

  1. Cari beberapa direktori secara bersamaan.
  2. Filter canggih untuk pencarian akurat.
  3. Ekspresi lanjutan untuk pencarian konten.

 

Demikianlah 10 Software Alternatif Pilihan Pencarian File Microsoft Windows Search. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Selamat beraktivitas kembali.

 

Sumber: Hongkiat

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.