Skip to main content

10+ Ide Prompt ChatGPT Pilihan Mempermudah Pemasaran Digital (1/2)

19 December, 2023
 

ChatGPT adalah model bahasa kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan mirip manusia dan dapat menghasilkan tanggapan terhadap berbagai topik dan pertanyaan. ChatGPT telah mengubah dunia maya sebagaimana kita kenal.

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, sistem dengan tingkat kecerdasan seperti itu telah menunjukkan kegunaannya dalam berbagai industri. Bidang seperti hukum, psikoterapi, pemrograman, dan lainnya sudah terkena dampaknya, dan kita pasti akan melihat dampak yang lebih besar dalam beberapa waktu ke depan.

Namun, bagaimana dengan pemasaran? Nah, kata tertulis adalah komponen penting untuk begitu banyak aspek pemasaran, mulai dari blogging, penulisan artikel, SEO, periklanan online, dan banyak lagi. Dan tidak hanya ChatGPT dapat menghasilkan teks cerdas dalam sekejap, tetapi juga dapat menghasilkan ide cerdas. Dan ide adalah nyawanya pemasaran.

Tetapi inilah masalahnya: Anda tidak dapat menghasilkan ide atau teks yang akan membantu Anda memasarkan bisnis Anda tanpa prompt. Itulah persisnya yang akan kita bahas. Hari ini, saya akan menunjukkan 10+ ide prompt ChatGPT pilihan yang dapat Anda gunakan dalam berbagai disiplin pemasaran.

DAFTAR ISI (Bagian 1/2)

Apa Itu Prompt Chatgpt

Prompt ChatGPT adalah teks apa pun yang Anda berikan kepada ChatGPT untuk mendapatkan tanggapan yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari ChatGPT, Anda perlu memperlakukannya bagaikan asisten manusia. Atau lebih baik lagi, mitra bisnis Anda. Aplikasi ini tidak akan memberi Anda hasil brilian tanpa masukan yang sesuai. Itu berarti memberikannya jenis prompt yang benar-benar dapat dijalankan.

Cara Menulis Prompt ChatGpt Yang Efektif

Sebelum kita masuk ke beberapa prompt ChatGPT tertentu yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran Anda, berikut beberapa tips dasar untuk membantu Anda merancang pertanyaan atau prompt yang paling efektif:

Jadilah spesifik

ChatGPT mampu mendekripsi bahasa yang cukup nuansa, yang berarti Anda dapat menjadi sangat spesifik tentang apa yang Anda cari dalam prompt Anda.

Sediakan semua informasi relevan.

Pastikan memberikan ChatGPT semua informasi yang diperlukan untuk mendapatkan tanggapan yang paling relevan dan berguna. Misalnya, Anda dapat menambahkan tautan ke situs web atau konten Anda, memberikan nada tertentu yang Anda harapkan, dan lainnya. Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada ChatGPT, semakin baik hasil yang kemungkinan Anda dapatkan.

Lakukan tindak lanjut.

ChatGPT berbeda dari beberapa model AI lainnya karena dapat menjawab pertanyaan tindak lanjut dan melanjutkan percakapan. Jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda cari dalam tanggapan pertama dari ChatGPT, tindak lanjutlah dengan pertanyaan khusus atau prompt yang lebih spesifik untuk merinci dan mendapatkan jawaban yang lebih baik.

 

Seperti yang saya katakan, Anda dapat memperlakukan ChatGPT seolah-olah itu adalah asisten, yang berarti melanjutkan percakapan dan pada dasarnya membimbingnya melalui apa yang Anda cari.

Prompt ChatGpt Untuk Media Sosial

Gunakan prompt ini untuk mendapatkan ide, posting, dan tips media sosial dari ChatGPT.

1. Kampanye Co-Branding Di Facebook Atau Instagram

Ingin menjalankan kampanye co-branding di Instagram untuk mempromosikan produk baru Anda? Cobalah mengubah ChatGPT menjadi manajer pemasaran pribadi Anda dengan prompt ini:

"Sebagai manajer pemasaran di [perusahaan], Anda telah ditugaskan untuk menjalankan kampanye co-branding di Instagram untuk [produk]. Mitra Anda adalah [nama influencer], yang memiliki pengikut besar dalam demografi target Anda. Bagaimana Anda merencanakan dan melaksanakan kampanye ini untuk memaksimalkan jangkauan, interaksi, dan penjualan? Apa beberapa tantangan potensial yang mungkin Anda hadapi dan bagaimana Anda akan mengatasinya? Apa metrik yang akan Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye?"

Ketika saya menjalankan prompt ini, ChatGPT menghasilkan banyak ide konten yang berguna, metrik keberhasilan potensial, ide anggaran, dan tips untuk menemukan influencer yang tepat.

2. Meningkatkan Jangkauan Di Media Sosial

Ini adalah pertanyaan yang pernah diajukan setiap pemasar media sosial atau pemilik bisnis suatu saat. Bagaimana cara meningkatkan jangkauan? Coba prompt ChatGPT berikut:

"Bagaimana saya, sebagai pemilik bisnis atau pemasar media sosial, dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan?"

Berikut yang ditampilkan oleh ChatGPT:

Perinci setiap poin ini dengan konteks khusus seputar merek dan produk Anda, dan ChatGPT pasti memberikan sejumlah langkah yang dapat Anda ambil sekarang juga untuk meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek.

3. Mengembangkan Jadwal Posting Atau Kalender Konten

Meminta ChatGPT untuk memberi Anda jadwal posting yang disesuaikan tergantung pada merek dan platform Anda adalah penggunaan kasus yang sangat menarik. Coba prompt seperti ini:

"Saya mengelola akun Instagram untuk [nama bisnis]. Kapan waktu terbaik bagi saya untuk memposting demi memaksimalkan interaksi? Berapa kali saya sebaiknya memposting setiap minggu?"

Ketika saya menjalankan prompt ini, ChatGPT memberikan beberapa hasil yang berguna tentang praktik terbaik dalam memposting, dan cara menggunakan analitika TikTok untuk data yang dapat digunakan dalam menentukan kapan waktu terbaik untuk konten organik.

4. Menanggapi Komentar Dan Liputan Negatif

Tidak ada yang suka melihat sentimen negatif tentang merek atau produk mereka di Twitter atau situs media sosial lainnya. Dan sulit untuk mengembangkan respons yang terukur dan berpikir matang ketika Anda benar-benar percaya pada dampak positif merek Anda atau tidak setuju dengan orang yang meninggalkan komentar negatif.

JJika ini adalah situasi Anda, cobalah prompt ini:

"Sebagai manajer pemasaran media sosial, bagaimana cara saya merespons orang yang menulis hal-hal negatif tentang produk saya di Twitter?"

Berikut yang dikirimkan oleh ChatGPT:

prompt chatgpt untuk mendapatkan tanggapan terhadap komentar negatif di media sosial

Bicaralah tentang respons yang terukur! Itu beberapa positivitas dan produktivitas yang dapat kita dukung bersama. Dapatkan lebih banyak tips untuk merespons ulasan atau komentar negatif di sini.

5. Memberikan Giveaway

Giveaway merupakan strategi luar biasa untuk menghasilkan potensi pelanggan bagi banyak bisnis. Jika Anda ingin menjalankannya, coba bertanya kepada ChatGPT tentang ide menjalankan giveaway di platform tertentu.

"Saya ingin menjalankan giveaway di Facebook untuk menghasilkan potensi pelanggan untuk bisnis e-commerce saya. Langkah apa yang dapat saya ambil untuk mewujudkannya?"

Ketika saya memberikan prompt ini kepada ChatGPT, itu memberikan saya berbagai informasi yang berguna tentang membuat halaman arahan, menentukan aturan, menetapkan tujuan, dan lainnya.

Seperti yang disebutkan di atas, jika saya menekan ChatGPT untuk masukan yang lebih dalam tentang salah satu strategi khusus ini, itu akan memberikan jawaban sesuai.

6. Menulis Bio Media Sosial

Bio media sosial Anda, baik di Facebook, Instagram, LinkedIn, atau situs lainnya, memberikan pengguna gambaran singkat tentang siapa bisnis Anda. Menciptakan bio media sosial yang sempurna bisa sulit. Di sinilah ChatGPT dapat membantu.

Coba gunakan prompt ChatGPT ini:

"Tuliskan bio Facebook untuk bisnis perawatan halaman rumput saya di Deerfield yang menyediakan pemotongan rumput, pembongkaran pohon, dan desain lanskap."

Anda kemudian dapat meminta ChatGPT untuk menulis ulangnya untuk situs media sosial lainnya agar sesuai dengan jumlah karakter dan praktik terbaik.

Prompt Chatgpt Untuk Pemasaran Melalui Email

Pemasaran melalui email adalah alat yang powerful yang dapat membantu berbagai bisnis terhubung dengan prospek, tetap terlibat, merawat melalui saluran, dan meningkatkan penjualan.

Tetapi bayangkan segala sesuatu yang orang dapatkan di kotak masuk email mereka setiap hari. Jauh dari mudah untuk mencolok, tetapi ChatGPT dapat membantu.

Berikut beberapa prompt cepat dan mudah untuk membawa pemasaran melalui email Anda ke tingkat berikutnya.

7. Personalisasi baris subjek

Baris subjek adalah hal pertama yang dilihat pelanggan saat mereka menerima email Anda. Jika tidak menarik dan personal, tingkat pembukaan Anda akan buruk. Coba berikan prompt ini kepada ChatGPT:

"Buat baris subjek yang menarik perhatian untuk [produk] saya yang secara khusus menyebutkan nama dan minat pelanggan."

Berikut hasil yang kami dapatkan:

chatgpt prompt personalisasi baris subjek

8. Menonjolkan Proposisi Penjualan Unik Anda

Proposisi penjualan unik (USP) Anda adalah apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda. Itu adalah alasan mengapa pelanggan Anda memilih berbisnis dengan Anda daripada orang lain.

Coba menggunakan ChatGPT untuk memberikan Anda USP yang meyakinkan yang dapat Anda masukkan ke dalam baris subjek email yang mencolok.

"Dalam kurang dari 75 karakter, hasilkan headline email yang menonjolkan proposisi penjualan unik merek saya, Lodaya Coffee."

Berikut yang saya dapatkan:

chatgpt prompt untuk proposisi penjualan unik

Itu adalah baris subjek email yang ringkas, jelas dikomunikasikan, dan sangat menarik perhatian yang, jika Anda seorang penjual kopi, dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan sekarang juga!

9. Meminta Umpan Balik Dan/Atau Ulasan

Minta umpan balik dari pelanggan yang sudah ada tidak hanya dapat membantu Anda memahami cara melayani pelanggan Anda dengan lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas kampanye Anda. Dan jika Anda melangkah lebih jauh dan meminta ulasan?

Anda dapat memberi diri Anda kredibilitas berharga di platform seperti G2 dan Google Business Profile—tempat di mana prospek mencari bukti sosial sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Coba prompt ChatGPT ini saat meminta umpan balik:

"Rancang email yang meyakinkan untuk meminta umpan balik dari pelanggan kami tentang produk yang mereka beli."

Berikut yang diberikan ChatGPT sebagai respons ketika saya memasukkan prompt tersebut:

chatgpt prompt permintaan umpan balik

Luar biasa. Ingin membawa prompt ini ke tingkat berikutnya? Formalisasikan umpan balik Anda menjadi NPS. Dan ketika Anda kemudian mengirimkan kampanye email meminta ulasan produk, Anda dapat menggunakan pelanggan dengan NPS tertinggi untuk mendapatkan ulasan terbaik yang mungkin.

10. Menawarkan Promosi Eksklusif

Menawarkan promosi eksklusif kepada prospek dan pelanggan adalah cara yang bagus untuk memberi insentif pada mereka untuk melakukan pembelian. Coba prompt ini untuk membantu menghasilkan teks email promosi:

"Beri saya ide untuk promosi email di mana kami menawarkan diskon X% untuk produk kami."

Berikut yang ChatGPT berikan sebagai respons:

chatgpt prompt untuk promosi email

Apa yang bisa saya katakan, itu adalah teks email yang sangat bagus! Kode diskon mungkin perlu beberapa penyempurnaan, tetapi sudah lebih dari cukup di sini untuk memulai perenungan.

11. Meningkatkan Kampanye Email Dengan Topik Tematik

Pemasaran melalui email musiman dapat membantu Anda menjaga konten dan promosi reguler tetap segar. Tetapi membuat konten yang menarik untuk setiap musim bisa menjadi tantangan.

Gunakan prompt ChatGPT ini untuk membuat kampanye email Anda sesuai dengan musim:

"Buat baris subjek email ini seperti suasana Idul Adha: Diskon 30% berlaku hingga 13 Dzulhijjah"

Saya mencoba prompt ini, dan respons ChatGPT adalah "Meriahkan Idul Adha dengan Diskon 30% - Penawaran Spesial hingga 13 Dzulhijjah!" Lumayan!

 

bersambung ke bagian dua ...

 

Sumber: 20 Completely Awesome ChatGPT Prompts to Make Marketing Easier oleh Gordon Donnely, 18 December 2023.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.