Skip to main content
05 April, 2023

Apa Itu Wordpress Dan Mengapa Menjadi CMS Situs Web Terpopuler Dunia?

05 April, 2023

Pada 27 Mei 2023, WordPress akan merayakan hari jadinya yang ke-20. DJ-Extensions bergabung dalam merayakan bulan WordPress dan berbagi pengetahuan. Berikut rangkaian pertama tentang Wordpress dan mengapa ia menjadi CMS terpopuler dunia dalam membuat situs web.

DAFTAR ISI

Apa itu WordPress?

"Kebebasan untuk membangun. Kebebasan untuk berubah. Kebebasan untuk berbagi."

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten (CMS) sumber terbuka paling populer. Sejak dibuat pada tahun 2003, ia telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dan sekarang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Menurut pembuat CMS populer: WordPress memberdayakan lebih dari 43% web, dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.

Membuat situs web menggunakan WordPress relatif mudah, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman pemrograman. Sistem manajemen konten sering digambarkan sebagai 'fleksibel' dan mudah digunakan.

Muncul dengan banyak fitur berguna yang tersedia dalam opsi standar. Jika Anda ingin mengembangkan situs web Anda dengan fitur lebih lanjut maka Anda dapat memanfaatkan ribuan plugin yang ditawarkan pengembang CMS.

Oleh karena itu, fungsionalitas sebenarnya dari WordPress hampir tidak terbatas. Keuntungan utamanya adalah WordPress (seperti Joomla) adalah sistem open source.

Karena itu Anda memiliki kemungkinan tak terbatas untuk menggunakan kode kode CMS ini. Anda dapat memperluas dan memodifikasinya dengan cara apa pun yang Anda suka.

Gunakan WordPress untuk proyek komersial tanpa biaya lisensi.

Keunggulan WordPress yang tidak diragukan lagi adalah komunitasnya, yang terdiri dari pengembang, perancang, dan peminat sistem ini.

Berkat fakta bahwa, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, WordPress adalah sumber terbuka, sehingga siapa pun dapat mengambil bagian dalam pengembangannya, melaporkan bug, mengusulkan fitur baru, atau membuat plugin dan tema mereka sendiri.

Fitur utama WordPress

  1. Kesederhanaan - Anda dapat dengan mudah membuat situs web Anda sendiri
  2. Fleksibilitas - Anda dapat membuat semua jenis situs web: blog, situs web, situs web bisnis, atau toko online
  3. Alat penerbitan - WordPress memudahkan pengelolaan situs web konten situs web Anda. Anda dapat membuat versi draf artikel Anda, menjadwalkan publikasi atau menerbitkan kontennya sebagai pribadi, yang hanya akan tersedia setelah masuk ke situs Anda
  4. Manajemen pengguna - Anda dapat membuat beberapa tingkat akses ke situs - administrator, editor, kontributor. Setiap orang dapat memiliki tingkat akses yang berbeda ke situs web Anda
  5. Manajemen file media - Anda dapat dengan mudah menambahkan gambar dan file, dengan menyeret dan melepaskannya ke dalam pengunggah
  6. Optimal Untuk Mesin Pencari - WordPress dioptimalkan untuk SEO
  7. Gunakan WordPress dalam bahasa Anda - tersedia lebih dari 70 bahasa

Ringkasan Apa Itu Wordpress

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten paling populer di dunia. Berkat fleksibilitas dan kesederhanaannya, ini adalah aplikasi yang baik bagi pemula untuk membuat situs web tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman apa pun.

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pengguna tingkat lanjut, pemrogram, dan pengembang untuk membuat proyek yang lebih kompleks.

Dan karena aplikasi ini adalah sistem sumber terbuka, Anda dapat menggunakan kodenya tanpa batasan apa pun.

Semoga bermanfaat.

 

Diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "What is WordPress? Learn more about creating websites with the world's most popular CMS", 4 April 2023.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS