Skip to main content
18 November 2023
# Topik
Ayo Terhubung

Menggunakan Big Data Untuk Pengambilan Keputusan yang Lebih Terarah

18 November 2023
 

DAFTAR ISI

Wacana Big Data

Bisnis abad ke-21 berkembang pesat berkat teknologi dan, lebih khusus lagi, berkat data. Lebih tepatnya, mereka membuat keputusan mereka berdasarkan big data.

Mengapa mereka sangat mengandalkan data ini? Dan apakah data yang mereka hasilkan benar-benar berharga bagi mereka? Mari kita jelajahi.

Teknologi berada di jantung revolusi modern saat ini. Meskipun banyak diskusi tentang gangguan yang telah diperkenalkannya di berbagai industri, perannya dalam memperkuat bisnis, membuatnya lebih intuitif dan dapat diukur, tetap menjadi topik yang esensial.

Big data, hasil dari teknologi, memberikan bisnis alat-alat kelas atas untuk pengambilan keputusan. Ini berlaku baik itu eksekutif merumuskan strategi korporat atau karyawan garis depan yang memutuskan bagaimana bisnis berinteraksi dengan pelanggan, mitra, dan afiliasinya.

Menurut studi Data & Analitika Foundry 2022, 88% pengambil keputusan TI (ITDM) percaya bahwa data dan analisisnya dapat secara drastis mengubah cara perusahaan mereka beroperasi dalam 1-3 tahun mendatang.

Signifikansi data telah melonjak baru-baru ini. Bisnis sekarang bergantung pada teknologi seperti analisis prediktif, notifikasi real-time, dan otomatisasi proses untuk membuat pilihan berdasarkan data. Tetapi kapan, dan bagaimana, data menjadi begitu penting dan besar sehingga kita sekarang menyebutnya 'big data'?

Tidak dapat disangkal bahwa analisis big data telah mengubah cara bisnis beroperasi, membuat keputusan, dan merumuskan strategi. Berkat teknologi mutakhir dan jumlah data yang besar yang dihasilkan setiap hari, bisnis modern dapat mendapatkan wawasan tentang preferensi dan kebiasaan pelanggan mereka. Sebagai hasilnya, mereka dapat membuat keputusan yang terinformasi dengan baik untuk tetap bersaing.

Dalam artikel yang diterbitkan di Harvard Business Review (HBR), dampak besar big data terlihat. Artikel tersebut menyatakan bahwa big data memungkinkan manajer untuk mendapatkan wawasan lebih dalam ke dalam bisnis mereka, memungkinkan mereka untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan kinerja secara keseluruhan.

Fakta & Angka Industri Big Data

Dampak big data pada berbagai industri sangat besar. Dari perbankan hingga transportasi, manufaktur hingga ritel, fokusnya adalah memanfaatkan set data besar untuk membuat keputusan bisnis yang bijak.

Platform e-commerce modern, misalnya, beroperasi pada banyak titik data, mengumpulkan dan menggunakan data konsumen secara ekstensif untuk menyampaikan pesan yang dipersonalisasi, penawaran yang dibuat khusus, dan pengalaman pengguna yang lancar.

Dari aplikasi 'Heads Up' milik Huntington Bank, yang menggunakan analisis prediktif untuk memantau transaksi secara real-time dan mengidentifikasi kebiasaan konsumen, hingga perusahaan manufaktur yang menggunakan sensor data di kendaraan armada untuk menangkap detail seperti kecepatan perjalanan, durasi transit, dan waktu tidak aktif, wawasan yang didorong data telah memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat.

Sebuah makalah di ScienceDirect menyatakan bahwa kualitas pengambilan keputusan manufaktur secara langsung berkorelasi dengan keputusan yang didorong big data. Hubungan langsung antara data yang dihasilkan dan keputusan bisnis berikutnya mencakup pentingnya data dalam manufaktur.

Selanjutnya, analisis big data membuat kota menjadi lebih pintar dan lebih intuitif. Trend ini merata. Data telah menjadi pusat bagi pengambilan keputusan yang terinformasi di lingkungan yang kompetitif saat ini. Memang, tiga V dari big data - Volume, Velocity, dan Variety - menyoroti dampak luas dan beragam data di berbagai industri.

04 comparison of data chatacteristic

Melihat kembali satu dekade, data mulai digunakan secara luas di berbagai industri dalam hal volume, kecepatan, dan variasi, seperti yang digambarkan dalam gambar di atas. Maju cepat ke 2023, dan luar biasa, 300 juta terabyte data diproduksi setiap hari. Bagi pengambil keputusan yang cermat, gudang statistik yang besar ini adalah harta karun.

Akses & Sintesis Data Real-Time: Landasan Pengambilan Keputusan

03 Big Data Industry Facts Figures

Di era intensif teknologi saat ini, berkembang sebagai perusahaan adalah tugas yang sulit. Tantangan ini semakin intens ketika bisnis harus memiliki alat untuk mengakses data penting dan mensintesisnya secara efektif untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Ini menekankan pentingnya baik akses maupun sintesis dari volume data yang besar.

Bertentangan dengan apa yang mungkin dianggap seseorang, tidak setiap bisnis menemukan hal yang mudah untuk mengelola data real-time. Data ini, apakah kita melihatnya sebagai jantung, pikiran, atau jiwa bisnis kontemporer, telah menjadi sangat penting. Kemampuan untuk mensintesis informasi ini secara efisien sangat penting bagi perusahaan modern. Pertanyaannya adalah, bagaimana mereka seharusnya menavigasinya?

Bagi bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan real-time, penekanan harus diberikan pada memodernisasi infrastruktur data, memilih alat yang sesuai, dan menerapkan teknik manajemen dan perlindungan data yang kokoh, di antara strategi lainnya.

Menetapkan infrastruktur data yang solid sangat penting untuk pengambilan keputusan yang intuitif. Hal ini karena wawasan data real-time memerlukan infrastruktur yang kokoh. Ini memastikan bahwa data yang tepat mencapai pengguna dan sistem yang tepat pada waktu yang optimal, membantu pengambilan keputusan yang efektif berbasis data.

Selama periode volatilitas dan ketidakpastian pasar, data real-time menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis. Ini termasuk navigasi dalam periode yang menantang, penyederhanaan operasi, perencanaan dan eksekusi yang tepat, manajemen sumber daya yang efisien, dan mencapai keunggulan kompetitif, untuk menyebut beberapa.

Selanjutnya, dengan sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan mengambil keputusan berdasarkan data, bisnis saat ini dan para pengusaha modern dapat membuat pilihan yang lebih cerdas. Keputusan ini berakar tidak hanya dalam intuisi atau pengalaman, tetapi dalam peristiwa masa lalu yang nyata dan potensi kejadian masa depan.

Kesimpulan

05 big data visualization

Volume data berkembang secara eksponensial, dengan pengaruhnya menjadi semakin nyata. Saat kita menyaksikan pertumbuhan data dari terabyte dan petabyte menjadi eksabyte dan zettabyte, bisnis yang berpikir ke depan dibanjiri dengan informasi berharga, memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih halus.

Dengan kemajuan teknologi dan munculnya metode yang canggih untuk akuisisi dan analisis data, volume data diprediksi akan melonjak lebih jauh. Hal ini akan menyebabkan harapan pelanggan yang lebih tinggi untuk personalisasi dalam setiap interaksi, menjadikan pengambilan keputusan berbasis data bukan lagi 'bagus untuk dimiliki', melainkan 'mutlak diperlukan'.

Dengan integrasi teknologi yang mendalam ke inti bisnis modern, jelas bahwa keputusan harus berakar pada data. Jika bisnis dan pengusaha dapat menetapkan infrastruktur data yang kokoh dan memanfaatkan kekuatan big data yang didorong oleh teknologi untuk pengambilan keputusan yang berwawasan, potensi pertumbuhan mereka tidak terbatas.

Sumber: Hongkiat.Com.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru. Terima kasih.

 

 

Foto Rizal Consulting
Full-time Freelancer
🗓️ Sejak 2006 💻 Sabtu - Kamis ⏰ 08-17 WIB ☎️ 0813-8229-7207 📧