Skip to main content

5 Pilihan Layanan VPN Bisnis Terbaik Untuk Perusahaan Di Tahun 2024

12 March, 2024
 

Artikel ini menyoroti beberapa manfaat paling penting dari penggunaan VPN bisnis dan Anda bisa melihat layanan VPN bisnis terbaik yang tersedia saat ini dan mana saja yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Setelah pandemi, ada tren yang berkembang untuk bekerja jarak jauh dan lingkungan kerja virtual. Agar pekerja jarak jauh dan tim virtual Anda dapat terhubung ke jaringan perusahaan dengan aman, Anda memerlukan layanan VPN bisnis.

VPN Bisnis melindungi data perusahaan Anda dari ancaman keamanan, memungkinkan pekerja virtual terhubung dengan aman ke jaringan perusahaan Anda.

Tetapi bukan itu saja. Artikel ini menyoroti beberapa manfaat paling penting dari penggunaan VPN bisnis - dan jika Anda cukup yakin, Anda bisa melihat layanan VPN bisnis terbaik yang tersedia saat ini dan melihat mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

DAFTAR ISI

Bagaimana Perusahaan Dapat Memanfaatkan VPN Bisnis?

Entah Anda menjalankan perusahaan besar atau perusahaan kecil/menengah, jika Anda bekerja dengan tim virtual atau memiliki cabang di tempat lain, maka sangat penting untuk menggunakan VPN bisnis.

Mengapa Anda bertanya? Nah, berikut ini adalah daftar manfaat yang bisa diperoleh perusahaan Anda dengan menggunakan VPN bisnis:

  1. Konektivitas yang aman ke jaringan perusahaan dan sumber daya bersama.
  2. Perlindungan data bisnis dari ancaman keamanan seperti peretasan dan pengawasan.
  3. Keamanan yang ditingkatkan dengan biaya rendah, terutama untuk perusahaan rintisan dan bisnis kecil.
  4. Terhubung dengan aman dari mana saja - bahkan dari jaringan publik.
  5. Melewati pembatasan geografis (jika ada) untuk pekerja jarak jauh di negara/wilayah yang memblokir akses ke sumber daya perusahaan.
  6. Lebih mudah diatur dan dipelihara dibandingkan dengan solusi keamanan jaringan lainnya.

Layanan VPN Bisnis Terbaik di Industri

Jadi, Anda memutuskan untuk mendapatkan VPN bisnis karena persyaratan keamanan dan konektivitas perusahaan Anda dan Anda sedang mencari yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda.

Berikut ini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang beberapa layanan VPN bisnis terbaik beserta fitur-fitur spesifik dan pilihan harganya sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

NordLayer

 

NordLayer merupakan salah satu penyedia VPN bisnis terbaik di pasaran yang dirancang khusus untuk meningkatkan keamanan data bisnis untuk bisnis besar dan kecil. Dengan fitur keamanan data yang andal dan berlapis-lapis, tenaga kerja jarak jauh Anda bisa terhubung dengan aman ke infrastruktur jaringan Anda.

Jika kita berbicara tentang kemudahan penggunaan, NordLayer melampaui semua solusi lain dalam kategori ini. Sangat mudah untuk mengaturnya (tanpa memerlukan sumber daya tambahan), mengintegrasikannya dengan infrastruktur yang ada, dan menskalakannya sesuai dengan kebutuhan bisnis yang terus berfluktuasi. Dengan panel kontrol yang intuitif, Anda bisa memantau aktivitas pengguna, menerapkan kebijakan keamanan, dan mengelola lisensi.

Selain itu, untuk mengelola basis pengguna lebih dari 40.000 pengguna dari 5.500 perusahaan di seluruh dunia, NordLayer menawarkan dukungan pelanggan yang efisien dan andal dengan waktu respons yang sangat cepat serta bagian blog dan FAQ yang komprehensif di situs web.

Fitur NordLayer:

Didukung oleh sistem manajemen keamanan informasi bersertifikat dan enkripsi tingkat militer, NordLayer menawarkan beberapa fitur canggih termasuk:

  1. Keamanan jaringan berlapis - autentikasi 2 faktor, SSO, koneksi otomatis, blokir ancaman, DNS khusus, segmentasi jaringan, deteksi perangkat yang di-root, dan akses pintar, dan masih banyak lagi.
  2. Penyiapan tanpa perangkat keras sehingga Anda dapat dengan cepat mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur yang sudah ada dan mulai menggunakan jaringan yang aman dalam waktu singkat.
  3. Jaringan global yang andal dengan lebih dari 30 lokasi server yang ideal untuk melakukan pengujian kinerja produk di pasar mana pun di seluruh dunia.
  4. Keamanan kerja hybrid yang menyediakan akses aman ke jaringan perusahaan, mengelola verifikasi pengguna, dan perlindungan titik akhir untuk perangkat karyawan.
  5. Integrasi dengan banyak peralatan jaringan dan titik akhir termasuk Google Workspace, Azure, Okta, Amazon Web Services, dan OneLogin, dll.
  6. Panel kontrol terpusat untuk menerapkan kebijakan keamanan jaringan, memantau aktivitas pengguna, dan mengelola pengalihan lisensi, semuanya melalui antarmuka yang intuitif.
  7. Dukungan pelanggan 24/7 yang ditawarkan oleh spesialis jaringan dengan waktu respons kurang dari satu menit.

Harga

NordLayer menawarkan paket harga yang berbeda sesuai dengan kebutuhan klien mulai dari:

  • Dasar: USD 7/pengguna/bulan, dan
  • Lanjutan: USD 9/pengguna/bulan.

Anda juga bisa mendapatkan Paket Khusus untuk kebutuhan khusus Anda setelah konsultasi gratis dengan spesialis NordLayer.

Iklan Afiliasi

Perimeter81

 2. Perimeter81

Perimeter81 menawarkan platform keamanan VPN yang andal untuk jaringan bisnis Anda. Layanan ini menawarkan pengalaman keamanan dunia maya yang kaya fitur yang mematuhi standar keamanan perangkat lunak yang tinggi. Ditambah lagi, Anda bisa menemukan beberapa solusi keamanan data yang disesuaikan dengan kebutuhan industri atau bisnis Anda.

Untuk mengembangkan dan mengelola jaringan keamanan Anda, Perimeter81 memberi Anda dasbor yang mudah digunakan yang memberi Anda gambaran umum tentang kebijakan jaringan Anda dan informasi akses. Selain itu, Anda bisa memeriksa aktivitas pengguna secara real-time melalui grafik dan bagan.

Perimeter81 cukup mudah dipasang dan diintegrasikan ke dalam jaringan Anda yang sudah ada. Ini juga menghemat banyak waktu yang terbuang untuk menangani kerumitan dunia maya.

Fitur-fitur Perimeter81:

Berikut ini beberapa fitur yang bisa Anda nantikan pada Perimeter81 business VPN:

  1. Enkripsi kontrol akses untuk proteksi data yang ketat.
  2. Manajemen pengguna yang mudah melalui dasbor yang intuitif.
  3. Kesadaran titik akhir real-time untuk semua perangkat pengguna.
  4. Visibilitas jaringan total untuk mengawasi semua aktivitas pengguna.
  5. Otentikasi multi-faktor untuk lapisan keamanan ekstra jika diperlukan.
  6. Kanalisasi terpisah dan gerbang web yang aman.

Harga:

Perimeter81 menawarkan berbagai pilihan harga termasuk:

  • Essential: USD 8/pengguna/bulan,
  • Premium: USD 12/pengguna/bulan,
  • Premium Plus: USD 16/pengguna/bulan, dan
  • Enterprise dengan fitur keamanan yang disesuaikan untuk kebutuhan Anda.

Twingate

 3. Twingate

Twingate bukanlah VPN bisnis, tetapi layanan berbasis awan yang berfokus pada keamanan jaringan tingkat lanjut. Layanan ini menawarkan solusi zero-trust access (ZTA) untuk tenaga kerja jarak jauh Anda guna memberi mereka akses cepat dan aman ke jaringan perusahaan Anda.

Anda bisa menggunakan Twingate VPN dalam jaringan Anda atau infrastruktur berbasis awan yang populer melalui konektornya yang ringan. VPN ini mendukung Amazon Web Services, Azure, Google Cloud Platform, SCIM, One Login dan juga server Linux.

Yang membedakan Twingate dari yang lain adalah fungsionalitasnya yang ramah pengguna dan fitur keamanan canggih yang berjalan secara diam-diam di latar belakang dan tidak memengaruhi kinerja atau latensi pengguna.

Fitur-fitur Twingate:

Fitur keamanan yang ditawarkan oleh Twingate sangat mirip dengan VPN bisnis dan berikut ini adalah beberapa di antaranya yang terbaik:

  1. Kanalisasi terpisah pada tingkat sumber daya jaringan
  2. Penyiapan yang cepat dan mudah dengan manajemen yang efisien melalui dasbor yang sederhana
  3. Mengatur filter berbasis perangkat lunak dan bukannya gateway
  4. Otentikasi multi-level universal yang bisa Anda terapkan pada apa saja termasuk SSH
  5. Wawasan waktu nyata tentang aktivitas pengguna dalam jaringan
  6. Kontrol perangkat yang kuat untuk melindungi data perusahaan yang sensitif

Harga:

Twingate menawarkan paket pemula gratis dengan jumlah pengguna dan perangkat yang terbatas. Untuk fitur-fitur yang lebih canggih ada:

  • Tim: USD 5/pengguna/bulan, dan
  • Bisnis: USD 10/pengguna/bulan.

Jika perusahaan Anda membutuhkan kontrol akses khusus, maka Anda bisa mendapatkan penawaran pada paket Enterprise Custom.

TorGuard

 4. TorGuard

Jika Anda mencari solusi VPN bisnis yang sederhana dan mudah, maka TorGuard paling cocok untuk Anda. Ini merupakan layanan VPN multi-platform (mendukung Windows, macOS, dan aplikasi VPN seluler) yang memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan perusahaan atau data bisnis Anda dengan aman dan dari mana saja di seluruh dunia.

Dengan enkripsi yang ketat dan menggunakan protokol terkuat, TorGuard memastikan tidak ada kebocoran data perusahaan dan para pengguna terkoneksi secara aman dengan jaringan Anda meskipun mereka menggunakan WiFi publik. Selain itu, TorGuard juga menawarkan tim dukungan pelanggan yang berdedikasi yang terdiri dari manajer akun dengan pengetahuan teknologi yang memadai untuk membantu menyelesaikan masalah Anda sehari-hari.

Fitur-fitur TorGuard:

TorGuard menawarkan banyak fitur keamanan jaringan untuk bisnis dari segala ukuran. Beberapa dari fitur-fitur ini meliputi:

  1. Dasbor admin akun profesional untuk mengelola pengguna dan pengaturan lainnya
  2. Penyiapan server khusus tersedia pada paket harga yang berbeda
  3. Buka blokir aplikasi atau layanan online apa pun dengan VPN siluman dan layanan proxy
  4. Fitur enkripsi terowongan sehingga setiap karyawan dapat memiliki akses yang aman ke cloud
  5. Tambahkan logo ke panel manajemen untuk memberikan tampilan profesional
  6. Lebar pita tak terbatas dan kecepatan secepat kilat

Harga:

TorGuard hadir dengan berbagai paket harga yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Paket-paket ini meliputi:

  • Pemula: USD 32/bulan (5 pengguna),
  • Kecil: USD 69/bulan (10 pengguna),
  • Sedang: USD 110/bulan (15 pengguna), dan
  • Besar: USD 169/bulan (20 pengguna).

Iklan Afiliasi

StrongVPN

 5. StrongVPN

Seperti namanya, StrongVPN hadir dengan beberapa fitur canggih untuk memproteksi privasi perusahaan Anda dan mengamankan data bisnis. Ini merupakan aplikasi VPN multi-platform yang mendukung Windows, macOS, iOS, Android, Chromebook, dan Linux, dll.

Salah satu fitur paling menarik dari StrongVPN adalah memungkinkan Anda untuk terhubung dengan Protokol WireGuard yang memberikan kecepatan lebih cepat, peningkatan kinerja, dan menggunakan lebih sedikit sumber daya pada sistem Anda. Selain itu, tim virtual Anda bisa terhubung dengan mudah dan dengan sangat aman dari lokasi mana pun, termasuk WiFi publik.

Fitur-fitur StrongVPN:

Selain dari Protokol WireGuard, StrongVPN menawarkan banyak fitur keren lainnya termasuk:

  1. DNS yang kuat yang memungkinkan Anda mengubah lokasi Anda untuk privasi tambahan.
  2. Penyembunyian alamat IP sehingga Anda bisa menyembunyikan aktivitas Anda dari mata-mata pihak ketiga.
  3. Tanpa pencatatan yang memastikan data pribadi dan bisnis Anda tidak pernah dilacak, disimpan, atau dijual.
  4. Layanan multi-platform yang menawarkan aplikasi untuk banyak perangkat PC dan seluler.

Harga:

StrongVPN memiliki dua paket harga berdasarkan pada bagaimana Anda ingin ditagih. Ada:

  • Paket Bulanan: USD 10,99, dan
  • Paket Tahunan: USD 3,66.

Selain itu, jika Anda memilih paket Tahunan, Anda bisa memanfaatkan uji coba gratis selama 30 hari dengan jaminan uang kembali.

PERTANYAAN UMUM

Mengapa bisnis saya membutuhkan VPN?

Bisnis menggunakan VPN untuk memastikan keamanan transmisi data, terutama saat karyawan bekerja dari jarak jauh atau menggunakan jaringan Wi-Fi publik. VPN membantu melindungi dari pelanggaran data, ancaman dunia maya, dan memastikan bahwa akses jarak jauh ke jaringan bisnis aman dan pribadi.

Apa perbedaan VPN Bisnis dengan VPN pribadi?

VPN Bisnis dirancang untuk mengakomodasi banyak pengguna, menawarkan fitur-fitur manajemen tingkat lanjut, server khusus, dan kemampuan untuk berintegrasi dengan infrastruktur TI perusahaan. Sebaliknya, VPN pribadi ditujukan untuk penggunaan individu, dengan fokus pada privasi dan menerobos pembatasan geografis.

Dapatkah VPN Bisnis meningkatkan kecepatan internet?

Meskipun VPN mengenkripsi lalu lintas data, yang terkadang dapat memperlambat koneksi, dampaknya pada kecepatan internet biasanya minimal. Dalam beberapa kasus, VPN dapat menerobos pelambatan ISP, sehingga berpotensi meningkatkan kecepatan saat mengakses sumber daya tertentu.

Bagaimana cara memilih penyedia VPN Bisnis yang tepat?

Saat memilih penyedia VPN Bisnis, pertimbangkan faktor-faktor seperti fitur keamanan (standar enkripsi), lokasi server, batas lebar pita, kemampuan manajemen pengguna, dukungan pelanggan, dan kepatuhan terhadap peraturan industri.

Apakah sulit untuk menyiapkan VPN Bisnis?

Menyiapkan VPN Bisnis dapat bervariasi dalam hal kerumitan tergantung pada penyedia. Banyak yang menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan dukungan untuk membantu penyiapan. Sangatlah penting untuk mengikuti panduan penyedia dan, jika perlu, berkonsultasi dengan para profesional TI untuk memastikan konfigurasi yang tepat.

Apakah ada kerugian menggunakan VPN Bisnis?

Meskipun VPN Bisnis menawarkan manfaat keamanan yang signifikan, VPN ini dapat menimbulkan kerumitan dalam manajemen jaringan dan terkadang dapat menyebabkan kecepatan internet yang lebih lambat karena biaya enkripsi. Penting untuk memilih penyedia yang memiliki reputasi baik dan mengonfigurasi VPN dengan benar untuk meminimalkan masalah ini.

 

Sumber: Hongkiat.com.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Muhammad Fauzi Rizal