Skip to main content

8 Alternatif Gratis Terbaik Bagi ChatGPT Yang Layak Kamu Coba!

27 May, 2024
 

Temukan alternatif gratis terbaik untuk ChatGPT dalam artikel ini. Eksplorasi berbagai alat kecerdasan buatan (AI) yang menawarkan kemampuan luar biasa tanpa biaya.

 

DAFTAR ISI

Alat Gratis yang Mirip dengan ChatGPT

Bagi individu dan organisasi yang mencari alternatif gratis yang mirip dengan ChatGPT, ada beberapa alternatif yang patut diperhatikan. Mari kita lihat beberapa alternatif gratis ini dan eksplorasi fitur dan kemampuan unik mereka.

Microsoft Bing

Bing, mesin pencari dari Microsoft, telah ditingkatkan dengan ChatGPT, membuatnya mampu memberikan jawaban yang rinci dan bermanfaat untuk apa pun yang Anda ingin ketahui. Bing memiliki beberapa trik menarik: ia dapat merespons dalam tiga gaya berbeda tergantung pada kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih imajinatif, ia menawarkan mode 'Kreatif' yang sangat baik untuk bercerita. Butuh fakta yang jelas? Cobalah mode 'Presisi'. Atau, jika Anda menginginkan sedikit dari keduanya, mode 'Seimbang' menemukan titik tengah, memberikan Anda respons yang menyeluruh.

Bing juga cukup mahir dalam menyaring internet berdasarkan kata kunci yang Anda berikan. Ini bukan hanya tentang menemukan informasi; ini tentang menemukan informasi yang tepat dan menunjukkan dari mana asalnya. Namun, perlu dicatat bahwa Bing mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu untuk memberikan hasil tersebut dibandingkan beberapa pesaingnya yang lebih cepat.

Kesimpulannya, Bing yang terintegrasi dengan ChatGPT memiliki kekuatan yang hebat, seperti kemampuan mencari di web dan menawarkan berbagai cara untuk mendapatkan jawaban Anda. Di sisi lain, responsnya bisa sedikit lebih lambat.

You.com

You.com adalah rumah bagi YouChat, chatbot AI yang merupakan bagian dari mesin pencari You. Salah satu hal keren tentang YouChat adalah 'fungsi multimodal'-nya. Secara sederhana, ini berarti ia dapat memahami dan berkomunikasi dalam lebih banyak cara daripada sekadar teks.

Sebagai contoh, YouChat cukup cerdas dengan model pembelajaran bahasa lanjutannya; ia dapat mengelola teks, aplikasi, dan tautan baik sebagai input maupun output. Ini merupakan peningkatan dari ChatGPT biasa, yang terutama berfokus pada teks.

YouChat sepenuhnya gratis untuk digunakan dan dilengkapi dengan model pembelajaran bahasa canggih yang membuatnya serbaguna dalam menangani berbagai jenis informasi. Namun, ia tidak sempurna. Chatbot ini memiliki beberapa keterbatasan dengan integrasi aplikasi dan, tidak seperti beberapa rekannya, ia tidak membuat gambar yang dihasilkan oleh AI.

Google Gemini

Gemini mungkin terdengar akrab sebagai layanan AI dari raksasa teknologi Google, dan Anda mungkin berpikir ini akan menjadi pesaing utama di ruang AI. Meskipun dibangun di atas model LaMDA Google, yang memiliki potensi untuk menyaingi sesuatu seperti ChatGPT, Google Gemini sebelumnya juga dikenalkan untuk pengujian publik dengan sebutan Google Bard.

Google Gemini menunjukkan beberapa sifat mengesankan. Ia terutama cepat dan memiliki bakat untuk kreativitas. Namun, ada catatan. Bard telah dikritik karena masalah seperti plagiarisme dan ketidakakuratan, yang merupakan kekurangan yang cukup signifikan. Selain itu, tidak seperti beberapa layanan lainnya, Gemini seringkali tidak menunjukkan dari mana ia mendapatkan informasinya.

Meski begitu, seringkali dari Google layak untuk diperhatikan. Dengan sumber daya yang besar dan keahlian teknologi dari Google di belakangnya, ada kemungkinan besar Gemini akan berkembang dan meningkat seiring waktu. Untuk saat ini, meskipun memiliki kekuatan, Gemini belum siap untuk mengklaim juara sebagai alternatif terbaik untuk ChatGPT.

Copy.ai

Copy.ai adalah pembuat konten AI dengan rangkaian alat untuk membuat berbagai macam konten, dari blog dan postingan media sosial hingga email dan dokumentasi. Ia menonjol dengan fitur khususnya untuk pendekatan penjualan, langkah-langkah keamanan yang kuat, dan API terbuka yang memungkinkan integrasi mudah dengan platform lain untuk alur kerja yang lebih efisien.

Akun gratisnya menawarkan satu kursi, juga dikenal sebagai satu pengguna, dengan 2.000 kata dalam percakapan.

Meskipun Copy.ai menawarkan kecepatan dan fleksibilitas, ia memiliki beberapa kelemahan. Beberapa pengguna menemukan konten yang dihasilkannya kurang orisinal dan kreatif dibandingkan dengan tulisan manusia, serta inkonsistensi informasi bisa menjadi masalah, memerlukan tinjauan yang hati-hati. Namun demikian, Copy.ai tetap menjadi alat yang berharga bagi tim yang ingin meningkatkan proses pembuatan konten mereka dengan bantuan AI.

Chatsonic

Chatsonic dari Writesonic dikembangkan dengan teknologi yang sama seperti ChatGPT, jadi Anda bisa mengharapkan performa yang sangat mirip dengan ChatGPT.

Satu fitur penting dari Chatsonic adalah kemampuannya untuk mencari informasi di internet untuk Anda. Ia memberikan jawaban yang rinci dan bahkan mengutip sumbernya untuk memastikan informasi yang diberikan akurat dan terbaru. Seperti integrasi ChatGPT dengan Dall-E, ia juga memiliki generator gambar, yang berguna ketika Anda membutuhkan gambar dengan cepat. Kualitasnya cukup baik, meskipun belum setara dengan beberapa alat lain seperti Midjourney.

Jika Anda tidak ingin mengetik, Anda juga bisa menggunakan fitur perekaman suara. Meskipun Chatsonic tidak sepenuhnya gratis, mendaftar untuk akun gratis memberi Anda banyak hal untuk dicoba, misalnya, 10.000 kata gratis untuk mengeksplorasi kemampuan percakapan AI-nya, menghasilkan gambar, mengakses lebih dari 100 template AI, integrasi dengan Zapier, dan lainnya.

Character.ai

Character.ai, seperti namanya, adalah alternatif yang menyenangkan dan unik untuk ChatGPT, memungkinkan Anda terjun dalam percakapan dengan karakter yang dibuat oleh AI. Bayangkan mengobrol dengan siapa saja, mulai dari Napoleon hingga Batman atau bahkan Super Mario. Anda bahkan bisa melakukan obrolan grup dengan beberapa karakter AI.

Namun, penting untuk dicatat bahwa percakapan ini murni untuk hiburan. Platform ini dengan jelas menyatakan bahwa informasi yang diberikan oleh karakter AI adalah fiktif dan mungkin tidak akurat atau berpotensi menyinggung. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan Character.ai untuk hiburan daripada penelitian serius atau pembuatan konten.

Platform ini gratis, tetapi bagi mereka yang sangat menyukainya, ada pilihan berbayar. Paket premium ini menawarkan respons yang lebih cepat dan akses awal ke fitur-fitur yang akan datang, yang bisa meningkatkan pengalaman Anda jika Anda sering kembali untuk petualangan obrolan AI.

HuggingChat

HuggingChat dari HuggingFace, penyedia layanan AI terkemuka, telah berkembang untuk menawarkan berbagai model bahasa, termasuk Llama 1, Mistral 7B 1, dan Falcon 180B 1. Pilihan ini memungkinkan percakapan yang lebih terarah dan beragam serta memungkinkan pengelolaan beberapa obrolan sekaligus.

Mirip dengan ChatGPT, HuggingChat cukup serbaguna. Ia bisa menulis postingan blog, menceritakan lelucon, menghasilkan kode HTML untuk situs web, dan menyediakan resep. Fitur penting lainnya adalah kemampuannya mengakses web, meningkatkan responsnya dengan informasi terkini dari internet.

Namun, perlu dicatat bahwa bot ini mungkin mengalami masalah jaringan sesekali, yang bisa menjadi sedikit ketidaknyamanan.

Jadi, jika Anda mendapati ChatGPT tidak tersedia atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, HuggingChat adalah alternatif yang patut dicoba.

Twain.ai

Twain.ai adalah asisten bertenaga AI yang dirancang untuk membantu Anda membuat email yang menonjol dan mendapatkan respons. Ia bekerja di kedua peramban dan juga hadir dengan ekstensi Chrome. Tujuannya adalah meningkatkan efektivitas komunikasi email Anda, terutama dalam penjualan dan jangkauan. Menggunakan pemrosesan bahasa alami, Twain.ai menganalisis pesan Anda untuk menghilangkan kata-kata yang tidak perlu, membuat pengenalan yang menarik, dan menawarkan saran untuk meningkatkan struktur dan dampak keseluruhan email Anda.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menempelkan draf pesan Anda ke editor Twain, dan ia akan mengevaluasi konten Anda, memberikan wawasan dan perbaikan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan respons positif.

Saat ini, Twain.ai gratis digunakan, menjadikannya alat yang mudah diakses bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan email mereka.

POE

Poe, yang merupakan singkatan dari 'Platform for Open Exploration,' adalah alat AI yang dibuat oleh Quora. Alih-alih menjadi AI mandiri, Poe berfungsi sebagai pusat di mana pengguna dapat berbicara dengan berbagai chatbot AI. Quora merancang Poe untuk pengguna yang ingin bertanya, menerima jawaban segera, dan terlibat dalam percakapan mendetail dengan beberapa bot yang didukung AI.

Di situs web Poe, pengguna dapat berbicara dengan deretan AI yang mengesankan termasuk Sage, ChatGPT, Dragonfly, serta model lanjutan seperti GPT-4 dan Claude+.

Secara keseluruhan, platform ini menyediakan akses ke lebih dari 20 model bahasa yang berbeda. Namun, penting untuk dicatat bahwa AI yang lebih canggih memerlukan langganan. Mengakses Poe memang memerlukan akun, tetapi untungnya, Anda tidak perlu akun terpisah untuk setiap layanan yang ditawarkannya.

Bagi mereka yang suka menjelajahi berbagai alat AI namun ingin semuanya berada di satu tempat, Poe layak untuk dicoba.

Masa Depan Alat Chat AI

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi AI, prospek untuk alat chat seperti ChatGPT dan yang serupa sangat menjanjikan. AI percakapan ini semakin cepat berkembang, dan sepertinya mereka akan segera menjadi lebih akurat dan mampu merespons lebih cepat.

Kami melihat perubahan besar dalam cara chatbot berinteraksi dengan kami. Mereka menjadi lebih menyenangkan dan menarik untuk diajak bicara. Mereka semakin baik dalam memahami perasaan kami, konteks percakapan, dan bahkan emosi kami. Ini berarti mereka akan segera dapat mengobrol dengan kami dengan cara yang lebih disesuaikan dan lebih imersif, membuat percakapan kami dengan mereka terasa lebih seperti berbicara dengan seorang teman.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.