Skip to main content

Perangkat Privasi Internet Terbaik Untuk Penjelajahan yang Aman (1/2)

10 March, 2024
 

Jika tahun-tahun kebelakang bisa mengajarkan kita sesuatu, itu adalah bahkan perusahaan besar pun bisa menjadi korban pelanggaran data atau kerentanan privasi dan keamanan online lainnya. Sayangnya, ketika pencurian atau kehilangan data, kitalah yang paling dirugikan, bukan perusahaan.

Berikut kami telah menyusun daftar alat yang bisa digunakan untuk membantu menjaga data pribadi Anda tetap aman selama berselancar di dunia maya. (Bagian 1 dari 2 artikel)

DAFTAR ISI

Gunakan Mesin Pencari Privat

Mesin pencari pribadi memungkinkan Anda mencari apa pun yang Anda inginkan, tanpa harus khawatir mesin pencari Anda akan menggunakan data Anda untuk melawan Anda. Mesin pencari ini tidak menargetkan Anda dengan iklan, berdasarkan riwayat pencarian Anda.

StartPage

StartPage menggunakan hasil pencarian Google, yang merupakan sesuatu yang baik jika Anda lebih suka hasil Google tanpa pelacakan. Ixquick, yang merupakan mesin pencari independen yang menggunakan hasil pencariannya sendiri, mengembangkan StartPage untuk menyertakan hasil dari Google. Fitur-fiturnya termasuk layanan proxy, generator URL, dan dukungan HTTPS. Pembuat URL adalah fitur unik yang menghilangkan kebutuhan akan cookie. Ia mengingat pengaturan Anda dengan cara yang ramah privasi.

DuckDuckGo

DuckDuckGo mungkin merupakan mesin pencari alternatif yang cukup populer. CEO-nya, Gabriel Weinberg, mengatakan, "jika FBI mendatangi kami, kami tidak punya apa-apa untuk mengikat Anda." Pencarian sebagian besar bersumber dari Yahoo. Salah satu fitur keren dari DuckDuckGo adalah apa yang disebut "bang". Pengguna bisa langsung mencari situs lain, seperti Amazon, Wikipedia, Yelp atau Youtube, dengan memulai kueri mereka dengan tanda seru!

Qwant

Qwant adalah mesin pencari pribadi yang berbasis di Eropa yang "tidak pernah mencoba menebak siapa Anda atau apa yang Anda lakukan." Menurut halaman Tentang Kami, Qwant tidak pernah merekam pencarian Anda dan tidak pernah menggunakan data pribadi Anda untuk iklan atau tujuan lain. Qwant memiliki fitur yang mirip dengan DuckDuckGo bang! yang disebut pintasan pencarian Qwick.

HideMySearches

HideMySearches adalah mesin pencari baru yang berfokus pada privasi. Mesin pencari ini memungkinkan Anda untuk mencari apa pun yang Anda inginkan, tanpa harus menghapus riwayat penelusuran Anda. Menurut halaman FAQ-nya, HMS memberi Anda kerahasiaan yang sempurna menggunakan enkripsi sisi klien.

Gunakan VPN

Iklan Afiliasi

ExpressVPN

ExpressVPN merupakan layanan jaringan pribadi virtual yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbasis di British Virgin Islands, Express VPN International Ltd. Perangkat lunak ini dipasarkan sebagai alat privasi dan keamanan yang mengenkripsi lalu lintas web pengguna dan menyamarkan alamat IP mereka. Pada tahun 2018, TechRadar menobatkan layanan ini sebagai Pilihan Editor.

NordVPN

NordVPN merupakan jaringan pribadi virtual pribadi (penyedia layanan VPN. VPN ini memiliki aplikasi desktop untuk Windows, macOS, dan Linux, aplikasi seluler untuk Android dan iOS, serta aplikasi untuk Android TV. Penyiapan manual tersedia untuk router nirkabel, perangkat NAS, dan platform lainnya. Pada tahun 2017, Majalah PC menilai NordVPN sebagai layanan VPN terbaik tahun ini.

Perfect Privacy

Perfect Privacy merupakan contoh yang bagus dari VPN yang andal dan bereputasi baik. VPN ini memiliki server di 23 negara dan hanya menggunakan server khusus dan bukannya server virtual. Jika Perfect Privacy menemukan kemacetan yang memperlambat jaringannya, VPN ini hanya akan menjalankan VPN baru untuk mengarahkan lalu lintas.

Private Internet Access

Private Internet Access merupakan opsi VPN yang menawarkan keamanan berlapis dan proteksi privasi dengan kanalisasi VPN. Seperti banyak VPN lainnya, PIA bekerja pada tingkat TCP/IP yang berarti semua koneksi internet Anda diamankan, bukan hanya peramban web Anda.

Hotspot Shield

Hotspot Shield dioperasikan oleh AnchorFree, Inc. Ini melindungi privasi pengguna dengan mengenkripsi koneksi jaringan mereka.

TunnelBear

TunnelBear merupakan layanan VPN publik yang berbasis di Toronto, Kanada. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Kaldor dan Ryan Dochuk pada tahun 2011. Pada bulan Maret 2018, TunnelBear diakuisisi oleh McAfee. TunnelBear tersedia sebagai perangkat lunak gratis, tetapi seperti halnya layanan online lainnya, kami menemukan bahwa versi berbayarnya sering kali lebih aman dan menawarkan privasi yang lebih baik.

VuzeVPN

VuzeVPN merupakan layanan VPN berbayar untuk menjelajah secara anonim dan untuk streaming konten yang dibatasi lokasi. Jika Anda mencari VPN yang lebih terjangkau, VuzeVPN merupakan pilihan yang bagus.

Gunakan Peramban Web yang Berfokus pada Privasi

Jika Anda memiliki masalah privasi dengan Google sebagai mesin pencari tetapi masih menggunakan Chrome sebagai peramban Anda, Google masih dapat mengumpulkan informasi tentang semua kebiasaan penjelajahan Anda. Peramban Anda adalah pintu gerbang Anda ke internet, jadi penting untuk memilih opsi yang aman dan terlindungi.

Peramban Tor

Tor adalah singkatan dari The Onion Router. Tor berfungsi untuk menganonimkan aktivitas web Anda dengan mengarahkan koneksi Anda melalui beberapa lokasi.

Mozilla Firefox

Firefox adalah alternatif yang baik untuk Google Chrome. Firefox mudah dipasang dan bekerja seperti kebanyakan peramban web lain yang mungkin pernah Anda gunakan.

Brave

Brave adalah peramban sumber terbuka yang menawarkan fungsionalitas dan kemudahan penggunaan yang serupa dengan Chrome atau Firefox. Ini adalah peramban berkecepatan tinggi dengan pelacakan iklan dan kontrol privasi bawaan.

Gunakan Penyimpanan File Pribadi

Menggunakan Google Drive dan Dropbox mungkin terasa seperti pilihan yang paling nyaman untuk penyimpanan file awan, namun, jika Anda menyimpan file yang berisi informasi sensitif yang ingin Anda jaga keamanannya, ada pilihan lain yang menggunakan enkripsi untuk menjaga file dan isinya tetap pribadi.

Cryptomator

Cryptomator merupakan perangkat lunak enkripsi sisi klien gratis untuk berkas-berkas awan Anda. Perangkat lunak ini sepenuhnya open source dan hanya bergantung pada donasi untuk pendapatannya. Ketika terinstal pada perangkat Anda, Cryptomator menggunakan enkripsi transparan yang berarti Anda tidak akan melihat perbedaan ketika bekerja dengan berkas terenkripsi Anda. Cryptomator memungkinkan Anda membuat brankas di mana saja, bahkan di dalam Dropbox atau Google Drive yang sudah ada.

Tresorit

Tresorit adalah alat enkripsi file untuk menyinkronkan dan berbagi file di beberapa perangkat. Alat ini memiliki fitur enkripsi tanpa pengetahuan yang berarti bahwa Tresorit tidak mengetahui apa pun tentang isi file terenkripsi Anda. Meskipun Tresorit menggunakan fitur keamanan terbaik, itu tidak mengorbankan pengalaman pengguna. Antarmukanya sangat sederhana dan mudah digunakan dan membuat keamanan hampir tidak terlihat.

Gunakan Perangkat Keras Privasi & Keamanan

Apricorn

Apricorn adalah perancang dan produsen produk penyimpanan komputer, utilitas, dan aksesori. Mereka menyediakan perangkat keras penyimpanan eksternal dengan enkripsi 256-bit khusus untuk perusahaan dan organisasi yang membutuhkan keamanan data tingkat tinggi (keuangan, perawatan kesehatan, pendidikan, dll.).

Bitdefender

Bitdefender adalah perusahaan perangkat lunak keamanan siber dan anti-virus yang juga menawarkan perangkat keras keamanan jaringan untuk perangkat IoT.

Purism

Purism adalah produsen komputer yang berfokus pada keamanan yang berbasis di San Francisco. Purism dimulai pada tahun 2014 dengan tujuan menggabungkan gerakan Perangkat Lunak Bebas dengan proses pembuatan perangkat keras untuk memberikan komputer yang dapat dipercaya dan aman digunakan oleh orang-orang. Lini produknya terdiri dari ponsel pintar yang berfokus pada keamanan dan privasi, laptop, dan token keamanan berbasis USB.

Helm

Helm merupakan server pribadi yang aman yang memudahkan Anda untuk melindungi email dan data lainnya secara online. Helm memungkinkan Anda mengatur email Anda sendiri hanya dalam beberapa menit dengan domain khusus yang akan berfungsi pada semua perangkat Anda. Helm dilengkapi dengan penyimpanan solid state 128 GB, dan dapat diperluas dengan penyimpanan eksternal.

Kingston Technology

Kingston Technology adalah salah satu pemimpin dalam pengembangan dan pembuatan memori flash, dan produk terkait memori lainnya. Kingston Technology menggunakan enkripsi untuk melindungi konten perangkat mereka. Perangkat mereka mematuhi standar keamanan terkemuka, seperti enkripsi AES 256, FIPS 197 dan FIPS 140-2.

SecureDrive:

SecureDrive menawarkan penyimpanan eksternal terenkripsi. Perusahaan ini dimulai sebagai penyedia layanan pemulihan data, dan setelah mendapatkan kepercayaan dalam industri tersebut, mereka beralih ke penyimpanan perangkat keras dan enkripsi. Mirip dengan perangkat Kingston Technology dan Apricorn, SecureDrive menggunakan keypad onboard untuk satu metode autentikasi pengguna.

Winston Privacy

Winston Privacy adalah pemain baru di bidang perangkat keras keamanan. Para pendirinya melihat masalah dengan ekonomi pengawasan yang mengambil alih internet. Winston merupakan perangkat keras yang berjalan sejajar dengan router Anda dan sebagai hasilnya memproteksi setiap perangkat pada WiFi Anda. Menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan VPN tanpa harus mempercayai penyedia VPN dengan data penjelajahan Anda. Pada dasarnya ini merupakan platform terdistribusi dan terdesentralisasi tanpa pencatatan.

Yubico

Yubico menawarkan solusi enkripsi dan autentikasi berbasis perangkat keras. Produknya yang paling menonjol adalah perangkat autentikasi YubiKey. Bentuknya seperti flash drive dan berfungsi sebagai alternatif untuk login nama pengguna/kata sandi tradisional. Perangkat YubiKey merupakan kunci keamanan multi-protokol yang membuat proses masuk menjadi lebih aman dan nyaman.

Gunakan DNS Terenkripsi

DNS, atau Sistem Nama Domain adalah salah satu blok bangunan utama internet. Cloudflare menyebutnya sebagai "buku telepon internet." DNS adalah protokol yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain situs web (misalnya google.com ke dalam format alamat IP sehingga browser Anda dapat memuat sumber daya dari situs web tersebut.

Karena DNS pada dasarnya adalah penghubung terakhir antara Anda dan situs web yang Anda kunjungi, DNS dapat menciptakan kerentanan keamanan jika seseorang mampu meretas sistem. Sistem nama domain yang aman dan terenkripsi memiliki fitur keamanan dan performa tambahan yang menjaga situs web tetap aktif dan berjalan dengan ancaman keamanan yang lebih sedikit.

Cloudflare

Cloudflare menjalankan salah satu jaringan DNS otoritatif terbesar di dunia. Cloudflare mewakili 39% dari pasar DNS Otoritatif Global. Sementara penyedia DNS lainnya membiarkan situs web Anda atau sumber daya web lainnya rentan terhadap serangan DDoS, Cloudflare memberikan perlindungan. Cloudflare menawarkan paket gratis dan berbayar tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.

Iklan Afiliasi

Gunakan Aplikasi Perpesanan yang Aman

Komunikasi Anda dapat berisi informasi sensitif, bahkan tanpa Anda sadari. Aplikasi-aplikasi ini menggunakan enkripsi untuk menjaga percakapan dan file yang Anda kirim tetap pribadi dan aman.

Signal

Signal menggunakan enkripsi end-to-end dan "dengan susah payah direkayasa" untuk menjaga kerahasiaan komunikasi Anda. Signal adalah proyek Open Source, dan didukung oleh hibah dan donasi, yang berarti dapat mengutamakan pengguna, dengan mengutamakan orang daripada keuntungan. Signal menekankan pada penyampaian "pengalaman berkirim pesan yang cepat, sederhana, dan aman".

Wire

Wire adalah alternatif pribadi lain untuk aplikasi pesan instan. Ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara aman dengan klien dan mitra - bahkan jika mereka tidak memiliki akun Wire. Buat ruang tamu terenkripsi dalam hitungan detik; cukup kirimkan tautan undangan dan mitra dapat bergabung dengan sekali klik.

Telegram

Telegram menawarkan platform perpesanan pribadi berbasis awan untuk pengguna desktop dan seluler. Platform ini telah berkembang menjadi lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Telegram menggunakan enkripsi end-to-end, dan dianggap sebagai salah satu platform perpesanan yang paling aman. Anda bisa mengirim pesan yang dapat dihancurkan sendiri yang akan hilang dari perangkat Anda dan penerima setelah jangka waktu tertentu.

 

Sumber: Chief SaM, Januari 2022

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Muhammad Fauzi Rizal