Skip to main content

Alat-Alat Untuk Mengajarkan Dasar-Dasar Pemrograman Kepada Anak-Anak

09 March, 2024
 

Kita hidup di era digital di mana perangkat-perangkat seperti komputer, ponsel pintar, hingga tablet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Bahkan anak-anak zaman sekarang bisa mengambil iPad dan memahami aplikasi-aplikasi seperti ikan yang berenang di air.

Dengan anak-anak yang semakin melek teknologi seiring berjalannya waktu, tidak ada alasan mengapa mereka tidak bisa mempelajari dasar-dasar di balik teknologi favorit mereka. Benar, kami mengatakan bahwa tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa mengajarkan pemrograman kepada anak-anak Anda sejak usia dini.

Hal ini tidak hanya akan mengembangkan keterampilan pemrograman analitis anak-anak sejak usia dini, tetapi juga akan membantu mereka mendapatkan gambaran apakah mereka ingin menjadi seorang programmer di masa depan. Di sini kami telah menyusun untuk Anda 10 alat edukasi yang dapat digunakan untuk mengajarkan dan mengembangkan keterampilan pemrograman pada anak-anak.

Sebagian besar alat yang tercantum di sini didasarkan pada bahasa pemrograman visual yang memiliki antarmuka seret dan lepas untuk pemrograman. Alat-alat yang berwarna-warni dan menarik ini pada akhirnya akan membantu membangun keterampilan pemrograman anak-anak Anda.

DAFTAR ISI

10 Alat Untuk Mengajarkan Dasar Pemrograman Pada Anak

Iklan Afiliasi

codeSpark Academy 

Anak-anak memimpin jalan dalam perjalanan pemrograman mereka sendiri dengan codeSpark Academy. Aplikasi belajar-kode nomor 1 untuk anak-anak usia 5-10 tahun memberi anak-anak kebebasan untuk bermain teka-teki yang menyenangkan dan interaktif, atau membuat dan mengkode cerita dan permainan mereka sendiri.

Selain menjadi program pemrograman pilihan untuk anak-anak di rumah, codeSpark Academy juga tersedia di sekolah-sekolah umum, perpustakaan, dan organisasi nirlaba, dengan kehadiran di lebih dari 1/3 distrik sekolah di Amerika Serikat.

Dengan lebih dari 30 juta anak-pemrogram dan terus bertambah, codeSpark Academy sedang membangun generasi berikutnya dari pemrogram dan kreator, satu permainan dalam satu waktu.

Hopscotch 

Hopscotch mengatakan bahwa pemrograman dirancang untuk semua orang. Dengan menggunakan Hopscotch, Anda dapat mengajarkan dasar-dasar pemrograman kepada anak-anak Anda dengan mudah. Saat ini, Anda hanya dapat mengunduh aplikasi Hopscotch secara gratis di iPad.

Hopscotch memungkinkan anak-anak Anda mengembangkan permainan, cerita, animasi, dan program interaktif lainnya dengan menyeret dan menjatuhkan blok kode. Seseorang dapat menggoyang, memiringkan, atau bahkan berteriak pada iPad untuk mengendalikan karakter dalam program.

Scratch 

Scratch adalah bahasa pemrograman dan komunitas online, yang dikembangkan dan dikelola oleh grup Lifelong Kindergarten di MIT Media Lab. Scratch adalah layanan gratis yang memungkinkan anak-anak Anda membuat animasi, permainan, dan cerita mereka sendiri.

Anak-anak Anda dapat berbagi kreasi mereka dengan orang lain di seluruh dunia menggunakan komunitas online Scratch.

Alice 

Alice adalah alat pemrograman 3D gratis yang memungkinkan seseorang membuat animasi untuk menceritakan sebuah kisah, memainkan sebuah interaktif, atau video untuk dibagikan di web. Tujuan utama Alice adalah memberikan anak-anak Anda paparan dasar tentang pemrograman berorientasi objek.

Dengan menggunakan Alice, siswa akan belajar membuat film animasi (berisi orang, hewan, dan kendaraan) dan permainan video sederhana.

Berikut adalah terjemahan teks-teks yang Anda kirimkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Saya telah menggunakan salah satu alat penerjemah online yang saya temukan di hasil pencarian web saya. Saya juga telah menyesuaikan beberapa bagian agar lebih sesuai dengan konteks dan kriteria yang Anda sebutkan. 😊

Tynker 

Tynker adalah sistem pembelajaran pemrograman online yang dirancang untuk memotivasi anak-anak untuk menerjemahkan ide-ide kreatif mereka menjadi permainan, proyek, dan cerita animasi, dan menyebarkan aplikasi mereka di web.

Tynker menggunakan bahasa pemrograman visual yang mudah di mana tidak diperlukan sintaks pemrograman tetapi hanya blok-blok kode yang digabungkan bersama untuk membuat program. Ada biaya untuk akses seumur hidup tetapi mereka menawarkan kursus online mandiri, teka-teki seluler, dan kamp musim panas juga.

Iklan Afiliasi

Kodable 

Kodable adalah aplikasi pemrograman gratis untuk iPad. Slogan, *"Belajar kode sebelum Anda tahu cara membaca"* diwujudkan melalui metode mereka untuk belajar pemrograman melalui permainan yang menyenangkan.

Kodable dirancang khusus untuk anak-anak berusia 5 tahun atau lebih, sehingga mereka dapat belajar pemrograman dengan bermain game dengan sedikit instruksi. Kodable memiliki 3 tingkat pemrograman termasuk K-2nd grade, 3rd – 5th grade dan 6th – 12th grade.

Stencyl 

Stencyl cepat, gratis, dan mudah digunakan. Alat ini memungkinkan Anda mengembangkan game dengan menggunakan antarmuka seret dan lepas (block-snapping), dan tidak memerlukan kode sama sekali.

Jika Anda tidak ingin menggunakan antarmuka block-snapping maka Anda juga dapat mengetikkan kode. Stencyl memiliki dukungan platform yang luas dan game yang dikembangkan di Stencyl dapat dimainkan di Android, iOS, Windows, Mac, dan Linux juga.

RoboMind

RoboMind adalah alat pemrograman untuk anak-anak yang menggunakan bahasa sendiri yang disebut ROBO. Ini adalah bahasa yang sangat sederhana yang tidak memerlukan pengetahuan pemrograman sebelumnya.

Tujuan utama RoboMind adalah untuk memindahkan robot virtual di kisi dua dimensi dan melakukan tugas-tugas sederhana. Dengan menggunakan RoboMind, anak-anak Anda dapat mempelajari dasar-dasar kecerdasan buatan dan kemudian bahkan menggunakannya pada kit robotik nyata seperti LEGO Mindstorms NXT 2.0. RoboMind memberikan uji coba gratis 30 hari dari alat-alat mereka.

Waterbear

Waterbear adalah toolkit pemrograman yang nyaman dan gratis untuk anak-anak yang menggunakan pendekatan seret dan lepas untuk tujuan pemrograman. Waterbear adalah bahasa pemrograman visual yang berarti tidak perlu belajar sintaks untuk mulai pemrograman dengan itu.

Anak-anak dapat membuat file baru, melihat contoh kreasi lain dan bermain-main dengan fitur-fitur yang berbeda di antara hal-hal lain. Ada juga deskripsi untuk setiap elemen yang mudah diikuti juga.

 

Selamat belajar dan semoga bermanfaat

 

Sumber: BlueHacker

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Muhammad Fauzi Rizal