Skip to main content

Perangkat Privasi Internet Terbaik Untuk Penjelajahan yang Aman (2/2)

11 March, 2024
 

Jika tahun-tahun kebelakang bisa mengajarkan kita sesuatu, itu adalah bahkan perusahaan besar pun bisa menjadi korban pelanggaran data atau kerentanan privasi dan keamanan online lainnya. Sayangnya, ketika pencurian atau kehilangan data, kitalah yang paling dirugikan, bukan perusahaan.

Berikut kami telah menyusun daftar alat yang bisa digunakan untuk membantu menjaga data pribadi Anda tetap aman selama berselancar di dunia maya. (Bagian 2 dari 2 artikel)

DAFTAR ISI

Gunakan Layanan Email Terenkripsi

ProtonMail

ProtonMail adalah layanan email terenkripsi yang didirikan pada tahun 2014. Layanan ini menggunakan enkripsi ujung ke ujung sehingga email tetap dalam bentuk terenkripsi dari komputer pengguna ke server ProtonMail. Pada bulan Januari 2017, ProtonMail memiliki lebih dari 2 juta pengguna. ProtonMail berbasis di Swiss, yang terkenal memiliki undang-undang privasi yang kuat, termasuk Undang-Undang Perlindungan Data Federal Swiss.

Hushmail

Hushmail menawarkan email pribadi terenkripsi yang dirancang untuk penggunaan perusahaan bagi para profesional kesehatan dan hukum. Layanan ini mulai menyediakan solusi email web yang aman pada tahun 1999, jadi ini adalah pemain yang mapan di bidangnya. Pengguna bisa memilih untuk mengirim email dalam bentuk terenkripsi atau tidak terenkripsi. Untuk email yang dikirim ke pengguna Hushmail lainnya, email tersebut akan dienkripsi secara default. Non-pengguna dapat melihat email pada halaman web yang aman.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Pengelola Kata Sandi

Bitwarden

Bitwarden merupakan sebuah solusi manajemen kata sandi sumber terbuka dan gratis untuk individu, tim, dan organisasi bisnis. Ini berfungsi sebagai penyimpanan kata sandi dan alat pembuat kata sandi. Bitwarden mendukung sinkronisasi antara semua perangkat Anda, membuatnya mudah dan nyaman digunakan.

Blur

Blur merupakan sebuah alat yang melindungi kata sandi, informasi pembayaran, dan informasi pribadi lainnya. Lebih dari sekadar menyimpan dan membuat kata sandi Anda, Blur dapat membuat "kartu kredit pembakar" untuk mencegah informasi pembayaran Anda diretas atau dicuri. Aplikasi ini juga menyimpan kata sandi Anda dalam bentuk terenkripsi hingga Anda mengunjungi situs atau akun yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi informasi login Anda secara otomatis.

Enpass

Enpass mengelola kata sandi, informasi pembayaran, dan kredensial lainnya. Tersedia untuk berbagai platform termasuk iOS, Android, Windows, macOS, dan Chrome OS. Enpass tidak menyimpan kunci enkripsi pada kredensial Anda yang tersimpan. Kunci enkripsi justru berasal dari kata sandi utama Anda.

KeePass

KeePass menyimpan dan menghasilkan kata sandi dengan keamanan terbaik. Ini adalah pengelola kata sandi gratis, sumber terbuka, ringan, dan mudah digunakan dengan banyak ekstensi dan plugin.

LastPass

LastPass tersedia sebagai ekstensi peramban dan aplikasi asli. Untuk keamanan maksimal, kami sarankan untuk menggunakan versi aplikasinya daripada ekstensi perambannya. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengakses semua kata sandi Anda dengan sidik jari. Aplikasi ini menggunakan enkripsi AES-256 untuk menjaga kata sandi Anda tetap tersembunyi.

LessPass

LessPass menghitung kata sandi unik menggunakan sebuah situs, login, dan kata sandi utama. Anda tidak perlu menyinkronkan brankas kata sandi pada setiap perangkat karena LessPass bekerja secara offline. LessPass bekerja mirip dengan Kata Sandi Utama, ia tidak menyimpan kata sandi Anda karena kata sandi dibuat dengan login, kata sandi utama, dan situs tempat Anda masuk.

Master Password

Master Password mengambil pendekatan unik untuk memproteksi kata sandi Anda. Daripada menyimpan kata sandi Anda pada perangkat Anda atau di awan di mana kata sandi tersebut dapat dicuri, Master Password bertindak seperti sebuah kalkulator.

Password Safe

Password Safe menggunakan satu kata sandi utama untuk menjaga semua kata sandi Anda tetap terlindungi, mirip dengan fungsionalitas sebagian besar pengelola kata sandi dalam daftar ini. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan semua kata sandi Anda dalam basis data kata sandi tunggal, atau beberapa basis data untuk tujuan yang berbeda. Membuat basis data itu sederhana, cukup buat basis data, atur kata sandi utama Anda.

SuperGenPass

SuperGenPass menggunakan algoritma hash untuk mengubah kata sandi utama menjadi kata sandi yang unik dan kompleks untuk situs web yang Anda kunjungi. SuperGenPass adalah sebuah bookmarklet dan berjalan langsung di peramban Web Anda. Ia tidak pernah menyimpan atau mengirimkan kata sandi Anda, sehingga sangat ideal untuk digunakan pada banyak komputer dan komputer publik. Aplikasi ini juga sepenuhnya gratis dan bersumber terbuka di GitHub.

Gunakan Perangkat Lunak Antivirus yang Andal

McAfee AntiVirus Plus

McAfee AntiVirus Plus merupakan nama yang terkenal di industri keamanan. Antivirusnya adalah salah satu yang paling populer di pasaran. McAfee menawarkan perlindungan multi-platform untuk PC, Mac, ponsel cerdas, dan tablet.

Symantec Norton AntiVirus Basic

Norton adalah pemain terkenal lainnya di bidang anti-virus. Mirip dengan antivirus McAfee, Norton telah menerima banyak penghargaan untuk produk perlindungan virusnya. Norton menawarkan produk Basic, Standard, Deluxe, dan Premium untuk melindungi satu atau beberapa perangkat dengan fitur tambahan di setiap paketnya.

Webroot SecureAnywhere AntiVirus

Webroot SecureAnywhere AntiVirus adalah perangkat lunak keamanan berbasis cloud yang dirancang untuk menjaga komputer Anda tetap aman dari ancaman virus dan malware lainnya. Antivirus Webroot juga melindungi penjelajahan internet Anda untuk membatasi ancaman dalam mengakses informasi pribadi Anda.

Penyedia Antivirus Lainnya

Bitdefender Antivirus Plus, Kaspersky Anti-Virus, Avast Pro Antivirus.

Gunakan Pemblokir Iklan

Pendapatan iklan adalah salah satu pendorong utama di balik publikasi yang sukses di internet, namun ketika situs web menempatkan pendapatan iklan di atas pengalaman pengguna, akan sulit untuk membaca konten di situs web.

Ad Guardian Ad Blocker

Ad Guardian meningkatkan pengalaman internet Anda dengan memblokir iklan yang mengganggu. Ad Guardian bekerja seperti pemblokir iklan lainnya, tetapi dengan tambahan fitur privasi. Ad Guardian juga membantu melindungi Anda dari skrip pelacakan yang mungkin tersembunyi dalam iklan di situs yang Anda kunjungi. Dengan Ad Guardian, penjelajahan web Anda akan jauh lebih cepat dan lebih ramah pengguna. Jika iklan tidak pernah dimuat, halaman yang Anda kunjungi akan dimuat lebih cepat.

uBlock Origin

uBlock Origin adalah salah satu pemblokir iklan yang paling banyak digunakan di web. Dikenal karena efisiensi dan penggunaan sumber daya minimal. Ini gratis dan sumber terbuka dan memblokir lebih dari sekadar iklan. uBlock Origin membuat penjelajahan web Anda jauh lebih cepat dan lebih ramah pengguna.

Gunakan Pemblokir Pelacak

Disconnect

Disconnect merayapi web untuk menemukan perusahaan-perusahaan yang melacak orang, kemudian memblokir permintaan pelacakan perusahaan-perusahaan tersebut di peramban Anda. Menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana dan setelah ditambahkan ke peramban Anda, mudah digunakan.

NoScript Security Suite

Ekstensi Firefox dari NoScript Security Suite memberikan perlindungan privasi ekstra untuk Firefox. Pengaya sumber terbuka ini memungkinkan JavaScript, Java, Flash, dan pengaya lain untuk dijalankan hanya oleh situs web tepercaya pilihan Anda (misalnya bank online Anda, sambil memblokir skrip yang tidak perlu atau yang mengganggu privasi.

Privacy Badger

Privacy Badger adalah pengaya peramban yang menghentikan pengiklan dan pelacak pihak ketiga lainnya untuk secara diam-diam melacak ke mana Anda pergi dan halaman apa saja yang Anda lihat di web. Jika pengiklan tampaknya melacak Anda di beberapa situs web tanpa izin Anda, Privacy Badger secara otomatis memblokir pengiklan tersebut agar tidak memuat konten apa pun di peramban Anda.

Alat Privasi Lainnya

Dock

Dock adalah sebuah alat yang ingin memberikan Anda kembali kekuatan untuk mengontrol informasi Anda di internet. Dengan sekali login, Dock dapat mengelola izin yang Anda berikan ke aplikasi dan layanan lain di internet. Alat ini menggunakan teknologi blockchain untuk mendesentralisasi penyimpanan informasi Anda.

Firefox Multi-Account Containers

Firefox Multi-Account Containers memungkinkan Anda mengisolasi bagian tertentu dari penjelajahan internet Anda sehingga Facebook atau login lainnya tidak memengaruhi penggunaan internet Anda yang lain.

HTTPS Everywhere

HTTPS Everywhere secara otomatis memaksa situs web untuk memuat versi aman mereka jika situs web tersebut mendukung HTTPS. HTTPS Everywhere adalah ekstensi Firefox, Chrome, dan Opera yang mengenkripsi komunikasi Anda dengan banyak situs web utama, membuat penjelajahan Anda lebih aman. HTTPS Everywhere diproduksi sebagai hasil kolaborasi antara The Tor Project dan Electronic Frontier Foundation.

Let's Encrypt

Let's Encrypt adalah organisasi nirlaba, didirikan pada tahun 2014 oleh Internet Security Research Group, yang menerbitkan sertifikat SSL/TLS gratis untuk umum. Ini adalah alat gratis yang telah mendapatkan dukungan besar dari perusahaan-perusahaan seperti Mozilla, Electronic Frontier Foundation (EFF, Google dan Facebook.

Standard Notes

Standard Notes adalah sebuah alternatif dari aplikasi pencatatan lainnya, tetapi dalam format sumber terbuka dan terenkripsi sepenuhnya. Dengan Standard Notes, perusahaan ini mengklaim bahwa hanya Anda yang dapat mengakses dan membaca catatan Anda. Ini mencantumkan banyak fungsi lebih dari sekadar pencatatan yang digunakan orang untuk Standard Notes: catatan pribadi, tugas & daftar tugas, penyimpanan kata sandi, dll. Standard Notes telah menjalani dan lulus audit keamanan independen.

Terms of Service; Didn’t Read (ToS;DR)

Kebijakan privasi panjang dan sulit dibaca. ToS;DR memudahkan Anda untuk memahami bagaimana sebuah situs web atau perusahaan mengumpulkan dan menggunakan informasi Anda.

 

Sumber: Chief SaM, Januari 2022

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Muhammad Fauzi Rizal