Skip to main content

7 Hal Keseharian Yang Bisa Anda Peroleh Jawabannya Dengan ChatGPT

08 April, 2023
 

ChatGPT adalah kata kunci terbaru di antara jenis teknologi, tetapi rata-rata pengguna internet mungkin tidak mengerti bagaimana mereka dapat memanfaatkan chatbot AI yang suatu hari nanti dapat mencuri pekerjaan mereka.

Pada pandangan pertama, kecerdasan buatan tampak seperti teknologi yang terlalu berlebihan — mirip dengan NFT dan metaverse, mungkin.

Namun, bahkan dalam masa pertumbuhannya, bot obrolan AI telah menunjukkan potensi untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang tidak masuk akal, menghasilkan ide, dan menyederhanakan informasi.

Ada alasan mengapa Google mengeluarkan Kode Merah melalui ChatGPT dan memperkenalkan Google Bard.

ChatGPT mudah digunakan tetapi sulit dikuasai, karena jendela obrolannya menawarkan kemungkinan tak terbatas, dan Anda tidak harus menjadi AI prompt engineer untuk memanfaatkan chatbot OpenAI secara maksimal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan ChatGPT.

DAFTAR ISI

Mendapatkan Jawaban Pertanyaan Sederhana

Sama seperti Anda menggunakan Google untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda, Anda dapat meminta informasi yang sama dari ChatGPT.

Cukup kirimkan pertanyaan dan chatbot akan memberikan tanggapan; tidak perlu mengklik banyak tautan.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Mendapatkan Jawaban Sederhana

Sebagai contoh, penulis bertanya "berapa jarak dari Bumi ke Matahari". AI menjawaba jaraknya 149,6 juta kilometer. Dan jawaban itu didukung oleh NASA.

Namun, itu juga menawarkan beberapa konteks tambahan untuk dicatat bahwa jarak yang tepat berfluktuasi sepanjang tahun karena sifat elips orbit Bumi mengelilingi Matahari.

Jawaban yang ditawarkan oleh Google dan NASA tidak memperhatikan fakta ini—setidaknya tidak secara langsung.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Mendapatkan Jawaban Sederhana

Sebagai contoh lain penulis bertanya "apa pembangkit tenaga sel", jawaban yang mungkin tertanam dalam ingatan siapa saja yang pernah mengikuti kelas sains sekolah menengah.

ChatGPT menjawab dengan benar bahwa itu adalah mitokondria, tetapi juga menawarkan informasi tambahan tentang ATP dan respirasi seluler.

Menjelaskan Tema-tema Kompleks

ChatGPT juga dapat membantu Anda memahami topik rumit yang mungkin sedikit membingungkan.

Anda dapat menggunakan Google Penelusuran untuk membuka halaman Wikipedia tentang topik tertentu, tetapi akan sulit untuk menyerap semua informasi itu dan menjaga semuanya tetap lurus. Di sinilah ChatGPT bisa berguna.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Menjelaskan Topik Kompleks

Sebagai contoh, penulis meminta ChatGPT untuk menjelaskan: ChatGPT.

Itu memberi saya tanggapan empat paragraf tentang bagaimana itu dilatih oleh OpenAI memberinya sejumlah besar data teks. Namun, begitu mulai berbicara tentang jaringan saraf, penulis mulai merasa sedikit bingung.

Jika ini adalah halaman web, penulis mungkin akan berhenti membaca dan melanjutkan. Tapi ini bukan halaman statis; ChatGPT memungkinkan Anda berinteraksi dengan hasilnya dan mengajukan pertanyaan lanjutan.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Menjelaskan Topik Kompleks

Untuk mendapatkan penjelasan yang mungkin lebih dipahami, penulis bertanya: "Bisakah Anda menjelaskan hal ini kepada saya seolah-olah saya masih kecil?" Itu kemudian memunculkan jawaban sederhana yang bisa lebih dipahami.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Menjelaskan Topik Kompleks

Tapi Anda bisa terus dari sini. Hanya untuk lelucuan, penulis meminta ChatGPT untuk menjelaskan dirinya seolah-olah penulis adalah manusia gua, dan ternyata ia merespon.

Ini tidak memiliki banyak penggunaan praktis, tetapi ini menunjukkan betapa mudahnya menyesuaikan respons terhadap tingkat kenyamanan Anda.

Jika Anda seorang siswa yang kesulitan memahami sesuatu seperti kalkulus, ChatGPT dapat menjelaskan konsep tertentu, dan menyesuaikan respons hingga masuk akal, seperti tutor AI.

Yang mengatakan, ChatGPT sedang dalam proses. Itu tidak selalu memperbaiki keadaan dan kadang-kadang hanya mengada-ada.

Jadi sama seperti Anda mungkin menggunakan Wikipedia untuk memulai penelitian Anda tentang topik tertentu, gunakan ChatGPT sebagai titik awal, bukan sebagai sumber formal.

Dan jangan gunakan hasil ChatGPT untuk menulis tugas mengarang Anda. Guru Anda mungkin akan mengetahuinya!

Membuat Resume (CV) dan Surat Lamaran Kerja

Berburu pekerjaan memang melelahkan. Anda harus menemukan lowongan yang cocok dan melewati fase wawancara. Tapi pertama, Anda perlu menulis resume (CV) yang merinci pengalaman Anda dan menyusun surat lamaran kerja.

Tidak punya waktu? Mintalah ChatGPT untuk melakukannya untuk Anda.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Membuat Resume (CV) dan Surat Lamaran Kerja

Penulis meminta chatbot untuk membuat resume untuk seseorang yang melamar menjadi Analis Seluler di PCMag.

ChatGPT tidak hanya membuat template yang bisa digunakan untuk resume, tetapi menambahkan detail karir yang mungkin dimiliki seseorang yang melamar pekerjaan ini di resume mereka sendiri.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengunggah dokumen (belum?) untuk menggunakan informasi Anda sendiri, tetapi Anda dapat menggunakan contoh resume ini sebagai titik awal dan mempersonalisasikannya untuk digunakan nanti.

Atau masukkan detail Anda sendiri dan minta ChatGPT untuk membuat resume dengan informasi tersebut.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Membuat Resume (CV) dan Surat Lamaran Kerja

Entah Anda berfikir surat lamaran kerja ketinggalan zaman ataupun tidak, banyak pekerjaan—terutama pekerjaan menulis—masih membutuhkannya.

Penulis meminta ChatGPT menulis surat lamaran untuk posisi Analis Seluler PCMag, dan itu menghasilkan surat lamaran yang kompeten namun masih umum.

Untuk benar-benar menonjol, Anda mungkin ingin menggunakan ChatGPT sebagai awalan, dan mengedit hasilnya agar lebih personal.

Menampilkan Ringkasan Artikel

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Meringkas Artikel

Begitu banyak yang bisa dibaca, namun begitu sedikit waktu yang tersedia. Jika Anda memerlukan tampilan tingkat tinggi dari artikel 3.000 kata terbaru yang beredar, minta ChatGPT untuk meringkasnya.

Cukup tempelkan teks cerita dan minta rincian chatbot. ChatGPT dapat menampilkan detail dari apa yang terkandung dalam artikel itu.

Anda juga bisa meminta ChatGPT untuk meringkas artikel dalam bentuk bullet list.

Namun, prosesnya mungkin berbeda karena ChatGPT dapat memberikan jawaban yang berbeda kepada orang yang berbeda, meskipun mereka bertanya pertanyaan yang sama. Jadi jangan gunakan hasilnya mentah-mentah untuk menulis ringkasan.

Menampilkan Resep Masakan

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Menampilkan Resep Masakan

Tidak tahu memasak apa malam nanti? ChatGPT dapat menghasilkan resep yang mudah diikuti.

Dalam contoh di atas, penulis meminta resep pedas, dan ChatGPT memberi panduan umum berikut daftar bahan dan petunjuk langkah demi langkah untuk dari persiapan hingga proses memasak.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Menampilkan Resep Masakan

Jika Anda tidak ingin keluar memberi bahan yang tercantum, minta resep ChatGPT dari bahan yang Anda miliki!

Membuat Email

Berjuang untuk mencapai kotak masuk nol? Jadikan ChatGPT asisten pribadi Anda, dan minta untuk menulis email berdasarkan spesifikasi Anda.

Kegunaan OpenAI ChatGPT: Membuat Email

Dalam contoh ini, penulis memintanya menulis untuk meminta promosi, tetapi Anda dapat menambahkan parameter apa pun dan kemudian mengeditnya lebih lanjut.

Menyelesaikan Persamaan Matematika

Jika Anda kesulitan dengan matematika, Anda dapat menggunakan ChatGPT sebagai kalkulator sekaligus tutor. Mintalah untuk memecahkan persamaan matematika yang rumit, dan chatbot akan memberi Anda jawabannya sambil menunjukkan rumusnya.

Dalam contoh ini, penulis memintanya memecahkan nilai X jika X - 10 + 14 = 0.

Memang, ini bukan rumus yang paling sulit untuk dipecahkan, tetapi perhatikan bagaimana cara kerjanya.

ChatGPT tidak hanya memberikan jawaban, tetapi juga memecah persamaan dan memandu Anda melalui proses menemukan jawaban.

 

Demikianlah 7 hal keseharian yang bisa Anda dapatkan jawabannya dengan OpenAI ChatGPT. Semoga bermanfaat dan tetap produktif, yah.

 

Diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "ChatGPT: 7 Things to Ask the AI Chatbot", 7 April 2023, oleh Jason Cohen.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.