Skip to main content

5 Alat Bantu Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Gambar Anda (Ulasan)

14 March, 2024
 

Ingatkah Anda saat Anda melihat foto-foto lama yang berbintik-bintik dari kamera atau smartphone Anda yang sudah ketinggalan zaman dan merasa kecewa dengan kualitasnya yang buruk? Hari-hari itu sudah berakhir!

Dengan kemajuan teknologi AI, Anda sekarang dapat menghasilkan gambar yang sama sekali baru dari awal dengan menggunakan petunjuk, serta memberikan kehidupan baru pada foto-foto lama Anda yang beresolusi rendah. Alat bantu peningkatan kualitas gambar yang didukung AI dapat mengubah foto-foto ini menjadi mahakarya resolusi tinggi yang memukau.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda, 5 alat bantu peningkatan kualitas gambar yang paling mengesankan bagi saya. Saya juga akan memberikan contoh sebelum dan sesudah untuk menunjukkan peningkatan luar biasa yang bisa ditawarkan oleh semua alat ini. Jadi, jika Anda ingin meremajakan foto lama Anda yang berpiksel, bacalah terus.

DAFTAR ISI

Alat Pilihan Untuk Meningkatkan Kualitas Gambar Digital

Gambar beresolusi rendah, hitam-putih, atau berkualitas rendah bisa disimpan, dan berikut ini ada lima alat untuk melakukannya.

1. Gigapixel AI (Mac / Windows)

Ideal untuk: Pengguna desktop yang lebih menyukai fungsionalitas offline dan ingin meningkatkan kualitas gambar tanpa koneksi internet.

Antarmuka Gigapixel AI

Gigapixel AI, dari Topaz Labs, adalah salah satu aplikasi peningkatan kualitas gambar terbaik yang pernah saya gunakan. Antarmukanya mudah digunakan dan menawarkan berbagai fitur yang masuk akal. Tidak hanya sekadar meningkatkan, aplikasi ini juga menyediakan opsi penyesuaian untuk menyesuaikan gambar Anda sebelum memulai proses peningkatan. Aplikasi ini juga memiliki fitur peningkatan besar, yang dapat berguna jika Anda memiliki banyak gambar untuk dikerjakan.

Fitur yang menonjol adalah fungsi pratinjau, yang menampilkan perbandingan berdampingan antara gambar asli dan gambar yang ditingkatkan sebelum menyelesaikan prosesnya. Hal ini praktis untuk menentukan tingkat peningkatan skala yang ingin Anda terapkan, dan untuk menavigasi pengaturan aplikasi.

Perbandingan berdampingan Gigapixel AI dari gambar asli dan gambar yang ditingkatkan

Perbandingan Berdampingan

Dari segi kompatibilitas file, aplikasi ini mendukung beberapa jenis, termasuk JPG, JPEG, TIF, TIFF, PNG, dan DNG. Aplikasi ini menawarkan opsi penskalaan prasetel seperti 0,5x, 2x, 4x, dan 6x, serta kemampuan untuk menetapkan persentase penskalaan khusus hingga 600% dari ukuran aslinya.

Gigapixel AI menyertakan model AI yang berbeda-beda untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis gambar. Opsi "Standard" sesuai untuk foto biasa, sedangkan "Art & CG" lebih sesuai untuk karya seni dan gambar pindaian. Untuk gambar beresolusi rendah atau yang sangat terkompresi, terdapat opsi spesifik, seperti "Low Res" dan "Very Compressed."

Model AI Gigapixel AI yang tersedia untuk peningkatan skala gambar

Model AI untuk Peningkatan

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur tambahan seperti pengurangan noise dan penghilangan keburaman. Aplikasi ini juga menawarkan fungsi pemulihan wajah dan koreksi gamma. Salah satu fitur praktis adalah kemampuan untuk menambahkan awalan dan akhiran yang sudah ditentukan sebelumnya ke nama file gambar yang ditingkatkan.

Harga:

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis untuk mengujinya, tetapi gambar apa pun yang Anda buat akan memiliki tanda air besar di tengah-tengahnya. Jika Anda ingin menghapus tanda air tersebut, aplikasi ini berbayar $99,99. Ini adalah pembayaran satu kali, dan tidak ada biaya berlangganan.

Kelebihan:

  1. Output berkualitas tinggi dengan peningkatan hingga 6x lipat
  2. Pembayaran satu kali untuk penggunaan seumur hidup

Kekurangan

  1. Uji coba gratis menambahkan tanda air ke gambar
  2. Ukuran file yang besar dan perlu mengunduh model AI tambahan

2. Upscale.media (Online)

Ideal untuk: Pengguna ringan yang ingin meningkatkan kualitas hingga 10 gambar per hari secara online gratis tanpa harus berlangganan layanan berbayar.

Tangkapan layar antarmuka Upscale.media

Antarmuka Upscale.media

Jika Anda memilih untuk tidak mengacaukan PC Anda dengan perangkat lunak tambahan hanya untuk meningkatkan kualitas gambar, maka Upscale.media dari PixelBin.io cocok untuk Anda. Ini adalah alat online yang memungkinkan Anda meningkatkan kualitas gambar langsung dari browser web Anda. Bagian terbaiknya? Anda bisa meningkatkan kualitas hingga 10 gambar per hari tanpa perlu membuat akun. Dan jika Anda memutuskan untuk mendaftar, Anda mendapatkan keuntungan tambahan yaitu dapat mengunggah banyak gambar (massal) sekaligus.

Dalam hal kompatibilitas berkas, Upscale.media sudah siap membantu Anda. Mendukung format PNG, JPEG, dan WEBP, dan Anda bisa mengunggah gambar dengan resolusi hingga 1500×1500 piksel.

Setelah Anda mengunggah gambar Anda, alat ini secara otomatis bekerja untuk menggandakan ukurannya. Anda akan menemukan tab "Upscaled" yang praktis yang menunjukkan perbandingan berdampingan antara versi asli, yang ditingkatkan, dan versi yang ditingkatkan oleh AI dari gambar Anda. Fitur ini sangat membantu karena memungkinkan Anda melihat perbedaan kualitas dan memutuskan apakah versi yang ditingkatkan memenuhi kebutuhan Anda.

Tab perbandingan berdampingan Upscale.media

Tab Perbandingan

Dan jika Anda puas dengan hasilnya, mengunduh gambar yang ditingkatkan sangatlah mudah. Tetapi, jika Anda ingin meningkatkan kualitasnya, Anda juga memiliki opsi untuk meningkatkan skala gambar hingga 4x ukuran aslinya. Ditambah lagi, gambar yang diunduh hadir tanpa tanda air apa pun, jadi siap untuk langsung digunakan.

Opsi Upscale.media untuk peningkatan skala 2x dan 4x

Opsi 2x dan 4x

Harga:

Akun Gratis:
  • Kredit: Anda mendapatkan 45 kredit untuk meningkatkan kualitas 45 gambar.
  • Penyimpanan: Dilengkapi dengan ruang penyimpanan sebesar 15GB.
Paket Berlangganan:
  • Biaya: Mulai dari $29 per bulan.
  • Kredit: Anda menerima 300 kredit, memungkinkan Anda untuk meningkatkan hingga 300 gambar.
  • Penyimpanan: Termasuk ruang penyimpanan sebesar 100GB.

Kelebihan:

  1. Tidak perlu mendaftar untuk meningkatkan skala gambar
  2. 10 peningkatan gratis per hari untuk pengguna yang tidak mendaftar

Kekurangan:

  1. Peningkatan gambar secara massal memerlukan akun

Iklan Afiliasi

3. HitPaw Photo Enhancer (Mac / Windows)

Ideal untuk: Pengguna yang mencari alternatif offline dan hemat biaya untuk Gigapixel AI.

Tangkapan layar antarmuka HitPaw Photo Enhancer

Antarmuka Penambah Foto HitPaw

Photo Enhancer dari HitPaw adalah aplikasi peningkatan kualitas foto yang relatif mudah digunakan. Anda cukup menarik dan melepaskan gambar Anda ke dalam aplikasi. Setelah diunggah, Anda memiliki opsi untuk memilih dari berbagai model AI. Model 'Kualitas' sangat cocok untuk foto dengan resolusi lebih rendah, sedangkan model 'Cepat' lebih sesuai untuk gambar yang lebih besar dan beresolusi tinggi.

Opsi model AI umum HitPaw Photo Enhancer

Model AI Umum

Aplikasi ini juga menyediakan model khusus untuk kebutuhan tertentu. Contohnya, 'Denoise Model' didesain untuk menghilangkan noise pada foto, dan 'Face Model' disesuaikan untuk fotografi potret wajah. Opsi tambahan termasuk kemampuan untuk mewarnai gambar hitam putih dan mengkalibrasi warna pada foto yang mungkin kurang cahaya atau kurang saturasi. Jika foto Anda memiliki goresan, bahkan ada model untuk mengatasi masalah itu.

Model AI khusus HitPaw Photo Enhancer

Model AI lainnya

Sebelum menyelesaikan pengeditan Anda, Anda dapat menggunakan tombol 'Pratinjau' untuk membandingkan versi asli dan versi yang disempurnakan dari gambar Anda. Pada tahap ini, Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan lebih banyak foto untuk disempurnakan dan menyesuaikan resolusi hasil akhir. Anda juga dapat menentukan folder tempat Anda ingin menyimpan gambar yang telah disempurnakan.

Perbandingan berdampingan antara gambar asli dan gambar yang disempurnakan dengan HitPaw Photo Enhancer

Perbandingan Gambar

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda menggunakan versi gratis atau versi uji coba aplikasi ini, Anda tidak dapat mengekspor gambar Anda, dan tanda air akan muncul pada pratinjau.

Harga

  1. Uji Coba Gratis: Anda bisa mencoba aplikasi ini secara gratis, tetapi Anda tidak dapat menyimpan atau mengekspor foto yang sudah diedit.
  2. Paket Bulanan: Dengan $19,99 per bulan, Anda mendapatkan akses penuh ke semua fitur dan bisa mengekspor hasil karya Anda.
  3. Paket Tahunan: Bayar $79,99 untuk setahun dan nikmati semua fitur aplikasi dengan harga diskon.
  4. Pembelian Satu Kali: Bayar biaya satu kali sebesar $129,99 untuk memiliki aplikasi ini selamanya tanpa biaya tambahan.

Kelebihan

  1. Antarmuka yang ramah pengguna
  2. Output berkualitas tinggi

Kekurangan

  1. Tidak ada ekspor untuk pengguna gratis
  2. Proses instalasi yang lambat

4. AVCLabs Photo Enhancer AI (Mac / Windows)

Ideal untuk: Pengguna desktop yang menginginkan solusi lengkap untuk peningkatan gambar, denoising, kalibrasi warna, dan penghilangan latar belakang.

Tangkapan layar antarmuka AVCLabs Photo Enhancer AI

Antarmuka Penyempurna Foto AVCLabs

Jika Anda telah berurusan dengan gambar berkualitas rendah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan AVCLabs Photo Enhancer AI. Aplikasi ini memanfaatkan AI untuk menyediakan berbagai alat yang bertujuan untuk meningkatkan foto Anda. Aplikasi ini menawarkan fitur dasar seperti penajaman gambar dan pengurangan noise, serta opsi yang lebih khusus seperti penyesuaian warna dan penghilangan latar belakang.

Daftar fitur AI Photo Enhancer AVCLabs

Daftar Fitur

Salah satu fungsi penting dari AVCLabs Photo Enhancer AI adalah pendeteksian dan pengenalan wajah berbasis AI. Hal ini khususnya berguna untuk foto yang berfokus pada detail wajah, seperti potret wajah atau foto kelompok.

Aplikasi ini mampu memperbesar gambar hingga 400% sambil mempertahankan kualitas aslinya. Aplikasi ini juga secara otomatis menyesuaikan berbagai elemen seperti tingkat kebisingan, ketajaman, dan kecerahan untuk menyempurnakan foto Anda.

Contoh pembesaran 400% AI Photo Enhancer AVCLabs Photo Enhancer

Pembesaran 400

AVCLabs Photo Enhancer AI mendukung berbagai format gambar termasuk JPG, JPEG, PNG, dan BMP. Menginstal aplikasi ini cukup mudah, meskipun memang perlu menambahkan beberapa komponen AI tambahan. Setelah semuanya diatur, Anda dapat dengan mudah menyeret dan melepaskan gambar ke dalam aplikasi, menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan, lalu klik "Simpan Semua" untuk mendapatkan gambar yang telah ditingkatkan.

Harga:

  • Paket Bulanan: $19,95 per bulan
  • Paket Tahunan: $79,95 per tahun
  • Paket Seumur Hidup: $159,90 (pembayaran satu kali)

Kelebihan

  1. Mudah digunakan
  2. Mendukung peningkatan gambar secara massal

Kekurangan

  1. Tidak ada pratinjau sebelum dan sesudah
  2. Tanda air pada gambar dalam uji coba gratis

Iklan Afiliasi

5. Pixelcut.ai (Online)

Ideal untuk: Pengguna yang lebih menyukai peningkatan gambar secara online dan ingin menghindari pemasangan aplikasi desktop.

Tangkapan layar antarmuka Pixelcut.ai

Antarmuka Pixelcut.ai

Terakhir, kami memiliki Pixelcut.ai, alat online yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas gambar. Mirip dengan Upscale.media, yang kami sebutkan sebelumnya, ini juga tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar akun.

Dengan antarmuka seret dan lepas yang sederhana, mengunggah gambar yang ingin Anda tingkatkan kualitasnya, sangatlah mudah. Alat ini secara otomatis menangani proses peningkatan kualitas untuk Anda. Setelah gambar Anda ditingkatkan, Anda dapat mengunduhnya dengan mengeklik tombol "Unduh HD" yang terletak di sudut kanan atas layar. Gambar yang ditingkatkan yang diunduh datang tanpa tanda air, yang merupakan nilai tambah.

Pixelcut.ai menawarkan fleksibilitas dalam peningkatan skala, memungkinkan Anda untuk memperbesar gambar Anda 2x atau 4x. Platform ini juga dilengkapi dengan editor online bawaan. Meskipun kemampuannya terbatas, editor dasar ini memungkinkan Anda untuk membuat penyesuaian lebih lanjut pada gambar Anda. Anda bisa menambahkan teks, bentuk, dan latar belakang, serta mengubah ukuran atau memotong foto Anda untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

Editor gambar bawaan Pixelcut.ai

Editor Bawaan

Selain itu, Pixelcut.ai menawarkan paket berlangganan. Dengan meningkatkan, Anda mendapatkan akses ke fitur-fitur seperti penghapusan latar belakang tanpa batas, pengeditan foto batch, dan pustaka ekstensif lebih dari 100 templat, font, latar belakang, dan lapisan premium. Langganan juga membuka Pixelcut Pro pada perangkat iPhone dan Android.

Harga:

  • Gratis: Anda dapat meningkatkan kualitas satu gambar secara gratis.
  • Paket Tahunan: Dapatkan diskon 50% dari harga asli tahunan $59,99. Anda hanya akan membayar $4,99 setiap bulan saat ditagih setiap tahun.
  • Paket Bulanan: Bayar $9,99 setiap bulan jika Anda lebih suka berlangganan bulanan.

Kelebihan

  1. Gratis untuk digunakan
  2. Tidak ada tanda air

Kekurangan

  1. Fitur tambahan terbatas

 

Sumber: Hongkiat Lim, 29 Januari 2024

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Muhammad Fauzi Rizal