Skip to main content
12 August, 2023
# Topics

Cara Menghindari Diri Dari Doxxing: 15 Tips Menjaga Privasi Onlinemu

12 August, 2023
 

Doxing atau doxxing adalah tindakan menyediakan informasi pribadi yang dapat diidentifikasi tentang individu atau organisasi secara publik, biasanya melalui Internet. Secara historis, istilah ini telah digunakan bergantian untuk merujuk baik pada pengumpulan informasi ini dari database publik dan situs media sosial, maupun publikasi informasi pribadi sebelumnya yang diperoleh melalui cara-cara kriminal atau curang lainnya. Pelajari langkahnya untuk melindungi privasi onlinemu dan aman mengelola informasi pribadi. Pahami cara menghindari risiko doxxing dengan 15 tips berikut:

DAFTAR ISI

Cari informasi tentang dirimu sendiri.

Gunakan setiap tautan yang mungkin untuk menemukan informasi tentang dirimu. Kamu bisa menggunakan berbagai tingkat informasi di setiap tautan, tergantung seberapa anonim yang ingin kamu pertahankan. Jika kamu menemukan informasi yang akurat tentang dirimu, cari tahu bagaimana cara mengubah atau menghapusnya segera.

Media sosial.

Memiliki akun media sosial apapun (Facebook, Twitter, Reddit, TikTok, Instagram, dll.) yang mengungkap langsung kehidupan pribadimu mungkin bukan ide yang baik. Jika kamu serius tentang tidak ingin terkena doxxed, kamu akan menghapus segalanya yang terkait dengan kehidupan pribadimu.

Tetaplah Berfikiran Sadar dan Waras

Memberikan informasi pribadi adalah cara paling mudah untuk tertangkap. Jika seseorang memintanya, bilang kepada mereka untuk menjauh dan lanjutkan.

Gunakan nama pengguna umum dan jangan ulangi nama pengguna.

Ini membuat lebih sulit untuk mengumpulkan semua informasimu dan membuat doxer menggunakan berbagai alat untuk menemukanmu. Tips yang serupa adalah untuk menghindari menggunakan nama pengguna yang sama atau mirip dengan nama aslimu.

Jangan pernah menghubungkan nama pengguna dengan gamertag dan sebaliknya.

Contoh real dalam kehidupan nyata adalah anon "penggila teknologi" yang tertangkap karena polisi dapat menghubungkan gamertag-nya dengannya dan kemudian menghubungkannya dengan #oppaypal.

Gunakan Hard Drive Terenkripsi Penuh

Jika kamu benar-benar serius tentang keamanan operasional, pertimbangkan enkripsi hard drive penuh jika terjadi masalah mungkin adalah ide yang baik. Pelajari juga tentang metode enkripsi yang melindungi lalu lintas masuk dan keluar dari komputermu ke internet. Sebagai catatan sampingan, bagian paling rentan dari setiap koneksi berada pada tingkat lokal.

Jangan mengirim gambar termasuk data EXIF.

Alat untuk menghapus data EXIF dari gambarmu bisa ditemukan di sini mat.boum.org.

Cek Kredibilitas Perusahaan Sebelum Memesan Sesuatu Secara Daring

Sebelum memesan sesuatu secara online, periksa perusahaan tersebut di situs seperti trustpilot.com. Jika kamu memesan dari situs palsu, mereka bisa menguras kartu kreditmu. Dan jika mereka memiliki info kartu kreditmu, mereka dapat mengakses begiut banyak informasi tentangmu.

Cari Tahu Apakah Ada Kebocoran ID KTP-mu Atau Data Diri Lain

Cari nomor SSN (Social Security Number) kamu dalam tanda kutip untuk melihat apakah bocor. (Hati-hati di sini!)

Sembunyikan Alamat IP-Mu Jika Memungkinkan

Ingat juga untuk menyembunyikan alamat IP-mu. Kami merekomendasikan Mullvad VPN atau Peramban TOR dan Orbot untuk Android.

Hindari Kebocoran Nomor Telepon Pribadi

Hubungi operator ponselmu dan beritahu mereka untuk tidak memposting nomormu di situs seperti white pages.

Minimalisir Dampak Kebocoran

Jika kamu tidak dapat menghapus akun, maka ubahlah nama, foto, info, dan segala hal lain tentang akun tersebut.

Cari Tahu Data Diri Di Direktori Daring

Cari namamu sendiri di situs seperti pipl.com untuk memeriksa apa yang mungkin bisa ditemukan tentangmu secara online. Ini juga bisa membantumu melihat akun-akun mana yang perlu kamu hapus, dan kirimkan email kepada mereka untuk menghapus infomu.

Jangan mengklik tautan acak.

Jika kamu melakukannya, kamu bisa mendapatkan malware yang bisa mengungkap informasi pribadimu, alamat IP-mu, dan banyak hal lain. Ini termasuk bocornya sidik jari perambanmu yang bisa mencakup model GPU yang tepat.

Usahakan Tidak Membuat Musuh Di Dunia Maya

Jika kamu membuat marah seseorang dan menjadi musuh di dunia maya, peluangmu menjadi korban doxxing akan lebih besar!

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.