Skip to main content

Aplikasi Apple MacOS Desktop ChatGPT vs Aplikasi Web: Apa Bedanya?

01 June, 2024
 

OpenAI telah merilis aplikasi desktop Mac untuk ChatGPT, dengan versi Windows yang dijanjikan di beberapa waktu di masa depan. Apa yang istimewa dari aplikasi ini dibandingkan dengan kenyamanan menggunakan situs web ChatGPT?

 

DAFTAR ISI

Apa Itu Aplikasi Desktop ChatGPT?

Tidak seperti halaman web ChatGPT, aplikasi desktop adalah perangkat lunak yang Anda instal pada komputer Anda. Dengan kata lain, Anda tidak perlu membuka peramban untuk menggunakan ChatGPT jika Anda telah menginstal aplikasinya.

Namun, ini bukan versi offline dari ChatGPT. Aplikasi ini masih merupakan frontend untuk layanan cloud yang disediakan oleh OpenAI. Sebagian besar komputer rumahan tidak akan memiliki kekuatan pemrosesan untuk menjalankan ChatGPT Large Language Model (LLM), bahkan jika OpenAI mengizinkan kami melakukannya.

Anggap saja ini mirip dengan aplikasi desktop Spotify. Aplikasi dan situs web memberi Anda pengalaman yang secara luas sama, tetapi beberapa hal lebih nyaman dengan aplikasi khusus.

Platform Apa Saja yang Mendukung Aplikasi?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat artikel ini ditulis, aplikasi desktop hanya tersedia untuk pengguna Mac. Aplikasi desktop Windows tidak diragukan lagi sedang dalam proses, tetapi tidak ada jadwal resmi dari OpenAI kapan aplikasi untuk desktop Windows tersebut dirilis.

Saat ini, Anda harus menjadi pelanggan berbayar, dan bisa mengakses unduhan aplikasi dari menu akun situs web ChatGPT. Cukup klik pada gambar profil Anda dan pilih “Download the macOS App.”

01 chatgpt web link to download desktop app

Kemudian instal aplikasinya seperti aplikasi Mac lainnya. Aplikasi ini pada akhirnya akan diluncurkan untuk pengguna gratis juga, tetapi tampaknya OpenAI mengambil pendekatan bertahap.

Setelah Anda membuka aplikasinya, masuklah dengan nama pengguna dan kata sandi Anda, atau dengan akun Google Anda. Kemudian Anda akan dihadapkan pada jendela aplikasi seperti ini.

02 chatgpt desktop app

Apa Saja Perbedaan Antara Aplikasi, Aplikasi Seluler, dan Situs Web?

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa ada beberapa fitur yang dijanjikan untuk aplikasi desktop yang tidak menjadi bagian dari rilis awal. Sebagai contoh, kemampuan untuk memberikan akses ChatGPT ke webcam Anda untuk video langsung belum tersedia pada saat artikel ini ditulis, meskipun Anda bisa mengambil foto dengannya.

Demikian juga, aplikasi desktop tidak dapat melihat umpan langsung dari layar Anda, hanya tangkapan layar manual. Ada versi yang lebih canggih dari mode percakapan yang sedang dalam pengembangan.

Ini membawa kita pada perbedaan utama pertama antara aplikasi desktop dan situs web. Hingga aplikasi desktop dirilis, hanya aplikasi Android dan iOS yang mendukung pertanyaan suara atau mode percakapan dinamis.

Dengan aplikasi desktop, Anda bisa menggunakan tombol mikrofon atau headphone untuk menggunakan suara Anda dengan ChatGPT. Tombol headphone akan mengaktifkan mode percakapan, yang merupakan cara percakapan bebas genggam untuk menggunakan ChatGPT.

03 the chatgpt desktop app conversation mode

Aplikasi ini juga memudahkan untuk mengunggah file dari komputer Anda, dan mengambil tangkapan layar secara langsung ke ChatGPT untuk digunakan dalam perintah Anda. Ini adalah hal-hal yang sudah bisa Anda lakukan dengan menggunakan situs web dan peramban Anda, tetapi aplikasi ini hanya menghilangkan beberapa langkah di antaranya.

Jika Anda sering menggunakan ChatGPT, dan memanfaatkan tangkapan layar dan unggahan berkas setiap saat, maka alur kerja yang disederhanakan ini akan menambah waktu yang dihemat dengan cepat.

Bagi kami, fitur utama aplikasi ini di Mac adalah integrasinya dengan macOS. Dengan menekan Option+Spasi, Anda akan membuka jendela prompt, yang berarti Anda bisa menanyakan apa saja pada ChatGPT dalam sekejap, apa pun yang sedang Anda lakukan di Mac.

Kapan Menggunakan Aplikasi vs Situs Web

Kami fikir, pada dasarnya, kebanyakan orang akan baik-baik saja hanya dengan menggunakan antarmuka web ChatGPT yang sudah ada. Jika Anda adalah pengguna berat ChatGPT, aplikasi ini merupakan peningkatan yang pasti pada alur kerja Anda.

Juga, jika Anda memiliki banyak sekali tab yang terbuka pada peramban Anda, aplikasi desktop merupakan anugerah karena Anda bisa mengakses ChatGPT dengan penekanan tombol atau langsung menemukannya di dok, daripada menyisir tab.

Penting untuk ditekankan bahwa meskipun versi web dan versi desktop pada dasarnya sama pada saat ini, akan ada fitur-fitur yang hadir pada versi ChatGPT yang tidak diragukan lagi akan membuatnya jauh lebih menarik.

Kami juga bertanya-tanya apakah OpenAI bisa mengintegrasikan versi Windows dari aplikasi ini sebaik versi macOS-nya, tetapi kita semua harus menunggu hingga aplikasi ini dirilis ke publik sebelum bisa mengujinya.

04 chatgpt macos prompt integration

Kesimpulan

Menurut kami, aplikasi desktop ini merupakan pilihan yang bagus, dan tidak ada alasan bagi pengguna macOS untuk tidak mencobanya jika mereka memenuhi syarat untuk menggunakannya.

Mungkin ini adalah polesan yang Anda perlukan untuk membuat ChatGPT menjadi bagian yang tepat dari alur kerja Anda, bukan hanya sebuah batu di sepatu Anda.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

 

Sumber: Sydney Butler (31 Mei 2024).