Skip to main content
06 April, 2023

Bagaimanakah Wordpress Diciptakan? Temukan Kisah Suksesnya Disini!

06 April, 2023

Di bulan April ini kami berbagi dengan Anda pengetahuan tentang salah satu Content Management System (CMS) paling populer di dunia. Kami bergabung dalam perayaan ulang tahun ke-20 WordPress dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan situs web pada sistem manajemen konten populer ini. Dan kali ini, kami mendorong Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah WordPress!

DAFTAR ISI

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) paling populer di dunia saat ini. Namun, itu berasal dari skrip blog sederhana yang ditulis oleh Michel Valdrighi pada tahun 2001.

Skrip ini dibuat menggunakan PHP dan MySQL sederhana, Michael menyebutnya B2/Cafelog. Matt Mullenweng, yang sedang mencari alat untuk menerbitkan foto liburannya, menemukan skrip ini dan mulai menggunakannya.

Skrip B2/Cafelog memenuhi kebutuhannya karena merupakan sistem sumber terbuka dan ditulis dalam PHP, yang mendukung servernya.

Sayangnya, tak lama setelah acara ini, pembuat skrip blog, Michel Valdrigh, memutuskan bahwa skripnya tidak akan dikembangkan lebih lanjut.

Beberapa bulan kemudian, Matt Mullenweg mengumumkan di blognya rencananya untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis blog, sesuai dengan standar web dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Rekannya Mike Little bergabung dengan proyek tersebut dan menambahkan komentar di bawah posting blognya:

"Baiklah, jika Anda tertarik untuk mengerjakannya, mari bekerja sama".

Maka pekerjaan dimulai pada pengembangan WordPress di atas mesin B2/Cafelog. Penulis naskah versi asli, Michel Valdrighi, juga bergabung dalam proyek ini.

Pada tanggal 27 Mei 2003, versi pertama WordPress dirilis dengan nomor 0.70. Versi selanjutnya dari WordPress segera menyusul, memperkenalkan fitur dan peningkatan baru.

Dari alat blogging sederhana, hanya dalam beberapa tahun, sistem telah berkembang menjadi CMS yang kuat dengan banyak kemampuan.

Pada tahun 2004, Matt Mullenweg mendirikan Automattic, yang mulai mengelola proyek WordPress dan layanan web lainnya.

Pada tahun-tahun berikutnya, WordPress menjadi salah satu sistem manajemen konten paling populer di dunia, mendapatkan popularitas di kalangan blogger dan bisnis.

Seiring dengan perkembangan WordPress, banyak plugin dan tema telah dikembangkan untuk memperluas dan menyesuaikannya.

Saat ini, WordPress tersedia dalam banyak bahasa dan menawarkan banyak fitur berbeda, seperti editor konten, manajemen pengguna, sistem komentar, atau toko online, dan lain-lain.

Beberapa fakta menarik tentang WordPress:

  1. Nama "WordPress" dicetuskan oleh teman Matt Mullenweg, Christine Selleck
  2. Skrip b2/Cafelog masih dikembangkan dengan nama b2evolution
  3. Mike Little dan Mark Mullenweg hanya bertemu langsung pada tahun 2009 - sebelumnya, mereka hanya berhubungan melalui email
  4. WordPress secara otomatis mengoreksi namanya di posting - sebuah fungsi telah ditambahkan yang mengubah huruf "w" dan "p" menjadi huruf besar setiap kali Anda mengetik frasa "wordpress"

Kesimpulan

WordPress mendapatkan popularitasnya mungkin karena salah satu fitur uniknya - kode sumber terbuka. Selain itu, sistem ini menawarkan pustaka plugin dan tema yang kaya, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan situs web Anda.

WordPress telah mengalami banyak perubahan dan pembaruan selama 20 tahun, tetapi tujuan pengembang selalu menyediakan alat yang sederhana dan nyaman untuk mengelola konten situs web, dan mereka pasti berhasil.

 

Diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "Discover the success story - how was WordPress created?". 5 April 2023.

 

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS