Skip to main content
19 November, 2023

Panduan Komprehensif Istilah-Istilah Internet Yang Umum Digunakan

19 November, 2023
 

Dari 'AFK' hingga 'WP', panduan ini mengungkap istilah-istilah yang sering digunakan di dunia maya.

 

Pernah merasa bingung saat menjelajah forum atau situs web khusus, tidak bisa memahami terminologi yang digunakan? Selamat datang di lanskap evolusi internet, di mana pengguna telah mengembangkan kosakata unik mereka sendiri untuk lebih baik menyatakan diri. Dalam panduan ini, kami akan menguraikan beberapa istilah ini untuk Anda.

Banyak istilah ini berasal dari komunitas game yang bermain game online multipemain. Para pemain game ini sering menggunakan frasa singkat dan singkatan untuk berkomunikasi dengan cepat selama permainan yang intens, atau untuk mengekspresikan kepribadian mereka yang berkepribadian geek. Mari kita lihat makna dari lebih dari 40 istilah ini.

DAFTAR ISI

Troll

Seorang 'Troll' adalah seseorang yang menikmati menciptakan kekacauan, baik dengan bertindak seperti tahu segalanya atau kritikus. Mereka sering meninggalkan komentar provokatif atau tidak terkait di forum untuk sengaja mengganggu orang lain. Namun, tidak semua troll bersifat jahat; beberapa mungkin pelawak yang bertujuan menghibur daripada membuat frustrasi.

Trollolol

Istilah ini digunakan oleh orang-orang yang menyadari bahwa trolling sedang terjadi dan terhibur olehnya, meskipun mereka mungkin tidak ikut serta.

kthxbai

Singkatan ini adalah singkatan dari 'okay, thank you, bye' dan biasanya digunakan ketika seseorang ingin keluar dari percakapan. Ini adalah cara yang lebih cepat untuk mengatakan 'Saya sudah selesai di sini' tanpa menggunakan banyak kata.

AFK

AFK merupakan singkatan dari Away From Keyboard, menunjukkan bahwa orang tersebut sementara tidak dapat dihubungi.

Imba

Singkatan dari Imbalanced, 'Imba' sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu dalam permainan yang sangat kuat. Istilah ini juga dapat diterapkan pada situasi kehidupan nyata, seperti 'Skydiving dari luar angkasa itu imba.'

Leet

Berasal dari kata 'elite,' 'Leet' menunjukkan keunggulan atau keahlian dalam bidang tertentu. Misalnya, menyebut diri Anda sebagai 'leet gamer' berarti Anda sangat terampil. Istilah ini kadang-kadang dieja sebagai 1337, menggunakan angka dan simbol untuk menggantikan huruf: H1, |-|0\/\/ 4R3 Y0U D01|\|9?

GG

Singkatan ini adalah singkatan dari Good Game dan umumnya digunakan untuk mengakui kekalahan dalam permainan online. Beberapa pemain, yakin akan kemenangan mereka yang akan datang, mungkin menggunakannya terlalu dini untuk mencemooh lawan mereka.

Taunt

Mengejek adalah tindakan memprovokasi atau mengganggu seseorang dalam permainan, seringkali dengan menyebut mereka sebagai tidak berpengalaman atau menggunakan bahasa yang merendahkan. Ini adalah taktik psikologis yang digunakan oleh pemain untuk menggoyahkan lawan mereka.

Get on My Level

Frasa ini digunakan untuk menantang lawan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar sejajar dengan Anda sendiri, efektif sebagai bentuk ejekan.

BM

BM adalah akronim dari Bad Manner, biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang kehilangan kesabarannya dan mulai membuat komentar yang tidak terkait dan merendahkan.

RL

RL merupakan singkatan dari Real Life, merujuk pada aktivitas atau interaksi yang terjadi di luar dunia digital. Misalnya, 'Saya menjualnya kepada teman RL saya.'

Epic

Istilah 'Epic' digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat keren atau menakjubkan. Ini pada dasarnya adalah kata lain untuk 'keren.'

BURN!

Istilah 'Burn' populer karena Kelso di That 70's Show. Ini digunakan ketika komentar seseorang berbalik melawannya, berfungsi sebagai versi lebih intens dari 'ouch' zaman dulu.

Hardcore

'Hardcore' menggambarkan sesuatu yang sangat menantang atau intens. Misalnya, 'Membeli keyboard seharga $500 itu sangat hardcore.'

Noob

Istilah 'Noob' berasal dari 'newbie,' dan menggambarkan seseorang yang baru dalam suatu permainan atau aktivitas.

Nerfed

'Nerfed' mengacu pada sesuatu yang telah melemah atau dibuat kurang efektif. Misalnya, 'Kartu grafis baru adalah versi lebih murah tetapi lebih lemah dari model sebelumnya.'

Buffed

'Buffed' adalah antonim dari 'nerfed,' digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang telah ditingkatkan atau diperkuat.

Pwned

'Pwned' adalah istilah slang untuk 'owned,' digunakan untuk menggambarkan mengalahkan atau mendominasi seseorang atau sesuatu. Kadang-kadang digunakan sebagai alternatif kata 'kekalahan.'

WP

WP adalah singkatan dari Well Played. Ini adalah cara untuk menyatakan kagum atas sesuatu yang dilakukan dengan baik. Misalnya, 'WP untuk [perusahaan smartphone] atas menciptakan smartphone yang inovatif.' Ini adalah versi modern dari klasik 'Touché.'

Lag

'Lag' sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat lambat. Meskipun ini adalah kata bahasa Inggris standar, itu diterapkan dalam berbagai konteks. Misalnya, 'Lag dalam pengiriman menyebabkan saya kehilangan ribuan dolar.'

TL;DR

Ini adalah singkatan dari Too Long; Didn't Read. Seringkali digunakan secara sarkastis untuk menyarankan bahwa suatu konten bisa diringkas dengan lebih singkat.

IKR

IKR adalah singkatan dari 'I Know, Right?' dan umumnya digunakan sebagai respons terhadap pernyataan seperti 'Seberapa keren itu!'

IDK

IDK adalah akronim dari 'I Don't Know,' sering digunakan ketika komunikasi cepat diperlukan, ter

utama dalam konteks permainan.

GLHF

GLHF mewakili Good Luck, Have Fun. Ini dapat digunakan secara tulus atau secara sarkastis, tergantung pada situasi.

RQ

RQ adalah singkatan dari Rage Quit, sebuah istilah yang berasal dari para pemain game yang keluar dari permainan dengan frustasi tanpa menunjukkan sportivitas. Ini juga dapat menggambarkan seseorang yang memberikan perlakuan diam karena marah.

You Mad?

‘You Mad?’ adalah frase yang sering digunakan untuk memprovokasi seseorang lebih jauh setelah mereka sudah marah. Ini berasal dari meme internet.

Jelly

‘Jelly’ adalah bahasa gaul untuk ‘cemburu’ dan digunakan sebagai pengganti kata ‘jelous’ dalam berbagai konteks.

Uber

‘Uber’ digunakan sebagai pengganti kata ‘super’ atau ‘very’. Misalnya, ‘That’s uber cool!’

Srs Bsns

‘Srs Bsns’ adalah singkatan dari ‘Serious Business’. Sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menganggap sesuatu lebih serius daripada yang orang lain mungkin harapkan.

LOL

Jika Anda baru dalam dunia Internet, LOL adalah singkatan dari Laughing Out Loud. Cara cepat untuk mengekspresikan kegembiraan.

ROFL

ROFL adalah perluasan dari LOL dan singkatan dari Rolling On The Floor Laughing. Digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu sangat lucu.

LMAO

LMAO adalah variasi lain dari LOL dan ROFL, singkatan dari Laughing My Ass Off.

TTYL

TTYL adalah singkatan dari Talk To You Later dan sering digunakan sebagai cara santai untuk mengatakan selamat tinggal. Namun, terkadang orang tidak benar-benar kembali.

BRB

BRB adalah singkatan dari Be Right Back. Cara cepat untuk memberi tahu seseorang bahwa Anda akan kembali sebentar, meskipun tidak selalu demikian.

BBL

BBL mirip dengan BRB dan singkatan dari Be Back Later. Rentang waktu yang lebih tidak pasti, di antara TTYL dan BRB.

IIRC

IIRC adalah singkatan dari If I Remember Correctly. Istilah umum yang telah dipersingkat untuk kenyamanan.

IINM

IINM singkatan dari If I'm Not Mistaken dan digunakan dalam konteks yang serupa dengan IIRC.

IMHO

IMHO adalah singkatan dari In My Humble Opinion. Terkadang, disederhanakan menjadi IMO, menghilangkan bagian ‘humble’.

GTG

GTG sering digunakan sebelum keluar dan singkatan dari Got To Go. Cara cepat untuk mengatakan Anda akan pergi.

IDC

IDC adalah singkatan dari I Don’t Care. Cara tegas untuk mengekspresikan ketidakpedulian.

AFAIK

AFAIK singkatan dari As Far As I Know. Istilah yang berguna untuk memulai pernyataan, mirip dengan IIRC atau IINM.

BTW

BTW adalah singkatan dari By The Way, sering digunakan untuk memperkenalkan topik atau informasi baru.

TBH

TBH banyak digunakan secara online dan singkatan dari To Be Honest. Cara untuk memulai pernyataan di mana Anda akan memberikan pendapat jujur Anda.

Sumber: Hongkiat.Com.

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS