Skip to main content

Situs-situs Pilihan Untuk Mendapatkan Ebook Gratis Beragam Genre (1/2)

01 January, 2024
 

Ebook telah merevolusi cara para pembaca buku untuk berinteraksi dengan literatur. Dengan kemampuan membaca melalui gawai pintar, aksesibilitasnya menjadi lebih luas. Selain itu, dunia maya juga memiliki beragam situs yang menawarkan ebook gratis ataupun diskon.

DAFTAR ISI (Bagian 1/2)

Beragam Situs Pilihan Untuk Mendapatkan Ebook Gratis

Bagi mereka yang mencari sumber terbaik untuk mengunduh ebook gratis atau bahkan memasarkan ebook mereka secara online, berikut adalah daftar lengkap yang merinci format dan prosedur pengunduhannya masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:

Project Gutenberg

Gambar situs web Project Gutenberg

Project Gutenberg adalah perpustakaan online terkemuka yang menawarkan buku-buku domain publik secara gratis. Didirikan pada tahun 1971 oleh Michael S. Hart, ia memiliki kehormatan sebagai perpustakaan digital tertua.

Inspirasi Hart untuk perpustakaan ini muncul ketika ia menemukan salinan cetak Declaration of Independence dihargai $1,50, yang ia anggap terlalu mahal. Saat ini, perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 60.000 eBook gratis.

Situs web Project Gutenberg yang ramah pengguna memungkinkan navigasi yang mudah. Anda dapat menjelajahi berbagai kategori atau menggunakan fungsi pencarian. Setelah menemukan buku yang menarik, cukup klik judulnya untuk mendapatkan detail lebih lanjut.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: Kindle, .epub, .html
  • Perlu Mendaftar? Tidak

ManyBooks

Gambar situs web ManyBooks

ManyBooks menonjol sebagai platform eBook gratis yang luar biasa, dengan perpustakaan lebih dari 50.000 judul dari lebih dari 600 penerbit yang berbeda. Dengan didirikan lebih dari satu dekade yang lalu, ini adalah tempat penyimpanan harta karun bagi judul-judul terbaru maupun klasik.

Keberagaman ManyBooks terlihat dalam aksesnya yang beragam. Pengguna dapat menikmati judul langsung melalui browser mereka atau memilih untuk mengunduh dalam berbagai format seperti .epub, .mobi, dan .pdf, memastikan kompatibilitas dengan berbagai perangkat.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: Kindle, .epub, .pdf, .mobi
  • Perlu Mendaftar? Ya

Free-eBooks

Gambar situs web Free-eBooks

Free-eBooks adalah gudang pengetahuan yang luar biasa bagi para pembaca, menyajikan karya-karya dari lebih dari 1000 penulis baru yang tersebar di berbagai kategori, baik fiksi, non-fiksi, atau akademis. Baik Anda menggunakan Kindle, Nook, iPad, atau eReader lainnya, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menarik.

Sudah menghiasi dunia online sejak tahun 2007, Free-eBooks adalah tujuan yang dicari untuk buku gratis. Sementara klasik seperti "Pride and Prejudice" dan "Alice in Wonderland" membentuk landasannya, sensasi baru seperti "The Hunger Games" dan "Divergent" juga membuat kehadirannya terasa.

Bagi mereka yang bingung memilih, platform ini menawarkan kategorisasi berdasarkan fiksi, non-fiksi, misteri, roman, dan sebagainya. Selain itu, buku dapat dipilih berdasarkan popularitas, rating, atau kronologi rilis.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: Kindle, .epub, .pdf, .mobi
  • Perlu Mendaftar? Ya

eBookLobby

eBookLobby

eBookLobby menjadi sumber kaya eBook gratis. Dengan desain intuitifnya, mencari buku berdasarkan judul, penulis, atau kata kunci menjadi sangat mudah.

Platform ini melayani berbagai genre, mencakup fiksi, non-fiksi, akademis, dan sebagainya. Selain itu, dengan membuat akun gratis, pengguna dapat membuka keuntungan tambahan seperti membuat perpustakaan pribadi dan menandai eBook yang mereka sayangi.

Berkat berbagai format yang ditawarkan, pengguna dapat yakin akan kompatibilitas dengan gadget mereka. Selain itu, fitur seperti penanda buku, sorotan teks, dan pembuatan catatan meningkatkan pengalaman membaca.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .pdf, .html
  • Perlu Mendaftar? Tidak

GetFreeEBooks

Gambar situs web GetFreeEBooks

GetFreeEBooks muncul sebagai pusat yang bernilai tinggi untuk eBook gratis, seri web, dan infografis. Dengan menyelenggarakan berbagai judul yang melibatkan berbagai genre, desainnya yang efisien dan berorientasi pengguna memastikan penemuan buku dengan mudah.

Dari klasik abadi hingga permata kontemporer, GetFreeEBooks menjanjikan kenikmatan literatur untuk setiap pembaca. Selain itu, beragam format yang tersedia, seperti PDF, EPUB, dan MOBI, memastikan pembacaan yang lancar di berbagai perangkat.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .html
  • Perlu Mendaftar? Ya

Smashwords

Gambar situs web Smashwords

Didirikan pada tahun 2008 oleh Mark Coker, seorang eksekutif yang ahli dalam teknologi dan mantan pengusaha dot-com, Smashwords mencanangkan visi untuk merevolusi dunia penerbitan.

Mantra mereka, "mendemokratisasi penerbitan dengan membuatnya gratis, cepat, dan dapat diakses oleh setiap penulis untuk menerbitkan dan mendistribusikan karyanya," terdengar sejak pendiriannya.

Dengan jumlah eBook yang mencapai lebih dari 600.000, di mana 91.237 dapat diakses secara gratis, Smashwords tidak hanya memberdayakan penulis dengan penerbitan gratis tetapi juga dengan platform online yang holistik.

Bagi mereka yang mencari layanan tambahan seperti distribusi dan pemasaran, kolaborasi dengan pihak ketiga tersedia, meskipun biaya mungkin bervariasi.

Ringkasan:

Genre: Beragam
Kompatibilitas: .epub
Perlu Mendaftar? Tidak

LibriVox

Gambar situs web LibriVox

LibriVox, sebuah usaha altruistik yang berjalan dengan bahan bakar sukarelawan, tegak tinggi sebagai inisiatif buku audio domain publik yang unik. Lahir dari visi bersama pendiri Hugh McGuire dan Aaron Swartz pada tahun 2005, landasan proyek ini adalah untuk mengubah setiap buku domain publik menjadi bentuk buku audio. Saat ini, repositorinya penuh dengan lebih dari 24.000 buku yang direkam secara cermat, semuanya tersedia tanpa biaya.

Daya tarik LibriVox terletak pada komunitas global pembaca yang berdedikasi. Sukarelawan, melampaui batas geografis, menghidupkan kembali bab-bab dari domain publik, kemudian membuatnya tersedia di LibriVox untuk penonton global. Apakah Anda ingin tenggelam dalam ritme secara online atau mengunduh dan menikmatinya dengan santai, pilihannya ada pada Anda.

Bagi mereka yang memiliki kecenderungan pada buku audio, terutama klasik abadi atau harta karun domain publik, LibriVox berfungsi sebagai harta yang tak ternilai. Meskipun rekaman ini mencerminkan semangat sukarelawan dan mungkin bervariasi dalam kehalusan, platform ini menjamin keragaman, memungkinkan pendengar memilih versi yang sesuai dengan selera mereka.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .mp3
  • Perlu Mendaftar? Ya

FreeComputerBooks

Gambar situs web FreeComputerBooks

FreeComputerBooks, sebagai ciptaan John Wolpert yang diluncurkan pada tahun 2006, berfungsi sebagai penyimpanan buku, majalah, dan materi pendidikan terkait komputer yang kokoh. Dengan dukungan antusias dari komunitas sukarelawannya, platform ini mencakup berbagai topik, mulai dari pengembangan perangkat lunak, desain web, pemrograman, basis data, hingga sistem operasi dan jaringan.

Di luar keragaman topik, pengguna memiliki fleksibilitas untuk memilih dari format seperti PDF, EPUB, dan HTML. Selain itu, platform ini diperkaya dengan beragam kursus online gratis, mencakup bidang seperti pemrograman dan pengembangan web.

Ringkasan:

  • Genre: Ilmu Komputer, Matematika, Teknologi
  • Kompatibilitas: .pdf
  • Perlu Mendaftar? Tidak

KnowFree

Gambar situs web KnowFree

Didirikan pada tahun 2013 oleh pengusaha Rakesh Jain dan Manish Gupta, KnowFree muncul dengan ideologi untuk mendemokratisasi pengetahuan. Visi mereka - untuk meruntuhkan hambatan dan membuat pembelajaran dapat diakses, tanpa memandang batasan geografis atau ekonomi - terdengar dalam setiap aspek platform.

Tapestri kaya platform ini mencakup artikel, video, dan rekaman audio, semuanya dapat diakses tanpa biaya. Selain itu, KnowFree memberdayakan pengguna untuk membuat dan berbagi kontennya sendiri, menjadikannya komunitas pembelajaran dinamis.

Bagi mereka yang haus akan pengetahuan atau bersemangat untuk menyampaikan kebijaksanaan mereka, KnowFree menjadi instrumen penting, menjembatani kesenjangan antara pembelajaran dan aksesibilitas.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .pdf
  • Perlu Mendaftar? Ya

Packt Free Learning

Gambar situs web Packt Free Learning

Melayani baik pemrogram pemula maupun profesional berpengalaman, bagian Packt Free Learning adalah harta karun referensi dan panduan pemrograman. Platform ini memiliki koleksi buku yang luas yang mencakup berbagai bahasa pemrograman dan platform.

Terlepas dari kecenderungan Anda - apakah itu pengembangan web, pembuatan aplikasi seluler, atau pembuatan aplikasi desktop - Packt memiliki bacaan terpilih untuk Anda. Selain bacaan yang berfokus pada pemrograman, platform ini juga menyelami ranah seperti metodologi pengembangan perangkat lunak dan basis data.

Ringkasan:

  • Genre: Ilmu Komputer dan Pemrograman
  • Kompatibilitas: .html
  • Perlu Mendaftar? Ya

BookYards

Gambar situs web BookYards

BookYards, yang diposisikan sebagai perpustakaan digital, menawarkan kumpulan e-book dan konten digital yang mengesankan. Desain intuitifnya, dikombinasikan dengan database komprehensif judul, memastikan pengalaman penelusuran yang lancar. Suite alat platform ini lebih lanjut meningkatkan perjalanan pembaca, memungkinkan pengelolaan mudah dari rencana baca mereka.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .pdf
  • Perlu Mendaftar? Tidak

ZLibrary

ZLibary

ZLibrary, diakui sebagai salah satu perpustakaan gratis terluas di dunia, menyimpan lebih dari 10 juta buku dan 84 juta artikel yang mengejutkan. Didorong oleh semangat filantropis, entitas nirlaba ini menawarkan berbagai informasi tanpa biaya dan didukung oleh sumbangan altruistik.

Melayani berbagai selera membaca, platform ini menawarkan unduhan dalam berbagai format. Dengan sistem penyaringan yang canggih, pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang diinginkan menggunakan judul, penulis, ISBN, penerbit, atau kata kunci tertentu.

Selain itu, pencarian berbasis tanggal memastikan pengalaman berburu buku yang lebih terfokus.

Ringkasan:

  • Genre: Fiksi, Non-fiksi, Pengembangan diri
  • Kompatibilitas: .epub, .pdf, .mobil
  • Perlu Mendaftar? Ya

Feedbooks

Feedbooks

Feedbooks, yang didirikan pada tahun 2007, merupakan perpustakaan digital dan pengecer e-book yang terkemuka. Platform ini menawarkan kombinasi dari harta karun domain publik dan karya sastra asli dalam format yang beragam.

Antarmuka yang tidak berantakan dan berorientasi pengguna memastikan perjalanan penemuan buku yang lancar. Selain memberikan akses ke lebih dari 3 juta buku yang meliputi spektrum genre, Feedbooks meningkatkan pengalaman membaca dengan memberikan rekomendasi berdasarkan sejarah membaca individu.

Ringkasan:

  • Genre: Fiksi, Non-fiksi
  • Kompatibilitas: .epub
  • Perlu Mendaftar? Tidak

PDFBooksWorld

PDFBooksWorld

PDFBooksWorld berfungsi sebagai portal ke dunia sastra terkemuka, yang diubah untuk platform digital kontemporer. Menawarkan beragam koleksi di antara fiksi, non-fiksi, dan buku pelajaran, platform ini bertujuan untuk menghidupkan kembali keajaiban literatur klasik untuk era digital.

Akses ke gudang harta digital ini memerlukan pendaftaran sederhana, memastikan pengalaman membaca yang disesuaikan tanpa biaya apa pun.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .epub, .html
  • Perlu Mendaftar? Tidak

International Children’s Digital Library (ICDL)

International Childrens Digital Library

Dengan misi untuk memperkenalkan anak-anak kepada dunia literatur yang beragam, ICDL menyediakan akses ke buku dalam lebih dari 50 bahasa. Didanai oleh sumbangan yang murah hati dari berbagai lembaga dan individu, perpustakaan ini menawarkan akses gratis ke koleksi yang luasnya, memastikan bahwa bahan bacaan berkualitas dapat diakses oleh setiap anak di seluruh dunia. Untuk memperbesar dampaknya, ICDL berkolaborasi dengan Sekolah University of Maryland, memimpin konsep interaksi manusia-komputer inovatif.

Ringkasan:

  • Genre: Anak-anak
  • Kompatibilitas: ICDL Reader
  • Perlu Mendaftar? Ya

OverDrive

overdrive

Diciptakan oleh pendirinya Steven Potash, OverDrive telah merevolusi akses ke literatur gratis sejak diluncurkannya layanan distribusi kontennya pada tahun 2000. Apa yang dimulai sebagai inisiatif yang melayani hampir 100 perpustakaan umum sekarang telah berkembang menjadi jaringan impresif lebih dari 81.000 mitra perpustakaan global, menjadikan literatur lebih mudah diakses oleh pembaca di seluruh dunia.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: OverDrive Read, .epub
  • Perlu Mendaftar? Tidak

Obooko

Obooko

Obooko mengundang pembaca ke alam harta karun literatur yang beragam, semua tersedia tanpa biaya. Meliputi genre dari fiksi dan roman hingga bisnis dan lainnya, Obooko memiliki lebih dari 3.000 judul dalam katalognya yang terus berkembang. Mengutamakan kenyamanan pembaca, semua buku ditawarkan tanpa DRM, memastikan pengalaman membaca offline tanpa gangguan.

Ringkasan:

  • Genre: Fiksi, Faktual
  • Kompatibilitas: Kindle, .pdf, .epub
  • Perlu Mendaftar? Ya

FreeTechBooks

FreeTechBooks

FreeTechBooks menawarkan koleksi yang luas dari buku ilmu komputer, teknik, dan pemrograman secara gratis. Semua sumber daya tersebut tersedia secara legal di internet. Platform ini menggunakan berbagai terminologi untuk buku, termasuk ebook, teks, dokumen, monogram, dan catatan.

Ringkasan:

Genre: Ilmu Komputer dan Pemrograman
Kompatibilitas: .pdf, .html
Perlu Mendaftar? Ya

The Online Books Page

Gambar situs web The Online Books Page

Dikunjungi oleh pembaruan reguler, The Online Books Page memungkinkan pengguna dengan mudah mencari buku berdasarkan penulis, judul, atau serial. Pembaca memiliki opsi untuk menelusuri konten secara online atau menemukan perpustakaan fisik yang menyimpan buku yang mereka inginkan.

Ringkasan:

  • Genre: Beragam
  • Kompatibilitas: .html
  • Perlu Mendaftar? Tidak

Bersambung ke bagian dua ...

 

Sumber: Hongkiat.Com

 

Blog ini didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi ini akan digunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan domain serta hosting. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.